Kumpulan Doa Khatam Quran dan Keistimewaan Jika Mengamalkannya

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Senin, 5 Desember 2022 10:35
Kumpulan Doa Khatam Quran dan Keistimewaan Jika Mengamalkannya
Setelah menyelesaikan membaca Al-Quran, alangkah baiknya dilanjutkan dengan membaca doa khatam Quran.

Dream – Sebagai umat Islam di muka bumi ini memiliki tugas untuk menjalankan segala perintah Allah SWT yang salah satunya adalah anjuran membaca Quran. Apapun yang diperintahkan Allah SWT tentunya memiliki alasan terbaik dan sudah pasti mendatangkan ganjaran bagi mereka yang menjalaninya. Seperti ibadah lainnya, membaca Quran juga disarankan dimulai dan diakhiri dengan membaca doa. 

Al-Quran adalah kitab suci yang berisi wahyu-wahyu Allah SWT, baik perintah maupun larangan-Nya. Dengan membaca Al-Quran, mulism dan musliham akan mengetahui apa saja yang menjadi perintah dan larangan dari Allah SWT, tetapi juga aktivitas ini memiliki nilai ibadah yang mendatangkan pahala.

Kebiasaan dan rutinitas membaca mukjizat terbesar Nabi Muhammad SAW iniakan membantu sahabat Dream yang sudah bertekad mengkhatamkan bacaan Al-Quran tersebut. Nah, setiap menyelesaikan membaca Al-Quran, Islam menganjurkan agar membaca doa khatam Quran. Meskipun membaca doa ini tidaklah diwajibkan, namun akan semakin sempurna jika kamu membacanya.

Berikut adalah bacaan doa khatam Quran yang penting untuk diketahui umat Islam sebagaimana telah dirangkum oleh Dream melalui merdeka.com dan islam.nu.or.id.

1 dari 4 halaman

Doa Khatam Quran

Doa Khatam Quran© Shutterstock.com

Ketika sahabat Dream sudah menyelesaikan atau menamatkan bacaan Al-Quran, alangkah baiknya jika kamu juga membaca doa khatam Quran. Inilah beberapa doa khatam Quran yang bisa kamu amalkan seperti dikutip dari merdeka.com:

Doa Khatam Quran yang Sering Dibaca

Inilah bacaan doa khatam Quran yang biasanya dibaca oleh umat Islam setelah selesai membaca Al-Quran:

اللَّهُمَّ ارْحَمْنِي بِالْقُرْآنِ وَاجْعَلْهُ لِي إِمَامًا وَنُورًا وَهُدًى وَرَحْمَةً، اللَّهُمَّ ذَكِّرْنِي مِنْهُ مَا نُسِّيتُ وَعَلِّمْنِي مِنْهُ مَا جَهِلْتُ وَارْزُقْنِي تِلَاوَتَهُ آنَاءَ اللَّيْلِ وَأَطْرَافَ النَّهَارِ وَاجْعَلْهُ لِي حُجَّةً يَا رَبَّ الْعَالَمِينَ

Allhummarhamni bilqur’an. Wajalhu li imaman wa nuran wa hudan wa rohmah. Allahumma dzakkirni minhu ma nasitu wa ‘allimni minhu ma jahiltu warzuqni tilawatahu aana-allaili waj’alhu li hujatan ya rabbal ‘alamin.

Artinya:Ya Allah rahmatilah kami dengan al Qur’an. Jadikan ia imam kami, cahaya, petunjuk dan rahmat bagi kami. Ya Allah ingatkanlah kami apa yang kami lupa dan ajarkan bagi kami apa yang kami jahil. Karuniakanlah kepada kami untuk dapat membacanya sepanjang malamnya dan sepanjang siangnya. Jadikanlah ia perisai kami. Wahai Tuhan sekalian alam."

2 dari 4 halaman

Doa Khatam Quran

Doa Khatam Quran Mohon Keridhaan

Berikut adalah bacaan doa khatam Quran untuk memohon keridhaan dari Allah SWT:

Allahumma inna 'abiduka banu 'abidika banu imaika nawashina biyadika madhin fina hukmuka 'adlun fina qodhouka nasaluka bi kullismin huwa laka sammaita bihi nafsaka aw anzaltahu fi kitabika aw 'allamtahu ahadan min kholqika awista'tsarta bihi fi 'ilmil ghaibi 'indaka an tak'alal qurana robi'a qolbi wa nuro shudurona wa jala a ahzanina wa dzahaba ghumuminaa wa saiqina wa qo-idina ilaika wa ila jannatika jannatin na'im wa darika daris salam ma'al ladzina an'amta 'alaihim minan nabiyyina was shiddiqqina wasy syuhadaai was shalihina birahmatika ya arhamar rahimina.

Artinya:Ya Allah ya Tuhan kami, kami semua hamba-Mu putra hamba-Mu laki laki dan hamba-Mu perempuan. Ya Allah kami memohon kepada-Mu, bertawasul dengan semua nama yang menjadi milik-Mu, yang Engkau gunakan untuk menyebut diri-Mu atau Engkau turunkan dalam kitab-Mu. Engkau ajarkan kepada seorang dari hamba-Mu atau Engkau simpan dalam ilmu ghaib-Mu, jadikanlah Alquran sebagai taman hati kami, cahaya dada kami, pengusir kesusahan dan kegundahan kami, penuntun kami pada-Mu dan pada surga-Mu, surga kenikmatan, pada rumah-Mu rumah keselamatan, beserta orang-orang yang Engkau berikan nikmat dari kalangan para nabi, orang-orang jujur, para syuhada, para orang shaleh dengan rahmat-Mu, wahai Dzat Maha Pengasih."

Doa Khatam Quran Mohon Syafaat

Berikut adalah bacaan doa khatam Quran untuk memohon syafaat yang bisa sahabat Dream hafalkan:

Allaahumma nawwir quluubanaa bi tilaawatil qur aan, wa zayyin akhlaa qonaa bijaahil qur aan, wa hassin a’maalanaa bi dzikril qur aan, wa najjinaa minan naari bi karoo matil qur aan, wa adkhilnal jannata bi syafaa’til qur aan.

Artinya:Ya Allah sinari hati kami sebab membaca Al-Qur’an, hiasi akhlak kami dengan kemuliaan Al-Qur’an, baguskanlah amalan kami karena berdzikir lewat Al-Qur’an, selamatkanlah kami dari api neraka karena kemuliaan Al-Qur’an, masukkanlah kami ke dalam surga dengan syafa’at Al-Qur’an."

3 dari 4 halaman

Keistimewaan Membaca Doa setelah Khatam Al-Quran

Keistimewaan Membaca Doa setelah Khatam Al-Quran© Shutterstock.com

Meskipun doa khatam Quran tidaklah wajib dibaca, namun ketika membacanya hal tersebut akan lebih baik. Seperti dikutip dari islam.nu.or.id, ada keistimewaan dari membaca doa khatam Quran yang dijelaskan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh ad-Darimy berikut ini:

مَنْقَرَأَالْقُرْأٓنَثُمَّدَعَا،أَمَّنَعَلَىدُعَائِهِاَرْبَعَةُاَلَافِمَلِكٍ

Artinya: Barang siapa telah membaca Al-Qur’an (khatam) kemudian dia berdoa, maka ada 4 ribu malaikat yang mengaminkan doanya.” (HR ad-Darimy).

Tak hanya itu saja, keistimewaan membaca doa khatam Quran juga disampaikan dalam sebuah hadis lainnya yang diriwayatkan oleh ad-Dailamy berikut ini:

اِذَاخَتَمَالْعَبْدُالْقُرْأٓنَصَلَّىعَلَيْهِعِنْدَخَتْمِهِسِتُّوْنَاَلْفِمَلِكٍ

Artinya: Apabila seorang hamba telah mengkhatamkan Al-Qur’an, maka akan hadir 60.000 malaikat yang membacakan istighfar untuknya saat khatam Al-Qur’an tersebut.” (HR ad-Dailamy).

4 dari 4 halaman

Keutamaan Mengkhatamkan Al-Quran

Dengan mengkhatamkan Al-Quran, ada berbagai keutamaan yang bisa didapatkan oleh sahabat Dream. Di mana keutamaan ini sangatlah berarti untuk kehidupan sahabat Dream di dunia maupun di akhirat kelak. Berikut adalah beberapa keutamaan mengkhatamkan Al-Quran seperti dikutip dari merdeka.com:

Amalan yang Paling Dicintai Allah SWT

Keutamaan yang pertama dari mengkhatamkan Al-Quran adalah menjadi amalan yang santa dicintai oleh Allah SWT. Hal ini dijelaskan dari sebuah hadis dari Ibnu Abbas ra, di mana beliau mengatakan ada seseorang yang bertanya pada Rasulullah saw berikut ini:

Wahai Rasulullah, amalan apakah yang paling dicintai Allah? Beliau menjawab, Al-hal wal murtahal. Orang ini bertanya lagi, Apa itu al-hal wal murtahal, wahai Rasulullah? Beliau menjawab, Yaitu yang membaca Al-Quran dari awal hingga akhir. Setiap kali selesai ia mengulanginya lagi dari awal.” (HR. Tirmidzi)

Mengikuti Sunah Nabi Muhammad SAW

Keutamaan yang kedua dari mengkhatamkan Al-Quran adalah mengikuti sunah Nabi Muhammad saw. Ya, ada banyak sekali sunah yang diajarkan oleh Nabi Muhammad saw, salah satunya adalah membaca Al-Quran. Mengikuti sunah Nabi adalah bagian yang dianjurkan untuk setiap umat Islam dan memiliki nilai pahala di dalamnya. Hal ini sesuai dengan penjelasan dari Abu Hurairah ra berikut:

Dahulu Jibril mendatangi dan mengajarkan Al-Qur’an kepada Nabi shalallahu ‘alayhi wa sallam setiap tahun sekali (pada bulan ramadhan). Pada tahun wafatnya Rasulullah shalallahu ‘alayi wasallam Jibril mendatangi dan mengajarkan Al-Qur’an kepada beliau sebanyak dua kali (untuk mengokohkan dan memantapkannya)” ( HR. Bukhari).

Memberikan Ketenangan dan Rahmat

Dengan mengkhatamkan Al-Quran, maka hal ini bisa memberikan ketenangan dan rahmat. Seperti halnya orang yang sedang merasa gundah hatinya, maka membaca Al-Quran bisa menjadi obat yang mujarab untuk menenangkan hati. Dijelaskan oleh Rasulullah saw dalam sebuah hadis berikut:

Tidaklah suatu kaum berkumpul di salah satu rumah-rumah Allah untuk melantunkan ayat-ayat suci Al-Qur’an dan mempelajarinya, melainkan akan turun kepada mereka ketenangan, akan dilingkupi pada diri mereka dengan rahmat, akan dilingkari oleh para malaikat, dan Allah pun akan menyebut (memuji) mereka di hadapan makhluk yang ada di dekat-Nya.” (HR. Muslim).

Mendapatkan Syafaat di Hari Kiamat

Setiap umat Islam tentu ingin ketika kiamat kelak bisa mendapatkan syafaat. Nah, hal tersebut bisa sahabat Dream dapatkan salah satunya dengan mengkhatamkan Al-Quran. Di mana dengan mengkhatamkan Al-Quran akan menjadi penolong ketika hari kiamat. Rasulullah saw pun pernah bersabda sebagai berikut:

Bacalah Al-Quran, karena sesungguhnya ia akan menjadi syafaat bagi para pembacanya di hari kiamat.” (HR. Muslim)

Meningkatkan Derajat

Keutamaan berikutnya adalah mengkhatamkan Al-Quran adalah bisa meningkatkan derajat. Keutamaan ini dijelaskan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Muslim berikut:

Sesungguhnya Allah SWT akan mengangkat derajat suatu kaum dengan kitab ini (Al-Quran), dengan dengannya pula Allah akan merendahkan kaum yang lain.” (HR. Muslim)

Meningkatkan Pahala yang Didapatkan

Keutamaan yang didapatkan ketika mengkhatamkan Al-Quran adalah bisa meningkatkan pahala. Hal ini seperti yang disampaikan oleh Rasulullah saw berikut:

Siapa yang membaca 100 ayat pada suatu malam dituliskan baginya pahala sholat sepanjang malam.” (HR. Ahmad dan dishahihkan dalam kitab Shahih Al Jami’)

Beri Komentar