Tonton Isi Lawakan Joshua, Ini Kata Pandji Pragiwaksono

Reporter : Puri Yuanita
Kamis, 11 Januari 2018 15:21
Tonton Isi Lawakan Joshua, Ini Kata Pandji Pragiwaksono
Joshua Suherman sebelumnya dilaporkan FUIB karena isi lawakannya dianggap melecehkan agama Islam.

Dream - Nama Joshua Suherman dan Ge Pamungkas tengah menjadi sorotan publik beberapa waktu belakangan. Kedua komika itu dianggap melecehkan agama Islam saat melakukan aksi stand up comedy.

Joshua sendiri sudah dilaporkan oleh Forum Umat Islam Bersatu (FUIB) ke Mabes Polri. Sementara Ge Pamungkas telah menyatakan permintaan maafnya.

Kasus dugaan pelecehan agama ini pun menuai pro kontra di tengah masyarakat. Beragam pendapat bermunculan, salah satunya datang dari komika yang namanya sudah populer, Pandji Pragiwaksono.

Melakui akun Twitter miliknya @Pandji, pemain film 'Insya Allah Sah' itu ikut mengomentari materi Joshua dan Ge yang dianggap mengandung unsur penghinaan agama.

" Setau gue, ga ada komika Indonesia yg menertawakan agama. Yg selalu ada (dan ditangkap masy scr salah) adalah membahas manusia & perilakunya karena agama / atas nama agama. Manusianya yg jadi objek. Makanya kalau kamu perhatikan, manusianya yg tersinggung," tulis Pandji.

 

 

1 dari 3 halaman

'Tidak Menghina Agama'

Menurut Pandji, Joshua dan Ge tak bermaksud untuk menertawakan agama, melainkan membahas perilaku manusianya. " Saya udah nonton video Ge & Jojo. Mrk tidak menertawakan agama. Mereka membahas perilaku manusianya. Skrg gini deh, kita pikirkan logikanya aja: Mungkinkah org dgn sadar & sengaja menertawakan agama lalu membiarkan diunggah di jejaring sosial? :))) Gila atau nekat?"  lanjutnya.

Pandji menilai materi stand comedy Joshua dan Ge secara gamblang tak memperlihatkan adanya unsur penghinaan agama.

" Gak kok. Terang benderang tidak menghina agama. Saya rasa dijelaskan disocmed gak akan kelar & saya sudah lama enggan berdiskusi di ranah internet. Mendingan ktemuan & ngobrol. Setau saya, Ge bahkan membuka kesempatan utk dialog. Tabayyun. Usul saya, indahkan ajakan Ge :),"  tulis Pandji.

" Paling bener begini. Kalau suka ya konsumsi. Kalau tidak ya tinggalkan. Gak perlu caci maki apalagi boikot. Masak saya harus boikot Bieber hanya karena lagunya ga enak menurut saya? :))),"  katanya.

2 dari 3 halaman

Pengacara: Salah Joshua di Mana?

Kuasa hukum artis Joshua Suherman, Achmad Budi Prayoga menilai materi yang dibawakan kliennya di panggung Stand Up Comedy tidaklah bermasalah. Dia justru mempertanyakan desakan agar kliennya meminta maaf. 

" Permintaan maaf yang mana? Salahnya yang mana? Ini kan yang harus diklarifikasi dulu," jelas Achmad dalam sambungan telepon kepada awak media, Selasa, 9 Januari 2018.

Joshua dilaporkan Forum Umat Islam Bersatu (FUIB) ke Bareskrim Mabes Polri diduga karena menyampaikan materi lawakan yang dinilai melecehkan agama Islam. Joshua pun dituntut untuk meminta maaf di hadapan umat Islam.

 joshua suherman

Menurut Achmad, apa yang disampaikan kliennya merupakan kritik sosial yang dikemas dengan candaan. Dan Joshua sama sekali tidak berniat menyinggung Islam. 

" Itu kan yang disebutkan nama orang per orang, bukan soal Islamnya, bukan soal ajaran Islam, mana yang menyinggung Islam yang mana? Ini kan ada yang perlu diluruskan gitu loh pemahaman orang," kata Achmad.

3 dari 3 halaman

Jika Joshua Minta Maaf, Begini Sikap FUIB

Dream - Forum Umat Islam Bersatu (FUIB) menyatakan kemungkinan tidak akan melaporkan Joshua Suherman ke polisi dengan tuduhan pelecehan agama bila mantan penyanyi cilik itu terlebih daulu meminta maaf.

" Dalam Islam kita utamakan tabayyun bersama pelaku, apa motif dan penyebab kenapa dia lakukan lawakan itu. Kalau dia klarifikasi, kami bisa pertimbangkan hal itu dilakukannya tidak sengaja," ucap kuasa hukum FUIB, Dedi Suhardadi, di Jakarta , Selasa 9 Januari 2018.

Namun nyatanya, lanjut Dedi, FUIB tidak berhasil menghubungi Joshua. Sementara, pemuda yang beken dengan tembang "  Diobok-obok" ini tidak segera memberikan klarifikasi. Sehingga FUIB menilai tak ada itikad baik dalam kasus ini.

  joshua suherman

Seandainya Joshua meminta maaf terlebih dahulu, kata Dedi, maka FUIB tidak sampai melaporkannya ke Mabes Polri. " Ada pertimbangan khusus untuk tidak kita laporkan asalkan dia meminta maaf pada umat Islam yang sudah menonton stand up itu," ucap Dedi.

Beri Komentar
(Deep Dream) Menteri PAN-RB Buka-bukaan Soal PNS Kerja dari Rumah dan Single Salary