Napi Dibebaskan karena Corona, Tompi: Wahai Tuan Menteri...

Reporter : Amrikh Palupi
Kamis, 9 April 2020 07:22
Napi Dibebaskan karena Corona, Tompi: Wahai Tuan Menteri...
Apa kata Tompi?

Dream - Tompi mengomentari kebijakan pemerintah memberikan pembebasan bersyarat sejumlah narapidana tindak pidana umum. Penyanyi sekaligus dokter ini menuliskan komentarnya lewat akun twitternya.

Menurut Tompi, kebijakan pemerintah melalui Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly dianggap kurang tepat. Apa alasan dokter spesialis bedah plastik ini? 

" Mencegah penularan Corona itu bukan dengan membebaskan napi wahai tuan menteri. Napi itu secara otomatis sudah dilockdown, mereka aman di dalam isolasi, cegah kontak dr luar. Kl tak sanggup memeriksa pengunjung, ya tiadakanlah kunjungan," tulis Tompi dikutip Dream dari akun twitternya, Rabu 8 April 2020.

" Bila tuan menteri bebaskan mrk , lalu mrk di luar sana kontak—- tetap saja akan kena corona. Nanti negara makin pusing ngurusin nya. Kasus yg ada saja sudah bikin sakit kepalaaa," imbuh Tompi.

Pria bernama lengkap Teuku Adifitrian ini memberikan masukan kepada pemerintah, agar bidang medis dan kesehatan yang memutuskan rantai penularan corona seperti apa. Bukan justru membebaskan narapidana. 

 

 komentar dokter tompi soal narapidana© komentar dokter tompi soal narapidana

" Sekali lgi, “ cara memutuskan rantai penularan corona” biar tuan2 di bidang medis dan kesehatan komunitas yg leading. Semoga masukan ini bermamfaat. Cc : @jokowi @mohmahfudmd,' tutur Tompi.

 

1 dari 6 halaman

Tuai Pro Kontra

Komentar berupa masukan dari Tompi ini langsung menuai reaksi dari warganet. Pro konta pun dituliskan oleh mereka. Ada yang setuju dan ada yang tidak sependapat dengan Tompi karena kebijakan pemerintah dirasakan tepat.

 tompi© tompi

Foto : @dr_tompi

" Keputusan membebaskan napi itu sdh overlap dg pengetahuan yg dimiliki dokter/ahli virus. Yg dokter/ahli m'anggap sel penjara sdh merup isolasi tersndr tp pengetahuan itu dilangkahi pmrnth seolah2 jk msh di sel lbh mdh t'tular virus. Pdhl penularan hny tjd jk ada carier dr luar,"  tulis akun @@syahirularif.

" Betul, setuju, mereka sudah lock down dipenjara. Jgn ada yg ngunjungi, hitung hitung karantina, knapa mesti di bebasin malah beresiko, apa supaya mereka tertular?,"  kata akun @@dramdan8.

" Maaf ya dokter tompi, kali ini saya berbeda pendapat dengan anda, apa yang dilakukan pemerintah sudah benar dan tepat,"  tulis akun @@rudyloka68.

2 dari 6 halaman

Unggah Video Korban Dugaan Malapraktik, Hotman Paris Ditegur Tompi

Dream - Hotman Paris Hutapea memperlihatkan video seorang wanita dengan kondisi tangan yang tak lagi utuh. Pengacara nyentrik itu mengatakan wanita tersebut diduga korban malapraktik dokter.

Video Hotman yang berbicara dengan wanita itu diunggah di akun instagramnya. Namun pihak instagram telah menyensor video itu karena dianggap menyeramkan.

Dalam keterangan video, Hotman mengatakan bahwa wanita yang mendatanginya itu mengadukan pengalaman buruk yang dialaminya. Wanita itu meminta pertolongan Hotman dengan penuh harapan.

"  Dugaan Mal praktek dokter ngadu ke kopi joni! Lihat wajah Ibu itu penuh harap! Kamu yg bilang kopi joni sbg kopi porno akan dapat karma nanti!," tulis Hotman Paris pada keterangan video, dikutip Dream, Senin 7 Oktober 2019.

  hotman paris hutapea© hotman paris hutapea

Berbagai reaksi pun dituliskan oleh warganet. Termasuk penyanyi dan dokter spesialis bedah plastik Tompi.

Pelantun Mengunjam Jantungku ini menegur Hotman Paris untuk mencari tahu pendapat dari seorang ahli. Bukan langsung mengunggah video wanita yang disebutnya sebagai korban dugaan malapraktik tersebut.

"  Dengan hormat sybthd keluarga pasien, Bang hotman ada baiknya anda mencari pendapat ahli dulu drpada posting dg informasi gak utuh," kata Tompi.

3 dari 6 halaman

Masukan dari Tompi

Tompi memberikan masukan agar pengacara berusia 59 tahun ini melihat asil foto sebelum operasi yang dilakukan korban. Karena kondisi sebenarnya dari bisa diketahui dari situ.

"  Kl sy boleh kasih masukan, melihat foto pre op dengan hampir seluruh tangan kehilangan kulit (sudah ada jaringan granulasi) artinya sudah siap utk di SKIN GRAFT. Itu prosedur standard,"  kata dia.

"  Hidup tdknya kulit yg di”cangkok”’ kesitu tergantung banyak faktor: salahbstunya fiksasi yg paten. Yg terjadi seperti tampk di video: kontraktur. Jadi bukan jarinya dipotong2 melainkan menempel tertarik sehingga memendek. Sulit menjelaskan panjang lebar disini,"  imbuhnya.

  dokter tompi© dokter tompi

Ternyata komentar Tompi di kolom komentar Hotman Paris banyak disetujui oleh netizen. Mereka mengatakan pendapatnya tentang komentar Tompi.

" @dr_tompi setuju,bkrn yg dirugikan rumah sakit dan dr bedah sendiri kl sampe salah.sama aja menjatuhkan karir org sebelum ada kebeneran,dan setiap tindakan medis pasti ada informed consentny .pasti pasien dan keluarga ttd.didlm situ kan udah jelas,"  kata akun @ariherlinaventi.

" @dr_tompi saya sebagai perawat bedah setuju dengan pernyatan dr. Kadang orang diluar sana banyak memanfaatkan situasi di rumah sakit yang belum jelas kebenaranya. Bang @hotmanparisofficial jika nanti terbukti tidak bersalah .tolong klarifikasi,"  kata akun @teguh_arivian.

4 dari 6 halaman

Ribut, Tompi Ancam Desta

Dream - Tompi tak mau setengah-setengah dalam menyutradarai film pertamanya, Pretty Boys. Tompi bahkan harus beradu argumen dengan Dedi Mahendra Desta, dalam memilih pemeran Roni dalam film tersebut.

Dalam proses penggarapan film itu, Desta yang bertindak sebagai produser mengusulkan nama Onadio Leonardo, mantan vokalis Killing Me Inside, untuk memerankan karakter Roni. Namun Tompi keberatan.

“ Saat Desta ngusulin Onad, gue ragu banget. Karena latar belakangnya Onad kan vokalis band metal. Menurut gue enggak cocok buat meranin Roni yang kemayu,” ujar Tompi saat press screening Pretty Boys di Epicentrum, Jakarta Selatan, Senin 16 September 2019.

  Tompi© Dream.co.id/Alfi Salima

Tompi (Dream.co.id/Alfi Salima)

5 dari 6 halaman

Desta Tetap Memaksa

Selain merasa kurang cocok, Tompi mengaku tidak ada waktu untuk melatih talent lagi. Tetapi Desta terus-menerus merayu Tompi agar Onad memerankan karakter Roni tersebut.

“ Gue maunya cari yang sudah settle, jadi enggak perlu ngajarin lagi dari awal. Saat casting, gue bilang ke Desta, 'Tuh kan sudah gue bilang jangan Onad',” ungkap penyanyi sekaligus dokter bedah plastik itu.

  Desta© KLY-Budy Santoso

Desta (KLY)

Tompi bahkan mengancam Desta untuk mencari sutradara lain bila tetap memaksa ingin mengusulkan Onad sebagai pemeran Roni.

“ Gue bilang ke Desta, 'Kalau lo enggak mau ganti dia, ya ganti sutradara aja',” kata Tompi.

 

 

6 dari 6 halaman

Namun, Onad layak dipertahankan

Meski demikian, Tompi akhirnya menerima usulan Desta dan Onad pun memerankan karakter Roni dalam film Pretty Boys

“ Akhirnya gue pilih Onad karena setelah sesi coaching acting, Onad chat di grup kalau dia minta waktu lagi buat mendalami perannya dan menurut gue Onad pantas buat dipertahanin,” tutup Tompi.

  Onadio Leonardo© Instagram.com/onadioleonardo_official

Foto: Instagram.com/onadioleonardo_official

Laporan: Alfi Salima Puteri

Beri Komentar