Bacaan Doa Kehilangan Uang dan Cara Ikhlas Ketika Mengalami Ujian Ini

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Kamis, 4 Agustus 2022 20:01
Bacaan Doa Kehilangan Uang dan Cara Ikhlas Ketika Mengalami Ujian Ini
Selain tetap berusaha, jangan lupa untuk memanjatkan doa kepada Allah SWT.

Dream – Kehilangan uang, terlebih dalam jumlah besar, menjadi hal yang sangat menyedihkan. Apalagi jika uang tersebut hendak digunakan untuk urusan yang penting dan diperoleh dari hasil usaha keras. Meski demikian kita harus menghadapi ujian ini dengan senantiasa berpikiran baik kepada Allah SWT. 

Sahabat Dream yang sedang diuji kesedihan karena baru saja kehilangan uang jangan berhenti untuk berusaha. Salah satu ikhtiar yang bisa dilakukan adalah melaporkan kejadian tersebut kepada pihak yang berwajib jika uang hilang karena aksi kejahatan.

Salah satu ikhtiar yang paling utama adalah berpasrah diri serta memohon doa agar diberi ketabahan oleh Allah SWT yang merupakan pemilik segala sesuatu di muka bumi ini. 

Meski menganggap sebagai rezeki yang bukan menjadi hak kita, kamu boleh lho memanjatkan doa kehilangan uang dengan harapan bisa kembali ke kamu. Selain berdoa, ada juga beberapa hal yang bisa kamu lakukan ketika barang berhargamu hilang.

Untuk mengetahui secara lebih lengkap bacaan doa kehilangan uang serta apa yang perlu dilakukan saat kehilangan barang berharga, berikut sebagaimana telah dirangkum Dream melalui berbagai sumber.

1 dari 2 halaman

Doa Kehilangan Uang

Doa Kehilangan Uang© Shutterstock.com

Saat mengalami kehilangan uang, biasanya seseorang akan merasa panik dan bingung akan apa yang harus dilakukan. Sahabat Dream bisa tetap berusaha mencari uang tersebut dan tak melewatkan untuk memanjatkan doa kepada Allah SWT.

Namun sebelum membaca doa kehilangan uang, ada baiknya jika sahabat Dream berwudhu terlebih dahulu dan melakukan sholat dua rakaat. Kemudian setelah menyelesaikan sholat, barulah membaca doa kehilangan uang berikut ini:

Bismillah Yaa Hadii adh Dhalal wa Roodda adh Dhaalah Urdud 'alayya Dhalatiy bi 'Izzatika wa Sulthanika Fa Innaha min Athaaika wa Fadhlika.

Artinya: “ Dengan nama Allah, Wahai Yang Menunjuki yang tersesat dan Yang Mengembalikan yang hilang, kembalikanlah kepadaku barang yang hilang dariku, dengan keagungan-Mu dan kekuasaan-Mu. Sesungguhnya barang itu adalah pemberian-Mu dan karunia-Mu.”

2 dari 2 halaman

Hal yang Dilakukan saat Kehilangan Barang Berharga

Setelah mengetahui bacaan doa kehilangan uang, sahabat Dream juga perlu mengetahui hal apa saja yang sebaiknya dilakukan saat mengalami kehilangan barang berharga. Ya, uang menjadi salah satu barang berharga yang selama ini sangat membantu dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Oleh karena itu, wajar saja ketika kehilangan uang, maka kamu akan merasa sedih.

Nah, berikut adalah beberapa hal yang bisa sahabat Dream lakukan ketika kehilangan barang berharaga seperti dikutip dari islampos.com:

Introspeksi dan Mencari Tahu Penyebabnya

Hal pertama yang perlu sahabat Dream lakukan ketika kehilangan barang berharga adalah introspeksi diri dan mencari tahu penyebabnya. Kamu bisa mengingat kembali hal yang terjadi sebelumnya, seperti kamu pergi kemana, lewat mana saja, dan naik apa. Bisa saja uang kamu tertinggal atau jatuh di suatu tempat yang sebelumnya kamu datangi maupun kamu lewati.

Dalam momen seperti ini, alangkah lebih baik jika menginstrospeksi diri agar lebih menghargai barang berharga yang kamu miliki dan menjaganya dengan sebaik mungkin. Supaya suatu saat kejadian seperti ini tidak terulang kembali.

Berusaha Mencari Tahu atau Memblokir

Hal kedua yang bisa sahabat Dream lakukan adalah berusaha mencari tahu atau memblokir. Usaha ini bisa kamu lakukan dengan berbagai cara, seperti melapor kepada pihak berwajib, menyelidiki orang-orang tertentu, atau bisa juga melakukan amalan yang pernah dilakukan para sahabat, yakni berwudhu, sholat dua rakaat, dan membaca doa kehilangan uang.

Selain itu, jika kamu sudah kehilangan jejak, maka lakukan pemblokiran kartu kredit dan ATM yang hilang. Semakin cepat kamu melakukan pemblokiran, maka akan semakin baik.

Bersyukur

Bersyukur tidak hanya dilakukan saat menerima nikmat dan anugerah dari Allah SWT. Saat sedang kehilangan pun sahabat Dream sebaiknya juga bersyukur kepada Allah SWT. Kenapa? Karena barang yang dicuri oleh pencuri adalah barang yang haram. Bisa saja dengan hilangnya uang tersebut, Allah SWT hendak mengurangi dosa yang pernah kamu lakukan atau menghilangkan harta haram kamu.

Hal ini seperti dijelaskan dalam hadis yang diriwayatkan oleh Tirmidzi berikut:

Apabila Allah menginginkan kebaikan bagi hamba-Nya, maka Allah segerakan hukuman atas dosanya di dunia. Dan apabila Allah menghendaki keburukan pada hamba-Nya maka Allah tahan hukuman atas dosanya itu sampai dibayarkan di saat hari kiamat,” (HR At-Tirmidzi no 2396)

Mengikhlaskan

Hal terakhir yang perlu sahabat Dream lakukan ketika kehilangan barang berharga seperti uang adalah mengikhlaskannya. Bicara dan memberi nasihat agar ikhlas memang mudah. Sedangkan pelaksanaannya sangatlah sulit. Namun, dengan ikhlas menjadi jalan yang paling baik dan mampu membuat hatimu tenang setelah kejadian kehilangan tersebut. Seperti yang dijelaskan dalam hadis dari Ummu Salamah berikut:

”Aku pernah mendengar Rasulullah bersabda: ”Tidak ada seorang hamba pun yan ditimpa musibah lalu mengucapkan: Innaa lillaahi wainnaa ilaihi raaji’uun. Allahumma jurnii fii mushibatii wakhluflii khairan minhaa.

(Sesungguhnya kami milik Allah, kepada-Nya kami kembali. Ya Allah, berikanlah pahala kepadaku lantaran musibah yang menimpaku ini dan berikanlah ganti kepadaku dengan yang lebih baik dari musibah ini). Kecuali Allah akan memberinya pahala lantaran musibahnya dan akan mengganti musibahnya dengan sesuatu yang lebih baik darinya.”

Beri Komentar