Lafal Doa Rabu Wekasan, Baca Hari Ini Agar Terhindar dari Bala!

Reporter : Arini Saadah
Rabu, 21 September 2022 20:02
Lafal Doa Rabu Wekasan, Baca Hari Ini Agar Terhindar dari Bala!
Berikut bacaan doa rabu wekasan atau tola bala.

Dream – Sebagian dari kita mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah Rabu Wekasan. Hari Rabu Wekasan terjadi pada malam Rabu terakhir di bulan Shafar atau bulan kedua dalam penanggalan hijriyah.

Mengutip NU Online, masyarakat jahiliyah kuno termasuk bangsa Arab meyakini bahwa bulan Shafar adalah bulan sial. Anggapan sial ini telah terkenal pada umat jahiliah dan sisa-sisanya masih ada di kalangkan muslimin hingga saat ini.

Abu Hurairah berkata, bahwa Rasulullah SAW bersabda, “ Tidak ada wabah (yang menyebar dengan sendirinya tanpa kehendak Allah), tidak pula ramalan sial, tidak pula burung hantu dan juga tidak ada kesialan pada bulan Shafar. Menghindarlah dari penyakit kusta sebagaimana engkau menghindari singa.” (HR. Imam Bukhari dan Muslim)

Namun perlu diketahui juga, bahwa Allah memang menurunkan bala ke bumi sebagai ujian untuk umat manusia. Tidak akan ada yang tahu kapan bala atau bencana itu akan datang. Untuk menghindarinya, umat Islam dianjurkan memohon perlindungan kepada Allah SWT. Salah satunya dengan membaca doa rabu wekasan atau yang dikenal dengan doa tola bala.

1 dari 3 halaman

Doa Rabu Wekasan

Sebagai Muslim, haram hukumnya memercayai ramalan, terutama ramalan buruk. Manusia hendaknya bertawakal kepada Allah semata, bukan terhadap makhluk dan ramalannya.

Allah-lah yang menentukan baik dan buruk, selamat atau sial, kaya atau miskin. Hari maupun bulan tidak ada sangkut pautnya dengan pengaruh dan takdir Allah. Semua sama seperti waktu- waktu yang lain, pasti ada takdir buruk dan takdir baik.

Agar kita dijauhkan dari takdir yang buruk terutama di bulan Shafar, coba bacalah doa Rabu Wekasan berikut ini:

اللَّهُمَّ افْتَحْ لَنَا أَبْوَابَ الخَيْرِ وَأَبْوَابَ البَرَكَةِ وَأَبْوَابَ النِّعْمَةِ وَأَبْوَابَ الرِّزْقِ وَأَبْوَابَ القُوَّةِ وَأَبْوَابَ الصِّحَّةِ وَأَبْوَابَ السَّلَامَةِ وَأَبْوَابَ العَافِيَةِ وَأَبْوَابَ الجَنَّةِ اللَّهُمَّ عَافِنَا مِنْ كُلِّ بَلَاءِ الدُّنْيَا وَعَذَابِ الآخِرَةِ وَاصْرِفْ عَنَّا بِحَقِّ القُرْآنِ العَظِيْمِ وَنَبِيِّكَ الكَرِيْمِ شَرَّ الدُّنْيَا وَعَذَابَ الآخِرَةِ،غَفَرَ اللهُ لَنَا وَلَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ، سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ العِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ وَسَلَامٌ عَلَى المُرْسَلِيْنَ وَ الْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَلَمِيْنَ

2 dari 3 halaman

Doa Rauo Wekasan Latin

Allahummaftah lana abwabal khair, wa abwabal barakah, wa abwaban ni‘mah, wa abwabar rizqi, wa abwabal quwwah, wa abwabas shihhah, wa abwabas salamah, wa abwabal ‘afiyah, wa abwabal jannah. Allahumma ‘afina min kulli bala’id dunya wa ‘adzabil akhirah, washrif ‘anna bi haqqil Qur’anil ‘azhim wa nabiyyikal karim syarrad dunya wa ‘adzabal akhirah. Ghafarallahu lana wa lahum bi rahmatika ya arhamar rahimin. Subhana rabbika rabbil ‘izzati ‘an ma yashifun, wa salamun ‘alal mursalin, walhamdulillahi rabbil ‘alamin

 

3 dari 3 halaman

Arti Doa Rabu Wekasan

“ Ya Allah, bukalah bagi kami pintu kebaikan, pintu keberkahan, pintu kenikmatan, pintu rezeki, pintu kekuatan, pintu kesehatan, pintu keselamatan, pintu afiyah, dan pintu surga. Ya Allah, jauhkan kami dari semua ujian dunia dan siksa akhirat. Palingkan kami dari keburukan dunia dan siksa akhirat dengan hak Al-Qur’an yang agung dan derajat nabi-Mu yang pemurah. Semoga Allah mengampuni kami dan mereka. Wahai Zat yang maha pengasih. Maha suci Tuhanmu, Tuhan keagungan, dari segala yang mereka sifatkan. Semoga salam tercurah kepada para rasul. Segala puji bagi Allah, Tuhan sekalian alam."

Demikian itulah bacaan doa rebo wekasan yang dapat kamu amalkan pada hari Rabu terakhir di bulan Shafar. Semoga dengan bacaan doa Rabu Wekasan di atas, kita terhindar dari bencana dan marabahaya. Amin!

Beri Komentar