Bekasi Diguyur Hujan Es

Reporter : Razdkanya Ramadhanty
Rabu, 14 April 2021 17:12
Bekasi Diguyur Hujan Es
Fenomena langka ini ramai dibahas oleh warganet di media sosial.

Dream - Hujan deras dan angin kencang juga melanda Kota Bekasi, Jawa Barat, Rabu 14 April 2021. Tak cuma itu, dua wilayah di Bekasi yang mengalami fenomena langka yakni hujan es. 

Dalam unggahan akun Instagram @warung_jurnalis, membagikan dua video momen terjadinya hujan es.

Dalam video pertama tertera keterangan lokasi yakni di Jati Warna, Bekasi, Jawa Barat. Terlihat butiran-butiran es jatuh ke rumah warga beserta hujan angin.

Sedangkan pada unggahan berikutnya, terlihat petir disertai hujan deras dan es di depan pekarangan rumah warga. " Hujan Rabu Sore Wilayah Bekasi," tulis keterangan video.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Warung Jurnalis (@warung_jurnalis)

 

1 dari 4 halaman

Hujan Es Disertai Kilat

Dilansir dari radarbekasi.id, Rabu 14 April 2021, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bekasi Agus Harpa, membenarkan peristiwa hujan disertai es tersebut.

Fenomena langka itu diketahui terjadi di Jati Asih hingga Pondok Melati. “ Hujan deras disertai angin,” kata Agus.

Penjelasan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), fenomena hujan es merupakan fenomena cuaca alamiah yang biasa terjadi.

Kejadian hujan lebat atau es disertai kilat atau petir dan angin kencang berdurasi singkat lebih banyak terjadi pada masa transisi atau pancaroba musim. Baik dari musim kemarau ke musim hujan atau sebaliknya.

Sumber: radarbekasi.id

 

 

2 dari 4 halaman

Geger Hujan Es Berbentuk Mirip Virus Corona, Warga Sebut Peringatan dari Tuhan

Dream - Hujan es batu dengan tonjolan-tonjolan mirip duri yang terjadi baru-baru ini membuat gempar warga Montemorelos di Meksiko.

Warga setempat yang membagikan gambar tersebut ke media sosial menyebut bentuk aneh hujan es batu itu mirip virus corona.

Partikel virus corona pada manusia biasanya digambarkan berbentuk bulat dan memiliki tonjolan-tonjolan mirip duri.

 

 

3 dari 4 halaman

Peringatan untuk Tinggal di Rumah Selama Pandemi

Sebagian netizen di Meksiko percaya hujan es batu berbentuk mirip virus corona ini merupakan peringatan dari Tuhan.

" Kemarin turun hujan es batu berbentuk corona, Tuhan mengirimkannya ke rumah kami untuk mengingatkan agar tetap tinggal di rumah," kata netizen bernama Darlene tersebut.

Netizen lainnya sependapat dengan komentar Darlene. Dia mengatakan bahwa hujan es batu berbentuk virus corona itu mungkin peringatan Tuhan.

" Apakah ini pesan dari sang pencipta kita?" tulisnya.

4 dari 4 halaman

Proses Terbentuknya Es Batu Corona

Sementara itu, menurut ahli meterologi dan konsultan dari Organisasi Meteorologi Dunia, Jose Miguel Vinas, bentuk es batu yang aneh itu sebenarnya fenomena alam biasa yang sering terjadi saat ada badai besar.

" Di dalam badai, es batu akan mulai terbentuk sebagai bola kecil dan kemudian bertambah besar dengan lapisan es di atasnya.

" Selama badai yang sangat kuat, ketika es batu sudah cukup besar dan bertabrakan satu sama lain, banyak dari mereka yang menyatu, saling menghancurkan atau menumbuk satu sama lain, hingga membentuk tonjolan-tonjolan pada permukaannya.

" Jadi yang jatuh itu adalah kepingan es yang tergencet, akibat pukulan keras atau peleburan berbagai ukuran batu es, sehingga menghasilkan bentuk mirip duri," jelas Vinas.

Sumber: Mirror Online

Beri Komentar