Niat Doa Mandi Wajib Haid, Hukum, dan Tata Caranya yang Baik dan Benar

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Selasa, 15 Maret 2022 16:01
Niat Doa Mandi Wajib Haid, Hukum, dan Tata Caranya yang Baik dan Benar
Mandi wajib hukumnya wajib bagi para perempuan yang sudah selesai melalui masa haid.

Dream – Bagi setiap perempuan yang sudah memasuki masa pubertas, maka setiap bulan akan mengalami mestruasi. Dikutip dari halodoc.com, menstruasi adalah terjadinya perdarahan pada uterus yang mengalir dari rahim dan keluar melalui vagina. Hal ini menjadi suatu kondisi yang normal bagi setiap perempuan. Dan untuk siklusnya sendiri, menstruasi ini biasanya terjadi setiap 28 hari dan lamanya menstruasi sekitar empat hingga enam hari.

Bagi umat Islam, khususnya perempuan yang mengalami haid, maka baginya diwajibkan untuk melakukan mandi wajib setelah menstruasi tersebut usai. Hal ini seperti yang dijelaskan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari berikut ini:

Apabila kamu sedang mengalami haid, maka tinggalkanlah sholat dan apabila telah berhenti, maka mandi dan sholatlah.” (HR. Bukhari).

Dalam melakukan mandi wajib, sahabat Dream juga jangan sampai lupa untuk membaca doa mandi wajib haid terlebih dahulu. Niat menjadi sangat penting untuk dibaca karena hal inilah yang akan menentukan sah atau tidaknya mandi wajib tersebut. Hingga nantinya kamu bisa melaksanakan ibadah kembali dengan sah di mata Allah SWT.

Untuk mengetahuinya secara lebih lengkap, berikut adalah bacaan doa mandi wajib haid dan tata caranya sebagaimana telah dirangkum oleh Dream melalui merdeka.com.

1 dari 3 halaman

Hukum Mandi Wajib setelah Haid

Hukum Mandi Wajib setelah Haid© Freepik.com

Terjadinya haid yang dialami oleh perempuan, hal ini menjadi bagian dari hadas besar. Oleh karena itu, di masa inilah orang tersebut dilarang untuk menjalankan ibadah. Dan ketika masa haid sudah selesai, maka diwajibkan untuk segera melakukan mandi wajib guna menghilangkan hadas besar tersebut. Barulah setelah mandi wajib bisa melakukan ibadah kembali.

Cara untuk mensucikan diri setelah haid adalah dengan melakukan mandi wajib atau mandi junub. Hal ini sesuai dengan apa yang diperintahkan Allah SWT melalui surat Al-Maidah ayat 6 berikut ini:

وَاِنْكُنْتُمْجُنُبًافَاطَّهَّرُوْاۗ

Artinya: Jika kamu junub, maka mandilah.” (QS. Al-Maidah: 6).

2 dari 3 halaman

Niat Mandi Wajib setelah Haid

Setelah mengetahui hukum dari mandi wajib setelah haid, sahabat Dream juga harus mengetahui bacaan niat doa mandi wajib haid. Niat inilah yang harus dibaca ketika melakukan mandi wajib. Sehingga mandi tersebut menjadi sah dan sahabat Dream bisa kembali melakukan ibadah. Berikut adalah bacaan niat doa mandi wajib haid yang bisa kamu hafalkan: 

نَوَيْتُالْغُسْلَلِرَفْعِحَدَثِالْحَيْضِِللهِتَعَالَى

Nawaitul ghusla liraf'i hadatsil haidil lillahi Ta'aala.

Artinya:Aku niat mandi wajib untuk mensucikan hadas besar dari haid karena Allah Ta'ala.

3 dari 3 halaman

Tata Cara Mandi Wajib setelah Haid

 Tata Cara Mandi Wajib setelah Haid© Freepik.com

Ketika melakukan mandi wajib untuk menghilangkan hadas besar di tubuh, maka haruslah dilakukan secara benar. Di mana sahabat Dream harus memastikan bahwa air yang disiramkan harus benar-benar merata ke seluruh bagian tubuh, rambut, serta kulit. Hal ini seperti yang dijelaskan dalam sebuah hadi yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim berikut ini:

Bahwa jika Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mandi dari janabah maka beliau mulai dengan mencuci kedua telapak tangannya, kemudian berwudhu sebagaimana wudhunya untuk shalat, kemudian memasukkan jari-jarinya kedalam air kemudian menyela dasar-dasar rambutnya, sampai beliau menyangka air sampai kedasar rambutnya kemudian menyiram kepalanya dengan kedua tangannya sebanyak tiga kali kemudian beliau menyiram seluruh tubuhnya." (HR. Bukhari dan Muslim).

Fardhu dalam Mandi Wajib Haid

Berikut adalah beberapa hal yang fardhu dalam mandi wajib haid:

1. Niat untuk mensucikan dari hadas besar.

2. Menghilangkan najis.

3. Meratakan air ke seluruh bagian tubuh dengan cara menyiramkan air tersebut.

 

Sunah dalam Mandi Wajib Haid

1. Membaca basmallah.

2. Menghilangkan kotoran serta najis yang menempel di tubuh.

3. Membersihkan bagian kemaluan atau melakukan istinja.

4. Melakukan wudhu dengan sempurna serta membersihkan bagian lipatan-lipatan di anggota wudhu.

5. Membasuh kepala dengan memastikan bahwa air benar-benar rata ke seluruh bagian tubuh.

6. Dahulukanlah anggota tubuh bagian kanan, baru kemudian disusul dengan tubuh bagian kiri.

7. Membasuh secara berulang seluruh tubuh sebanyak tiga kali.

8. Pastikan untuk menghadap kiblat dan tidak menyeka tubuh tanpa adanya udzur.

9. Tidak berbicara kecuali jika benar-benar dibutuhkan.

 

Tata Cara dan Urutan Dalam Mandi Wajib Haid

1. Membaca basmallah.

2. Membaca niat doa mandi wajib haid untuk menghilangka hadas besar di tubuh.

3. Menyiramkan air ke seluruh bagian tubuh serta menggosok-gosokkan setiap anggota tubuh. Terutama di bagian kemaluan sampai bersih dan tidak ada bau.

4. Menyiram semua anggota tubuh dengan menggunakan air. Pastikan untuk memulainya dari anggota tubuh bagian kanan, baru kemudian anggota tubuh bagian kiri. Sahabat Dream juga harus memastikan bahwa semua bagian tubuh sudah benar-benar dibersihkan dengan baik.

Itulah penjelasan tentang niat doa mandi wajib haid, hukum melakukan mandi wajib setelah haid, dan tata caranya yang baik dan benar sesuai ajaran Islam.

 

Beri Komentar