Doa agar Tidak Mengantuk dan Tips Terhindar dari Kantuk di Siang Hari

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Rabu, 21 September 2022 06:00
Doa agar Tidak Mengantuk dan Tips Terhindar dari Kantuk di Siang Hari
Doa ini bisa dibaca sembari diiringi dengan usaha-usaha yang bisa menghindarkan dari rasa mengantuk.

Dream – Rasa kantuk memang menjadi permasalahan apalagi jika datang di waktu yang tidak tepat. Ketika menyerang, Sahabat Dream yang sedang belajar maupun bekerja tak punya kuasa untuk mengusir kantuk yang akhirnya tanpa sadar tertidur di ruang kelas atau kantor. Kondisi ini tentu menjadi masalah besar jika kamu ketahuan oleh guru atau atasan.

Penyebab mengantuk bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Namun yang banyak terjadi adalah Sahabat Dream kurang beristirahat karena bergadang di malam sebelumnya. Alhasil, ketika beraktivitas di pagi atau siang hari kamu tak bisa lagi menahan serangan kantuk.

Dalam beberapa kasus, mengantuk juga disebabkan oleh kelelahan yang berlebihan sehingga kamu tidak mempunya waktu untuk merebahkan diri dan tidur untuk beberapa jamsaja.

Selain mencoba menyegarkan diri dengan membasuh wajah atau menyeruput kopi, kamu bisa juga memanjatkan doa agar tidak mengantuk selama beraktivitas. Dengan memohon kepada Allah SWT, kita berharap rasa kantuk itu menjauh dan bisa menjalankan aktivitas dengan lebih lancar serta berkonsentrasi penuh pada apa yang sedang kamu kerjakan.

Nah, berikut adalah beberapa doa agar tidak mengantuk serta tips-tips supaya tidak mengantuk sebagaimana dirangkum Dream melalui berbagai sumber.

1 dari 2 halaman

Doa agar Tidak Mengantuk

Doa agar Tidak Mengantuk© Shutterstock.com

Surat Al-A’raf Ayat 54 – 56

Doa agar tidak mengantuk yang pertama adalah ayat Al-Quran dari surat Al-A’raf ayat 54 – 56. Berikut bacaannya:

اِنَّ رَبَّكُمُ اللّٰهُ الَّذِيْ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ فِيْ سِتَّةِ اَيَّامٍ ثُمَّ اسْتَوٰى عَلَى الْعَرْشِۗ يُغْشِى الَّيْلَ النَّهَارَ يَطْلُبُهٗ حَثِيْثًاۙ وَّالشَّمْسَ وَالْقَمَرَ وَالنُّجُوْمَ مُسَخَّرٰتٍۢ بِاَمْرِهٖٓ ۙاَلَا لَهُ الْخَلْقُ وَالْاَمْرُۗ تَبٰرَكَ اللّٰهُ رَبُّ الْعٰلَمِيْنَ اُدْعُوْا رَبَّكُمْ تَضَرُّعًا وَّخُفْيَةً ۗاِنَّهٗ لَا يُحِبُّ الْمُعْتَدِيْنَۚ وَلَا تُفْسِدُوْا فِى الْاَرْضِ بَعْدَ اِصْلَاحِهَا وَادْعُوْهُ خَوْفًا وَّطَمَعًاۗ اِنَّ رَحْمَتَ اللّٰهِ قَرِيْبٌ مِّنَ الْمُحْسِنِيْنَ

Artinya:

Sungguh, Tuhanmu (adalah) Allah yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, lalu Dia bersemayam di atas ‘Arsy. Dia menutupkan malam kepada siang yang mengikutinya dengan cepat. (Dia ciptakan) matahari, bulan dan bintang-bintang tunduk kepada perintah-Nya. Ingatlah! Segala penciptaan dan urusan menjadi hak-Nya. Mahasuci Allah, Tuhan seluruh alam. Berdoalah kepada Tuhanmu dengan rendah hati dan suara yang lembut. Sungguh, Dia tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas. Dan janganlah kamu berbuat kerusakan di bumi setelah (diciptakan) dengan baik. Berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut dan penuh harap. Sesungguhnya rahmat Allah sangat dekat kepada orang yang berbuat kebaikan.” (QS. Al-A’raf: 54 – 56).

Setelah membaca doa dari ayat Al-Quran di atas, sahabat Dream kemudian bisa memohon kepada Allah SWT agar dijauhkan dari rasa kantuk dan tidur. Hal ini seperti yang dikatakan oleh Imam Yafi’I Al-Yamani dalam sebuah kitab yang bernama Al-Durrun Nadzim fi Khawashi Quranil Adzim berikut:

Barangsiapa yang membaca ayat ‘Inna robbakumullah sampai ayat ‘muhsinin’, dan kemudian memohon kepada Allah agar tidak tidur, maka Allah akan menghilangkan (menjauhkan) tidur darinya.”

Surat Al-Baqarah Ayat 255

Kemudian doa agar tidak mengantuk yang juga bisa dibaca sahabat Dream adalah penggalan dari surat Al-Baqarah ayat 255 atau ayat kursi. Doa ini adalah doa penangkal rasa kantuk dari KH Achmaf Chalwani dalam sebuah buku yang berjudul Risalah Doa & Shalawat yang menjelaskan ijazah dari Al-‘Arif Billah KH Nahrowi Dalhar (1870 – 1959) Watucongol, Muntilan, Magelang seperti dikutip dari islam.nu.or.id:

لَا تَأْخُذُهٗ سِنَةٌ وَّلَا نَوْمٌۗ

Lā ta’khudzuḥū sinatuw walā naūm.

Artinya: “ Allah tidak mengantuk dan tidak tidur.” (QS. Al-Baqarah: 255)

2 dari 2 halaman

Tipa agar Tidak Mengantuk

Tipa agar Tidak Mengantuk© Unsplash.com

Selain membaca doa agar tidak mengantuk, sahabat Dream juga bisa melakukan beberapa tips agar tidak mudah mengantuk. Berikut adalah beberapa tipsnya buat kamu seperti dikutip dari merdeka.com:

Minum Air Putih

Tips yang pertama adalah minum air putih. Ya, hal ini karena kekurangan cairan atau dehidrasi menjadi salah satu penyebab seseorang merasa mengantuk dan lelah ketika sedang bekerja atau belajar. Jadi, jangan malas untuk minum air putih ya, sahabat Dream.

Maksimalkan Istirahat di Malam Hari

Tips agar tidak mudah mengantuk berikutnya adalah memaksimalkan istirahat di malam hari. Istirahat malam hari sangatlah penting agar sahabat Dream tidak mudah mengantuk siang harinya. Jadi, manfaatkan waktu istirahat itu sebaik mungkin dan dapatkan tidur yang berkualitas.

Berolahraga

Meski di tengah kesibukan harian yang padat, usahakan untuk menyisihkan waktu berolahraga. Aktivitas ini akan membantu meningkatkan sirkulasi darah, sehingga tubuhmu bisa lebih segar dan berenergi. Paling tidak kamu bisa menyisihkan sekitar 30 menit setiap harinya untuk berolahraga.

Mengonsumsi Makanan Sehat

Hal yang tidak kalah penting agar tidak mudah mengantuk adalah mengonsumsi makanan yang sehat. Pastikan makanan yang kamu konsumsi adalah makanan segar, kaya vitamin, mineral, dan sehat. Dengan begitu energi tubuh pun akan selalu terjaga dengan baik.

Mengelola Stres

Tips agar tidak mudah mengantuk adalah dengan mengelola stres sebaik mungkin. Karena stres sendiri tidaklah baik bagi tubuh dan bisa memicu hadirnya penyakit. Sebaiknya kamu melatih diri untuk bisa mengelola stres dengan baik, sehingga tubuh dan pikiran pun segar selalu.

Beri Komentar