Bacaan Doa sebelum Bekerja, Mohon Diberikan Kelancaran, Keberkahan, dan Rezeki yang Halal

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Selasa, 14 Juni 2022 20:01
Bacaan Doa sebelum Bekerja, Mohon Diberikan Kelancaran, Keberkahan, dan Rezeki yang Halal
Melalui doa-doa inilah yang nantinya akan membuat kita lebih lancar dalam melalui berbagai aktivitas sehari-hari.

Dream – Bekerja menjadi salah satu aktivitas rutin yang dilakukan oleh sebagian besar manusia. Tujuannya adalah untuk mendapatkan penghasilan dan bisa memenuhi kebutuhan hidup dirinya sendiri serta anggota keluarganya. Pekerjaan yang bisa dilakukan pun sangatlah beragam.

Namun, di Islam sendiri telah mengajarkan kepada umatnya bahwa dalam bekerja haruslah di jalan Allah SWT dan pastinya halal. Sehingga hasil yang didapatkan pun juga bisa mendatangkan berkah dari Allah SWT.

Oleh karena itu, sebaiknya sahabat Dream yang hendak berangkat kerja tidak lupa untuk membaca doa sebelum bekerja. Doa ini bisa dibaca saat masih berada di rumah. Harapannya agar pekerjaan di hari ini bisa diberikan kelancaran dan kemudahan oleh Allah SWT.

Nah, berikut adalah beberapa doa sebelum bekerja yang bisa kamu amalkan sebagaimana telah dirangkum oleh Dream melalui merdeka.com.

1 dari 2 halaman

Bacaan Doa sebelum Bekerja

Bacaan Doa sebelum Bekerja© Shutterstock.com

Doa adalah sebuah permohonan dan harapan yang ditujukan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Di dalam Islam sendiri, berdoa menjadi salah satu upaya mendekatkan diri kepada Allah SWT, bahkan berdoa menjadi aktivitas yang diperintahkan oleh Allah SWT. Sehingga, sudah sebaiknya selalu diamalkan oleh umat Islam, termasuk bacaan doa sebelum bekerja.

Doa sebelum bekerja tidak hanya sekadar memohon kelancaran dan kemudahan dalam bekerja saja. Tetapi juga nantinya melalui doa tersebut kita akan diberikan semangat dan motivasi untuk melewati hari tersebut. Berikut adalah beberapa doa sebelum bekerja yang bisa sahabat Dream panjatkan kepada Allah SWT.

Doa di Pagi Hari

Pagi hari menjadi salah satu waktu terbaik untuk berdoa kepada Allah SWT. Karena di pagi harilah menjadi waktu di mana setiap manusia secara umum memulai akivitasnya. Untuk memulai segala aktivitas di hari tersebut, alangkah lebih baik jika diawali dengan doa. Berikut adalah bacaan doa di pagi hari yang juga dibaca oleh Rasulullah saw:

اَللَّهُمَّ بِكَ أَصْبَحْنَا وَبِكَ أَمْسَيْنَا، وَبِكَ نَحْيَا، وَبِكَ نَمُوْتُ، وَإِلَيْكَ النُّشُوْرُ 

Allāhumma bika ashbahnā, wa bika amsainā, wa bika nahyā, wa bika namūtu, wa ilaikan nusyūru.

Artinya:Ya Allah, dengan-Mu aku berpagi hari, dengan-Mu aku bersore hari, dengan-Mu kami hidup, dengan-Mu kami mati. Hanya kepada-Mu (kami) kembali,” (HR Abu Dawud, At-Turmudzi, Ibnu Majah, dan lainnya). 

أَصْبَحْنَا وَأَصْبَحَ الملْكُ للهِ، وَالحَمْدُ للهِ، لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ لَهُ الملْكُ وَلَهُ الحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ، رَبِّ أَسْأَلُكَ خَيْرَ مَا فِي هَذِهِ اللَّيْلَةِ وَخَيْرَ مَا بَعْدَهَا وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا فِي هَذِهِ اللَيْلَةِ وَشَرِّ مَا بَعْدَهَا، رَبِّ أَعُوذُ بِكَ مِنَ الكَسْلِ وَسُوْءِ الكِبَرِ، أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابٍ فِي النَّارِ وَعَذَابٍ فِي القَبْرِ 

Ashbahnā wa ashbahal mulku lillāhi wal hamdu lillāhi, lā ilāha illallāhu wahdahū lā syarīka lah, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘alā kulli syai‘in qadīr. Rabbi, as’aluka khaira mā fī hādzihil lailata wa khaira mā ba‘dahā, wa a‘ūdzu bika min syarri mā fī hādzihil lailata wa khaira mā ba‘dahā. Rabbi, a‘ūdzu bika minal kasli wa sū’il kibari. A‘ūdzu bika min ‘adzābin fin nāri wa ‘adzābin dil qabri.

Artinya: Kami dan kuasa Allah berpagi hari. Segala puji bagi Allah. Tiada tuhan selain Allah yang maha esa, tiada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya segala kuasa dan puji. Dia kuasa atas segala sesuatu. Tuhanku, aku memohon kepada-Mu kebaikan malam ini dan malam sesudahnya. Aku memohon perlindungan-Mu kejahatan malam ini dan malam sesudahnya. Tuhanku, aku memohon perlindungan-Mu dari kemalasan dan kedaifan masa tua. Aku memohon perlindungan-Mu dari siksa neraka dan siksa kubur,”

2 dari 2 halaman

Bacaan Doa sebelum Bekerja

Doa Berangkat Kerja

Setelah membaca doa di pagi hari, sahabat Dream juga bisa membaca doa berangkat kerja. Doa sebelum kerja ini adalah untuk memohon kepada Allah SWT agar diberikan berkah atas pekerjaan yang sahabat Dream lakukan. Selain itu juga agar dari pekerjaan tersebut mendatangkan rezeki yang halal. Berikut adalah bacaan doa berangkat kerja yang bisa sahabat Dream amalkan:

اَللّهُمَّ ارْزُقْنِيْ رِزْقًا حَلاَلاً طَيِّباً, وَاسْتَعْمِلْنِيْ طَيِّباً. اَللّهُمَّ اجْعَلْ اَوْسَعَ رِزْقِكَ عَلَيَّ عِنْدَ كِبَرِ سِنِّيْ وَانْقِطَاعِ عُمْرِيْ. اَللّهُمَّ اكْفِنِيْ بِحَلاَلِكَ عَنْ حَرَامِكَ, وَاَغِْننِيْ بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ. اَللّهُمَّ اِنِّيْ اَسْأَلُكَ رِزْقًا وَاسِعًا نَافِعًا. اَللّهُمَّ اِنِّيْ اَسْأَلُكَ نَعِيْمًا مُقِيْمًا, اَلَّذِيْ لاَ يَحُوْلُ وَلاَ يَزُوْلُ.

Allahummarzuqnii rizqan halaalan thayyibaa, wasta’milnii thayyibaa. Allahummaj’al ausa’a rizqika ‘alayya ‘inda kibari sinnii wanqithaa’i ‘umrii. Allahummakfinii bihalaalika ‘an haraamika. wa aghninii bifadhlika ‘amman siwaaka. Allahumma in nii as-aluka rizqan waasi’an naafi’an. Allahumma innii as-alukan na’iimaan muqiiman, alladzii laa yahuulu wa laa yazuulu. (Dibaca sebanyak 3x)

Artinya: “ Ya Allah, berilah padaku rezki yang halal dan baik, serta pakaikanlah padaku segala perbuatan yang baik. Ya Tuhanku, jadikanlah oleh-Mu rezekiku itu paling luas ketika tuaku dan ketika lemahku. Ya Allah, cukupkanlah bagiku segala rezki-Mu yang halal daripada yang haram dan kayakanlah aku dengan karunia-Mu dari yang lainnya. Ya Allah, aku mohonkan pada-Mu rezki yang luas dan berguna. Ya Allah, aku mohonkan pada-Mu nikmat yang kekal yang tidak putus-putus dan tidak akan hilang.”

Doa saat Memulai Kerja

Doa sebelum kerja berikutnya adalah doa yang dibaca saat memulai pekerjaan. Dalam doa ini bertujuan untuk memohon kepada Allah SWT agar diberikan kebaikan serta dihindarkan dari hal-hal yang buruk. Berikut adalah bacaan doanya yang bisa sahabat Dream amalkan:

Allahumma innii asaluka min khairi hadzal amali wa khairi maa fiihi, wa’audzubika min syarri haadzal amali wasyarri maa fiihi innaka ‘alaakulli syaiin qadiir.

Artinya:Ya Allah, aku memohon padaMu kebaikan pekerjaan ini dan segala kebaikan yang ada di dalamnya, dan aku berlindung padaMu daripada keburukan pekerjaan ini dan segala keburukan yang ada di dalamnya. Sesungguhnya di atas segala sesuatu itu Engkaulah yang maha berkuasa menentukannya.”

Beri Komentar