Alasan Bertaubat, Niat Sholat Taubat, Zikir, dan Doanya yang Penting Diketahui Umat Islam

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Senin, 7 November 2022 13:01
Alasan Bertaubat, Niat Sholat Taubat, Zikir, dan Doanya yang Penting Diketahui Umat Islam
Bertaubat tak hanya memohon ampun kepada Allah SWT, tetapi juga berjanji untuk tidak mengulangi kesalahannya lagi.

Dream – Setiap manusia yang hidup di dunia ini tentu saja tidak luput dari kesalahan dan dosa. Baik itu yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Perbuatan-perbuatan yang telah dilakukan manusia pun akan dicatat oleh malaikat dan nantinya akan menjadi bagian dari perhitungan ketika di akhirat kelak. Seperti yang dijelaskan dalam sabda Nabi Muhammad saw berikut:

Setiap anak keturunan Adam adalah orang yang berbuat kesalahan, dan sebaik-baik orang yang berbuat kesalahan adalah orang yang bertaubat.” (HR. Ibnu Majah)

Oleh karena itu, selama masih hidup Allah SWT memberikan kesempatan yang besar kepada umat-Nya untuk bertaubat. Di mana dalam bertaubat tersebut sahabat Dream harus mengakui kesalahan, memohon ampun kepada Allah SWT, dan berjanji tidak akan mengulanginya lagi.

Menurut Syekh Nawawi yang dikutip dari islam.nu.or.id, sebelum seseorang bertaubat kepada Allah SWT, maka menjalankan sholat sunah taubat terlebih dahulu. Sehingga, sahabat Dream perlu untuk mengetahui bacaan niat sholat taubat agar sholatnya sempurna.

Nah, berikut adalah bacaan niat sholat taubat dan penjelasan tentang taubat kepada Allah SWT sebagaimana dirangkum Dream melalui berbagai sumber.

1 dari 3 halaman

Kenapa Harus Bertaubat?

Alasan bertaubat© Unsplash.com

Bagi seorang umat Islam diperintahkan untuk selalu bertaubat kepada Allah SWT. Taubat bukan sekadar memohon ampun saja. Tetapi juga harus dihayati dengan baik, dan yang lebih penting adalah tidak mengulangi kesalahan yang sama. Lalu, apa alasannya kita harus bertaubat?

Bukti Cinta Allah

Alasan yang pertama adalah sebagai bukti cinta Allah SWT kepada hamba-Nya. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Allah SWT adalah Maha Penyayang. Tentunya kasih sayang Allah SWT kepada setiap makhluk tidaklah membeda-bedakan.

Allah SWT menciptakan manusia di dunia ini lengkap dengan segala kebutuhannya. Sehingga manusia bisa bertahan hidup dengan baik. Nikmat yang diberikan Allah SWT tidaklah terhitung, bahkan kepada mereka yang berbuat kesalahan sekalipun. Sehingga, Allah SWT selalu membukakan pintu maaf kepada siapapun yang bertaubat kepada-Nya.

Sarana Penenang Jiwa

Bertaubat adalah sebagai sarana penenang jiwa. Ya, menyadari bahwa setiap manusia di dunia ini memiliki aktivitas yang beragam. Namun, manusia tetaplah manusia yang memiliki rasa lelah dan membutuhkan istirahat. Nah, melalui taubat inilah seseorang bisa istirahat sejenak, menenangkan jiwa dan pikirannya, mengevaluasi segala hal yang sudah dilakukan, dan pastinya mengingat serta mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Sarana Penyucian Jiwa

Perlu diketahui bahwa jiwa manusia memiliki dua kecenderungan, yakni untuk berbuat baik dan berbuat jahat. Keduanya memang bertolak belakang dan bisa terjadi secara bergantian. Ketika seseorang berbuat jahat, maka dikatakan oleh Rasulullah saw bahwa hatinya sedang ternoda oleh satu titik hitam.

Jika perbuatan jahat itu dilakukan secara berulang kali, maka noda hitam itu akan semakin banyak. Nah, untuk menyucikannya adalah dengan bertaubat. Melalui taubat, maka secara bertahap kamu bisa menghilangkan noda hitam itu dan membuat hatimu kembali suci.

2 dari 3 halaman

Niat Sholat Taubat, Bacaan Zikir, dan dan Doanya

Niat Sholat Taubat, Bacaan Zikir, dan dan Doanya© Shutterstock.com

Bagi sahabat Dream yang hendak mengerjakan sholat taubat, maka penting untuk mengetahui bacaan niat sholat taubat. Di mana niat adalah bagian terpenting dalam sholat yang menentukan sah atau tidaknya sholat yang kamu kerjakan. Setelah menyelesaikan sholat, maka usahakan untuk melanjutkannya dengan membaca dzikir dan berdoa. Berikut adalah bacaannya yang perlu sahabat Dream ketahui:

Niat Sholat Taubat

Berikut adalah bacaan niat sholat taubat yang bisa sahabat Dream hafalkan:

أصلي سنة التوبة ركعتين لله تعالي

Ushalli sunnatat taubati rokaataini lillahi taala.

Artinya: Saya niat shalat sunnah taubat dua rokaat karena Allah.”

Zikir setelah Sholat Taubat

Berikut adalah bacaan zikir setelah sholat taubat dari Abu Bakar ra, Rasulullah saw bersabda:

عَلَيْكُمْبِلاَإِلَهَإِلاَّاللهُوَالاِسْتِغْفَارِفَاكْثِرُوْامِنْهُمَافَإِنَّإِبْلِيْسَقَالَ : أَهْلَكْتُالنَّاسَبِالذُّنُوْبِوَأَهْلَكُوْنِيبِلاَإِلَهَإِلاَّاللهُوَالْاِسْتِغْفَارِفَلَمَّارَأَيْتُذَلِكَأَهْلَكَأَهْلَكْتُهُمْبِالْأَهْوَاءِفَهُمْيِحْسَبُوْنَأَنَّهُمْمُهْتَدُوْنَ

Artinya: Hendaklah kalian membaca Laailaaha illallah dan istigfar lalu perbanyaklah membaca keduanya karena iblis berkata : “ Aku telah membinasakan manusia dengan dosa sedangkan mereka membinasakanku dengan Laailaaha illallah, istigfar, lalu tatkala aku mengetahui demikian maka aku binasakan mereka dengan (mengikuti) hawa nafsu maka akhirnya mereka menyangka dan merasa bahwa sesungguhnya mereka itu sedang mendapatkan petunjuk (dan sedang berada diatas kebenaran).” (HR. Al-Imam Al-Hafidz Ibnu Ya’la)

Bacaan Istighfar

Berikut bacaan istighfar yang sebaiknya dibaca sebanyak 100 kali:

أسْتَغْفِرُ اللّهَ الْعَظِيمَ الَّذِي لا إلَهَ إلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ وَأتُوبُ إلَيْه

Astaghfirullahal ladzii laa ilaaha illaa huwal hayyul qayyuumu wa atuubu ilaihi.

Artinya: “ Aku meminta pengampunan kepada Allah yang tidak ada tuhan selain Dia Yang Maha Hidup dan Berdiri Sendiri dan aku bertaubat kepadanya.”

Bacaan Tasbih

سُبْحَانَ اللّهِ وَ بِحَمْدِهِ

Subhanallahi wa bihamdihi.

Artinya: “ Maha suci Allah dan segala puji bagi-Nya.”

3 dari 3 halaman

Bacaan Doa setelah Sholat Taubat

Berikut adalah bacaan doa sholat taubat yang bisa dibaca setelah berzikir:

اللهم أنت ربي لا إله إلا أنت خلقتني وأنا عبدك وأنا على عَهْدِكَ َوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ أَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ وَأَبُوءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ وَأَعْتَرِفُ بِذُنُوبِي فَاغْفِرْ لِي ذُنُوبِي إِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا أَنْتَ

Allahumma Anta Robbi, laa ilaaha illa Anta, holaqtani wa ana abduka, wa ana ‘alaa ‘ahdika wa wa’dika mastatho’tu, a’udzubika min syarri maa shona’tu, abu’u laka bi ni’matika ‘alayya wa abu’u laka bidzanbi faghfirlii fainnahu laa yaghfiru dzunuuba illa anta.

Artinya: “ Ya Allah Engkau adalah Tuhanku, tidak ada sesembahan yang haq kecuali Engkau, Engkau yang menciptakanku sedang aku adalah hambaMu dan aku diatas ikatan janjiMu (yaitu selalu menjalankan perjanjianMu untuk beriman dan ikhlas dalam menjalankan amal ketaatan kepadaMu) dengan semampuku, aku berlindung kepadamu dari segala kejahatan yang telah aku perbuat, aku mengakuiMu atas nikmatMu terhadap diriku dan aku mengakui dosaku padaMu, maka ampunilah aku, sesungguhnya tiada yang boleh mengampuni segala dosa kecuali Engkau.”

Beri Komentar