Doa Memohon Kesabaran Nabi Daud, Ketahui Juga Pengertian dan Dalilnya dalam Al-Quran

Reporter : Arini Saadah
Senin, 28 November 2022 22:01
Doa Memohon Kesabaran Nabi Daud, Ketahui Juga Pengertian dan Dalilnya dalam Al-Quran
Sabar adalah sikap terpuji yang harus kita teladani.

Dream Sabar adalah kunci paling utama untuk mengarungi kehidupan sekaligus jalan yang akan membawa manusia pada kebahagiaan abadi. Namun sesuai fitrahnya, cobaan yang datang di kehidupan sehari-hari kadang membuat manusia merasa berat menjalaninya sehingga tak jarang di antara kita merasa kehilangan kesabaran.

Wajar kiranya karena kita adalah manusia biasa. Berbeda dengan para nabi yang memang dikaruniai sesuatu yang luar biasa dari Tuhan. Nabi memiliki kesabaran yang luar biasa demi menyampaikan wahyu Tuhan.

Sebagai manusia, kita bisa meniru doa-doa para nabi agar diberikan hati yang senantiasa bersabar. Doa memohon kesabaran ini bisa kita tiru dari doa Nabi Daud alaihissalam. Doa memohon kesabaran Nabi Daud dikutip dari beberapa ayat di dalam Al-Quran.

Lantas bagaimana bacaan doa memohon kesabaran Nabi Daud? Mari simak informasi selengkapnya berikut ini.

1 dari 4 halaman

Pengertian Sabar Secara Umum

Sebelum membahas doa memohon kesabaran Nabi Daud, alangkah baiknya kita juga mengetahui arti sabar yang sebenarnya. Sabar adalah sebuah kata yang sering sekalikita dengar dan ucapkan, namun sulit untuk dilakukan.

Sabar merupakan upaya menahan diri atas segala macam bentuk kesulitan dan kesedihan. Selain itu, sabar juga identik dengan menahan diri saat menghadapi segala sesuatu yang tidak disukai dan dibenci.

Tak hanya itu, sabar juga berarti menahan untuk tidak melakukan hal-hal yang dilarang dalam agama. Bahkan sabar juga perlu dilakukan saat sedang dalam kesenangan.

Di dalam Islam sendiri, sabar dibagi ke dalam tiga bentuk yakni sabar dalam ketaatan, sabar dalam menghadapi masalah, dan sabar dalam menjauhi perbuatan maksiat.

2 dari 4 halaman

Dalil Al-Quran tentang Sabar

Perintah untuk bersabar telah tercantum di dalam kitab suci Al-Quran. Ada banyak ayat yang menjelaskan tentang sabar.

Orang yang beriman disertai dengan kesabaran dan selalu menjalankan sholat akan selalu berada di dalam lindungan Allah SWT. Sebagaimana penjelasan di dalam Surat Al-Baqarah Ayat 153 berikut ini:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اسْتَعِيْنُوْا بِالصَّبْرِ وَالصَّلٰوةِ ۗ اِنَّ اللّٰهَ مَعَ الصّٰبِرِيْنَ

Artinya:

" Wahai orang-orang yang beriman! Mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan salat. Sungguh, Allah beserta orang-orang yang sabar."

Selain ayat tersebut, Allah juga menjelaskan bahwa orang yang selalu bersabar akan disempurnkan pahalanya tanpa batas. Sebagaimana dalam firman Allah Surat Az-Zumar Ayat 10:

 ۗاِنَّمَا يُوَفَّى الصّٰبِرُوْنَ اَجْرَهُمْ بِغَيْرِ حِسَابٍ

Artinya:

" Hanya orang-orang yang bersabarlah yang disempurnakan pahalanya tanpa batas."

3 dari 4 halaman

Doa Memohon Kesabaran Nabi Daud

Setelah mengetahui pengertian singkat dari kata sabar beserta dalilnya, selanjutnya kita langsung membahas tentang doa memohon kesabaran yang pernah dipanjatkan Nabi Daud AS. Simak doa-doanya di bawah ini!

1. Surat Al-Baqarah ayat 250

Doa memohon kesabaran Nabi Daud yang pertama dikutip dari Al-Quran surat Al-Baqarah ayat 250. Dengan membaca doa ini diharapkan kita juga bisa meniru kesabaran Nabi Daud yang luar biasa tersebut.

رَبَّنَآ اَفْرِغْ عَلَيْنَا صَبْرًا وَّثَبِّتْ اَقْدَامَنَا وَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكٰفِرِيْنَ ۗ

Artiny:

“ Ya Tuhan kami, limpahkanlah kesabaran kepada kami, kukuhkanlah langkah kami dan tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir.”

4 dari 4 halaman

2. Surat An-Naml ayat 15

Selanjutnya, bacaan doa memohon kesabaran Nabi Daud ini juga bisa dikutip dari Al-Quran surat An-Naml ayat 15 berikut ini:

الْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِيْ فَضَّلَنَا عَلٰى كَثِيْرٍ مِّنْ عِبَادِهِ الْمُؤْمِنِيْنَ

Artinya:

“ Segala puji bagi Allah yang melebihkan kami dari banyak hamba-hamba-Nya yang beriman.”

Demikian itulah bacaan doa memohon kesabaran Nabi Daud lengkap pengertian beserta dalilnya. Orang yang bersabar akan dijamin mendapat pertolongan dari Allah SWT. Sabar sudah tentu sikap terpuji yang harus kita tiru dari para nabi dan juga para wali Allah. Yakinlah bahwa Allah selalu bersama orang-orang yang sabar.

Beri Komentar