Tak Mau Kehilangan Salmafina, Sunan Kalijaga Minta Bantuan Imigrasi

Reporter : Nur Ulfa
Senin, 15 Juli 2019 19:12
Tak Mau Kehilangan Salmafina, Sunan Kalijaga Minta Bantuan Imigrasi
Ini kata Sunan Kalijaga

Dream - Sunan Kalijaga mendatangi kantor pusat imigrasi di Jakarta Selatan, Senin 15 Juli 2019. Dia meminta bantuan untuk mencegah sang putri, Salmafina, agar tidak bepergian ke luar negeri.

" Hari ini saya mendatangi kantor imigrasi dalam rangka memohon sebagai seorang ayah menunda kepergian putrinya. Karena kemungkinan Salma akan keluar dari Indonesia," ujar Sunan Kalijaga.

Sejak tanggal 2 Juli 2019, kata Sunan Kalijaga, Salmafina keluar dari rumah tanpa sepengetahuannya. Dia juga mendatangi kantor polisi pada 12 Juli 2019 dan membuat laaporan telah kehilangan anak.

" Pada 12 Juli saya melaporkan ke Polres Metro Jakarta Barat terkait dengan saya tidak mengetahui keberadaan Salma setelah meninggalkan rumah," tuturnya.

Sunan Kalijaga memang sangat berharap Salmafina, yang sedang santer dikabarkan berpindah agama, untuk pulang. Dia bahkan menyampaikan pesan kepada putrinya itu melalui Instagram.

Pengacara kondang itu tidak ingin Salamafina bertindak lebih jauh dengan meninggalkan Indonesia. " Ya memang sudah ada tanda-tanda Salma ingin meninggalkan Indonesia," ujar Sunan Kalijaga.

1 dari 5 halaman

Sunan Kalijaga Bongkar Sebab Perceraian Salmafina & Taqy Malik

Dream - Sunan Kalijaga mengungkap penyebab putrinya, Salmafina, bercerai dari Taqy Malik. Pengacara kondang ini memastikan Salmafina tak sepenuhnya bersalah dalam perceraian tersebut.

" Demi Allah dalam urusan perceraian anak saya tidak salah 100 persen," tulis Sunan Kalijaga, dikutip dari Instagram Story @sunan_kalijagash, Senin 15 Juli 2019.

Sunan Kalijaga seolah tidak percaya dengan penyebab buyarnya rumah tangga yang baru seumur jagung itu. Dia menyebut perceraian itu terjadi karena Salmafina memakai celana.

" Masa gara gara pakai celana di medan pegunungan salju swiss itu menjadi persoalan untuk menceraikan anak saya...Bukan main," tambah dia.

 salmafinan sunan kalijaga

Sunan Kalijaga juga mengaku sangat menyesal telah menikahkan Salmafina dengan Taqy Malik. Baca juga: Sunan Kalijaga Menyesal Menikahkan Salmafina

2 dari 5 halaman

Pesan Sunan Kalijaga ke Salmafina: Sadar Anakku Sayang

Dream - Sunan Kalijaga rupanya sangat terpukul dengan kabar bahwa putrinya, Salmafina, telah berpindah agama. Pengacara itu menyampaikan pesan kepada Salmafina meelalui Instagram Story.

Sunan Kalijaga mengunggah simbol hati yang terbelah. Entah apa maksud simbol tersebut, yang jelas Sunan Kalijaga menyebut akun Instagram sang putri, @salmafinasunan.

  Unggahan Sunan Kalijaga

Tak hanya sekali, Sunan Kalijaga juga membuat unggahan lain untuk sang putri. Dia bahkan berharap Salmafina sadar dengan kondisinya. "  Sadar anakku sayang @salmafinasunan," tulis Sunan.

Sunan bahkan menginginkan Salmafina pulang ke rumah. Mereka tetap menunggu kehadiran Salmafina. "  Siapapun kamu saat ini, ayah, ibu dan sean tetap menunggumu, kembali ke pelukan kami," kata Sunan.

  Unggahan Sunan Kalijaga

3 dari 5 halaman

Akses Dibatasi

Sunan mengaku terpaksa menyampaikan pesan itu melalui Instagram Story. Sebab, dia tidak bisa berkomunikasi langsung dengan Salmafina.

Menurut Sunan, anak sulungnya itu telah menutup akses komunikasi dengannya.

"  Maaf ayah cuma bias menyampaikan lewat IG karena kamu menutup akses komunikasi kepada ayah. Noted: bukan caper ke publik, enggak banget deh," ucap dia.

4 dari 5 halaman

Kabar Pindah Agama

Dream - Salmafina Sunan yang dikabarkan pindah agama menuliskan curhan hati ke media sosial. Kali ini, Salmafina menuliskan luapan hatinya tentang kebebasan dan kemerdekaan.

"  Setelah kita dibenarkan oleh Kasih Karunia, maka kita bisa hidup dalam kebenaran dan mempertahankan kebebasan yang kita miliki,"   tulis Salmafina, Kamis 12 Juli 2019.

" Kasih karunia memberikan kehidupan, kemerdekaan pembenaran tetapi juga menuntut kita untuk hidup dalam kebenaran," imbuhnya.

Wanita 19 tahun ini tidak menjelaskan maksud unggahan itu. Yang jelas, banyak warganet yang mengaitkan unggahan Salmafina dengan kabar pindah agama.

  Salmafina sunan

"  Kasian anak ini seperti kurang bimbingan, kurang kasih sayang, uang bukan segalanya yah ternyata," tulis akun @putrowibowo55.

"  Urusan agama biar jadi urusan dia dengan Tuhannya, gaboleh ada yg menghakimi yaaa semua agama baik kok," tulis akun @avaasyila

"  Tiba2 berjilbab, tiba2 nikah, tiba2 cerei, tiba2 buka jilbab, tiba2 dugem cdnya keliatan, tiba2 pengen punya anak tanpa nikah, tiba2 pindah agama, semua serba tiba2," tulis akun @may_snuwaid.

5 dari 5 halaman

Pengakuan Salmafina Sunan Soal Kabar Pindah Keyakinan

Dream - Salmafina Sunan membuat pengakuan mengejutkan soal kabar pindah keyakinan. Menjadi tamu dalam program Rumpi di sebuah stasiun televisi, putri pengacara terkenal Sunan Kalijaga itu secara tersirat membenarkan tak lagi menjadi seorang muslimah. 

Menurut wanita yang bernama asli Salmafina Chairunnisa itu mengaku sedih isu soal kepindahan keyakinan muncul di saat kedua orang tuanya tengah merayakan hari jadi pernikahan. 

" Aku sedih kenapa momennya pas (orang tua) anniversary," kata Salmafina dalam tayangan Rumpi seperti dilihat Dream, Rabu, 10 Juli 2019.

Mendengar ucapan Salma, Fenny Rose yang menjadi presenter program televisi itu turut berempati dengan kondisi yang tengah dialami anak sulung Sunan Kalijaga tersebut.

Sambil berusaha membesarkan hati Salma, Fenny mengingatkan jika cepat atau lambat kedua orang tua Salma akan mengetahui kabar pindah keyakinan yang ditempuh Salma.

" Padahal suatu saat akan tetap mengetahuinya ya," ujar Fenny.

Beri Komentar
Indah Permatasari: Karena Mimpi Aku Hidup