Doa Ketika Mendengar Orang Meninggal Agar Dilapangkan Kuburnya

Reporter : Arini Saadah
Kamis, 22 September 2022 18:01
Doa Ketika Mendengar Orang Meninggal Agar Dilapangkan Kuburnya
Baca doa ini saat kamu mendengar kabar orang meninggal!

Dream - Kabar duka orang meninggal bisa terdengar sewaktu-waktu. Saat mendengar kabar duka, sebagai Muslim dianjurkan mengucapkan kalimat istiraj yang berbunyi Innalillaahi wa inna ilaihi rajiun.

Kabar duka ini bisa datang dari orang terdekat, tetangga, keluarga dan sahabat. Biasanya informasi duka akan terdengar melalui pengeras suara masjid atau mushola.

Selain membaca istiraj setelah mendengar kabar orang meninggal, Rasulullah SAW juga mengajarkan bacaan doa ketika mendengar orang meninggal.

Bagaimana bacaan doa ketika mendengar orang meninggal? Yuk simak bacaan selengkapnya berikut ini.

1 dari 4 halaman

Doa Ketika Mendengar Orang Meninggal

Berikut bacaan doa ketika mendengar orang meninggal arab, latin beserta terjemahannya:

إنَّا ِللهِ وإنَّا إلَيْهِ رَاجِعُوْن وَإِنَّا إليَ رَبِّنِا َلمُنْقَلِبُون الَلهُمَّ اكْتُبْهُ عِنْدَكَ ِفي اُلمحِسنِينِ وِاجْعَلْ ِكتابَهُ ِفي ِعلّيِّين وَاْخلُفْهُ في أَهْلِهِ في الغَابِرين وَلا تحَرِْمْنا أَجْرَهُ وَلاَ تَفْتِنَّا بَعْدَهُ

Inna lillahi wa inna ilahi rajiun, wa inna ila rabbina la munqolibun. Allahummaktubhu 'indaka fil muhsinin. Waj'al kitabahu fi 'illiyyin, wakhlufhu fi ahlihi fil ghabirin wa la tuharrimna ajrahu wa la taftinna ba'dahu

Artinya:

" Sesungguhnya kita semua adalah milik Allah SWT, kepada-Nya kita kembali. Sesungguhnya hanya Allah-lah tempat semua kembali. Ya Allah, catatlah (orang yang meninggal itu) di sisi-Mu sebagai bagian dari golongan orang-orang yang baik, dan letakkanlah catatan itu di tempat yang paling tinggi. Gantikanlah kebaikan itu bagi keluarga yang ditinggalkan. Jangan Engkau haramkan pahalanya, dan jangan Engkau berikan kami fitnah setelah ditinggalkannya."

2 dari 4 halaman

Doa Ketika Mendengar Orang Meninggal Lainnya

Ilustrasi© Shutterstock.com

Selain bacaan doa di atas, kamu juga bisa membaca doa pendek berikut ini ketika mendengar orang meninggal dunia:

إنا لله وإنا إليه راجعون اللهم أجرني في مصيبتي واخلف لي خيرا منها

Inna lillahi wa inna ilaihi rajiun, allhumma ajirni fi musibati wakhluf li khairan minha

Artinya:

" Sesungguhnya kami milik Allah dan kepadaNya kami kembali. Ya Allah berilah kami pahala atas musibah ini dan gantilah bagiku yang lebih baik dari musibah ini."

3 dari 4 halaman

Doa Ketika Mendengar Ada Ulama Meninggal

Ulama maupun tokoh terkemuka merupakan teladan bagi kita. Dari mereka, kita banyak belajar mengenai kearifan. Saat ada ulama meninggal, dianjurkan membaca doa ini.

Saat membaca doa berikut, lafal muhammadan diganti dengan nama ulama atau tokoh yang meninggal dunia.

Man kana ya'budu Muhammadan, fa inna Muhammadan qad mata. Wa man kana ya'budullaha fa innallaha hayyun la yamutu

Artinya:

" Siapa yang menyembah Muhammad, sungguh Muhammad telah wafat. Siapa yang menyembah Allah, ketahuilah bahwa Allah Zat Yang Hidup Takkan Mati."

4 dari 4 halaman

Doa untuk Kedua Orang Tua yang Sudah Meninggal

Ilustrasi© Shutterstock.com

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُمْ وَارْحَمْهُمْ وَعَافِهِمْ وَاعْفُ عَنْهُمْ. اللَّهُمَّ اَنْزِلِ الرَّحْمَةَ وَالْمَغْفِرَةَ وَالشَّفَاعَةَ عَلَى أَهْلِ الْقُبُوْرِ مِنْ أَهْلِ لَاالَهَ اِلَّا اللهُ مُحَمَّدٌ رَّسُوْلُ اللهِ

Allahummaghfir lahum warhamhum wa 'afihim wa'fu 'anhum. Allahumma anzilir rahmata, wal maghfirata, was syafa'ata 'ala ahlil quburi min ahli la ilaha illallahu muhammadun rasulullah.

Artinya:

" Ya Allah, berikanlah ampunan, kasih sayang, afiat, dan maaf untuk mereka. Ya Allah, turunkanlah rahmat, ampunan, syafa'at bagi ahli kubur penganut dua kalimat syahadat."

Beri Komentar
Jangan Lewatkan
More