Ridwan Kamil Beber Fakta di Balik Viral Atlet Selam Jabar di PON XX Papua Pulang Naik Bus

Reporter : Razdkanya Ramadhanty
Kamis, 14 Oktober 2021 18:47
Ridwan Kamil Beber Fakta di Balik Viral Atlet Selam Jabar di PON XX Papua Pulang Naik Bus
Gadis 17 tahun itu terlihat turun dari angkutan umum bus di pinggir jalan.

Dream - Atlet Selam Jawa Barat, Dhenya Nazhira tertangkap kamera pulang ke rumahnya di Ciamis menggunakan bus. Dalam video yang diunggah akun Instagram @matdon, tak terlihat ada penyambutan bagi sang atlet yang telah membawa pulang medali emas di PON XX Papua tersebut.

Video kepulangan Dhenya menggunakan angkutan umum pada Selasa, 12 Oktober 2021 menjadi viral di media sosial. Terlihat dalam unggahan, gadis 17 tahun itu terlihat turun dari angkutan umum bus di pinggir jalan.

" Peraih medali emas tidak disambut.," tulis caption unggahan. 

1 dari 3 halaman

Penjelasan Kang Emil

Viralnya video tersebut langsung mendapat respon dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Menurut keterangannya, Dhenya memilih pulang menggunakan bus umum atas permintaan pribadi.

Menurut gubernur yang biasa disapa Kang Emil itu, Dhea tidak ingin menggunakan kendaraan yang sudah disediakan panitia sebab tak ingin kepulangannya disambut dengan meriah. Sebaliknya, Dhea justru sudah merencanakan kepulangannya itu sebagai kejutan kepada keluarganya.

" Atlet kebanggaan ini memberikan keterangan bahwa ia ingin bikin surprise ke keluarganya dan tidak mau kepulangannya diramai-ramaikan oleh pemerintah setempat, sehingga memilih pulang naik kendaraan umum ketimbang yang disediakan panitia," kata Emil di akun Instagram resminya.

Namun demikian, Ridwan Kamil memastikan kepulangan Dhea ini akan menjadi bahan evaluasi agar KONI provinsi dan kota/kabupaten melakukan koordinasi dengan lebih matang, sehingga tidak menjadi salah prasangka.

" Tetap semangat untuk semua atlet Jawa Barat. Kemenangan sudah dekat. Insya Allah," ujar Emil menambahkan.

2 dari 3 halaman

Terpisah, dilansir dari Liputan6.com, Kamis 14 Oktober 2021, Sekretaris Daerah Jabar yang juga Chief de Mission Kontingen PON Jabar Setiawan Wangsaatmaja, memastikan semua kontingen Jabar mendapatkan akomodasi yang baik. Mulai dari pemberangkatan, gelaran, sampai kepulangan.

" Semua mendapat fasilitas yang baik. Kami juga memastikan para atlet, pelatih, dan ofisial, yang sudah berjuang untuk Jabar sampai ke rumah masing-masing dengan selamat," ucapnya.

Meski demikian, kata Setiawan, atlet diberi kebebasan memilih dalam proses kepulangan. Seperti Dhea yang memilih pulang sendiri dari Bandung ke rumahnya di Ciamis.

" Awalnya, Dhea akan pulang ke Ciamis dengan pamannya dari Bandung, ternyata tidak jadi. Dhea kemudian memutuskan pulang dengan bus bersama ibunya. Semua kepulangan sudah difasilitasi oleh KONI. Dari Jayapura-Jakarta, dan Jakarta-Bandung untuk selanjutnya pulang ke masing-masing daerah," tuturnya.

 

3 dari 3 halaman

Berikut Videonya

      View this post on Instagram      

A post shared by Matdon (@kyaimatdon)

 

Beri Komentar