Foto Penampakannya Pernah Viral di Sosmed, Gedung Garuda Raksasa Kini Hilang Tak Berbekas

Reporter : Razdkanya Ramadhanty
Rabu, 24 November 2021 16:01
Foto Penampakannya Pernah Viral di Sosmed, Gedung Garuda Raksasa Kini Hilang Tak Berbekas
Seperti apa penampakan Gedung Graha Garuda Tiara Indonesia peninggalan Presiden Soeharto?

Dream - Selama Orde Baru, pembangunan berjalan cukup baik. Banyak gedung berdiri di masa Pemerintahan Presiden Kedua Soeharto.

Salah satunya yaitu Gedung Graha Garuda Tiara Indonesia. Gedung ini dikenal dengan julukan Gedung Garuda Raksasa karena tata letaknya dibuat seperti Garuda Pancasila. 

Gedung ini sempat jaya pada masanya. Tetapi, kini telah hilang tak berbekas. 

Lokasi gedung di Jalan Narogong, Kampung Cibeureum, Kelurahan Cileungsi Kidul, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor, kini rata dengan tanah. Tidak ada satupun sisa bangunan yang masih berdiri

Sekitar awal 2014 lalu, gedung itu dibongkar. Kini hanya tersisa hamparan tanah merah, beberapa bekas tiang yang jumlahnya tak banyak dan hutan bambu.

 

 

1 dari 3 halaman

Pembangunan Hingga Rp75 Miliar

Dikutip dari Merdeka.com, gedung tersebut diketahui dibangun pada 1995 dan difungsikan sebagai wisma atlet untuk ajang SEA Games 1997 di Jakarta. Kala itu, Pemerintah mengerahkan ratusan pekerja untuk pembangunan gedung megah tersebut.

Sama seperti namanya, bentuk bangunan itu mirip burung Garuda Pancasila. Bagian bangunan yang berbentuk sayap digunakan sebagai wisma dengan total kamar mencapai 546.

Sementara bangunan yang menyerupai kepala dan dada burung Garuda difungsikan sebagai lobi dan ruang konferensi dengan daya tampung mencapai 3.000 orang. Sedangkan di bagian ekor, dibangun hotel lengkap dengan area parkir beserta landasan helikopter.

Graha Garuda juga dilengkapi fasilitas tambahan seperti lapangan tenis, lapangan basket, hingga kolam renang. Menurut informasi, pembangunan ini mencapai sekitar Rp75 miliar dengan nilai rupiah yang kala itu masih Rp2.194 per dolar AS.

2 dari 3 halaman

Pembangunan Gedung Melalui Dua Tahap

Gedung Graha Garuda© Merdeka.com

Pembangunan tersebut berjalan dalam dua tahap. Pertama, dilakukan pembersihan lokasi di kebun karet dilanjutkan pembangunan pondasi pada 1995.

Kemudian pertengahan 1996, para buruh mulai bekerja siang hingga malam mengejar target pembangunan. Hasilnya, bentuk garuda pun mulai terlihat.

Lalu pada pertengahan 1998 bersamaan dengan lengsernya Soeharto, gedung Graha Garuda itu menjadi tak terurus. Bangunan itu dibiarkan terbengkalai selama bertahun-tahun.

3 dari 3 halaman

Rata dengan Tanah

Lokasi bekas Gedung Graha Garuda© Merdeka.com

Setelah terbengkalai, pada akhir 2000-an, aksi penjarahan gedung terjadi. Bangunan yang dulunya memiliki fasilitas megah jadi rusak.

Dari hasil pantauan satelit, bangunan itu masih berdiri kokoh dari 2006 sampai 2013. Kemudian pada 2014, Pemerintah memutuskan melakukan pembongkaran gedung Graha Garuda Tiara Indonesia.

Kini, berdasarkan peta dari Google Maps, bangunan tersebut sudah tidak tampak lagi. Tanah tempat dulunya bangunan itu berdiri, kini kosong dan hanya ditumbuhi tanaman liar.

Sumber: merdeka.com

Beri Komentar