Ini Sekolah Gratis di Indonesia, Lulus Langsung Kerja (2)

Reporter : Ahmad Baiquni
Rabu, 8 April 2015 14:30
Ini Sekolah Gratis di Indonesia, Lulus Langsung Kerja (2)
Setelah lulus, para peserta didik akan mendapat kewajiban ikatan dinas.

Dream - Menjelang berakhirnya tahun ajaran, ada banyak lembaga pendidikan yang membuka pendaftaran peserta didik baru. Di Indonesia, terdapat beberapa perguruan tinggi kedinasan yang menawarkan program beasiswa penuh kepada calon peserta didik.

Para peserta didik akan mendapat sejumlah fasilitas pendidikan, salah satunya bebas biaya pendidikan sampai selesai. Masa pendidikan dijalankan selama empat tahun.

Setelah lulus, para peserta didik akan mendapat kewajiban ikatan dinas. Mereka langsung bekerja di bawah institusi yang menaungi masing-masing perguruan tinggi tersebut.

Bagi Anda, pelajar lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau yang sederajat, ada baiknya mendaftarkan diri di beberapa lembaga pendidikan ini.

Berikut lembaga pendidikan ikatan dinas tersebut.

1 dari 7 halaman

STIS

Sekolah Tinggi Ilmu Statistik

BPS membuka Perguruan Tinggi Ilmu Statistik (PTIS) dengan mahasiswa yang terdiri dari lulusan AIS dan dosen berasal dari PBB serta alumni AIS. Pada tahun 1965 bantuan ini terhenti karena Indonesia keluar dari PBB dan sejak itu PTIS ditutup. Walupun PTIS sudah tidak beroperasi, AIS tetap melaksanakan proses pendidikan. Pada tahun 1995-1996 dilakukan usaha meningkatkan pendidikan ahli madya statistik (D-III) menjadi pendidikan ahli statistik (D-IV).

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) melalui Surat Keputusan Nomor 295/D/T/97 Tanggal 24 Pebruari 1997 mengijinkan BPS menyelenggarakan Program Diploma IV. Kemudian setelah itu, diterbitkan Keppres No.163 Tahun 1998 tentang STIS di bawah naungan BPS, sehingga sejak saat itu berdirilah STIS. Sesuai dengan Keppres tersebut, status STIS adalah sekolah tinggi kedinasan yang pembinaan teknisnya dilaksanakan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (sekarang Menteri Pendidikan Nasional), dan pembinaan secara fungsional dilaksanakan oleh Kepala BPS RI.

Sumber: http://www.stis.ac.id/

2 dari 7 halaman

STAN

Sekolah Tinggi Akuntansi Negara

Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) merupakan perguruan tinggi kedinasan yang berada dalam naungan Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Pendidikan Program Diploma Bidang Keuangan yang diselenggarakan oleh STAN bertujuan untuk menghasilkan tenaga ahli-tenaga ahli di bidang keuangan negara dengan spesialisasi tertentu seperti Akuntansi, Perpajakan, Pajak Bumi dan Bangunan/Penilai, Kebendaharaan Negara, Kepabeanan dan Cukai, dan Kepiutanglelangan. Oleh karena itu, para lulusan dibekali pengetahuan dan keterampilan serta keahlian profesional sesuai dengan spesialisasinya dalam rangka memenuhi kebutuhan pegawai dan mencetak kader-kader pengelola keuangan negara pada unit-unit di lingkungan Departemen Keuangan dan instansi pemerintah lainnya seperti Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dan Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI).

Melalui Keputusan Menteri Keuangan No. 71/KMK.05/2008 tanggal 31 Maret 2008, STAN ditetapkan sebagai Instansi Pemerintah yang menerapkan Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (PPK BLU).

Sumber: www.stan.ac.id

3 dari 7 halaman

STMM

Sekolah Tinggi Multi Media

Multi Media Training Centre (MMTC) adalah lembaga penyelenggara pendidikan dan latihan milik Pemerintah yang berdiri pada tanggal 31 Juli 1985. Sesuai dengan tuntunan zaman, maka kini MMTC telah menjadi Sekolah Tinggi Multi Media “ MMTC” Yogyakarta (STMM MMTC), institusi pendidikan tinggi di bidang penyiaran dan multi media yang berada di bawah Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.

Saat ini, STMM MMTC membuka peluang bagi masyarakat luas untuk meraih sukses, melalui pengetahuan dan ketrampilan di bidang Broadcasting dan Multi Media. STMM MMTC adalah satu langkah maju untuk menggapai masa depan gemilang dan satu pilihan tepat bagi insan yang cerdas dan kreatif. Karena globalisasi tak akan pernah lepas dari kemampuan dalam penguasaan Multi Media.

Sumber: http://www.mmtc.ac.id/

4 dari 7 halaman

Poltekkes Kemenkes Surabaya

Poltekkes Kemenkes Surabaya

Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan (Pusdiknakes) Departemen Kesehatan RI membuka dan melaksanakan Pendidikan Kedinasan Bidang Kesehatan baik dalam jenjang Pendidikan Menengah (JPM) seperti Sekolah Perawat Kesehatan (SPK), Sekolah Bidan, Sekolah Menengah Analis Kesehatan (SMAK), Sekolah Pengatur Rawat Gigi (SPRG), dll., maupun Jenjang Pendidikan Tinggi (JPT) seperti Akademi Keperawatan (Akper), Akademi Kesehatan Lingkungan (AKL) dan emi Teknik Elektromedik (ATEM).

Sekitar tahun 1989 Sekolah-sekolah Departemen Kesehatan yang tergabung pada Jenjang Pendidikan Menengah (JPM) dikonversi menjadi Jenjang Pendidikan Tinggi (JPT) yang disebut Akademi, seperti Sekolah Perawat dan Sekolah Bidan dikonversi menjadi Akademik Keperawatan dan Akademi Kebidanan, Sekolah Menengah Analis Kesehatan menjadi Akademi Analis Kesehatan, Sekolah Pengatur Rawat Gigi menjadi Akademi Kesehatan Gigi.

Sumber: http://poltekkesdepkes-sby.ac.id/

 

5 dari 7 halaman

STIA

Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi 

Visi Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Lembaga Administrasi Negara (LAN) Menjadi Institusi yang handal dalam pendidikan tinggi di bidang ilmu dan praktek administrasi bagi penyelenggara negara Tahun 2020

Misi, untuk mewujudkan Visi STIA LAN, dijabarkan dalam Misi yang bersikan kejelaasan peran, arah dan tolok ukur yang dapat dijadikan pedoman bagi pengelola STIA LAN dalam menjalankan tugasnya.

Adapun Rumusan Misi STIA LAN adalah:

Menyelenggarakan pendidikan program sarjana Dan program Magister yang berkualitas
Melakukan penelitian yang berkualitas bagi pengembangan ilum administrasi.
Melakukan kajian dan perkonsultasian yang profesional dan akuntabel dalam bidang administrasi yang bermanfaat bagi peningkatan kinerja pemerintahan dan pembangunan;
Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat yang mendukung pemberdayaan dan mutu pelayanan kepada masyarakat.
Mewujudkan tata kelola perguruan tinggi yang baik

sumber: http://www.lan.go.id/web/guest/stia

 

6 dari 7 halaman

STMI

Sekolah Tinggi Manajemen Industri

Sekolah Tinggi Manajemen Industri (STMI) adalah salah satu lembaga perguruan tinggi dibawah binaan Kementerian Perindustrian RI, yang pendiriannya ditetapkan dengan Surat Keputusan Menteri Perindustrian Nomor : 239/M/SK/1975 Tahun 1975. Pada mulanya sekolah ini menyelenggarakan pendidikan pada jenjang Strata Sarjana dengan Gelar M.Sc (Master Of Science ) Untuk lulusannya. Adapun mahasiswanya berasal dari lulusan sarjana muda dari latar belakang pendidikan teknik dan manajemen.

Sejak tahun 1981 progam pendidikan di STMI diubah menjadi progam diploma yang ditetapkan dengan Surat Keputusan Bersama (SKB) antara Menteri Perindustrian Nomor : 237/M/SK/VI/1981 dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor : 0184/O/1981, Tertanggal 6 Juni 1981. Sejak saat Itu STMI menyelenggarakan pendidikan Progam Studi Diploma IV.

 Sumber: http://www.stmi.ac.id/home

 

7 dari 7 halaman

STPI Curug

Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia Curug

Didirikan di Jakarta, tepatnya di daerah Gempol-Kemayoran pada tahun 1952, Institusi pendidikan ini semula diberi nama Akademi Penerbangan Indonesia (API). Pada tahun 1954, API dipindahkan dari Jakarta ke kampusnya yang baru di wilayah Kecamatan Legok, Tangerang (lebih dikenal masyarakat penerbangan dengan kampus Curug).

Sumber: http://stpicurug.ac.id/

 

Beri Komentar