Kata Instruktur Aerobik Viral Senam di Tengah Kudeta Myanmar: Saya Tak Mengejek

Reporter : Ahmad Baiquni
Rabu, 3 Februari 2021 11:01
Kata Instruktur Aerobik Viral Senam di Tengah Kudeta Myanmar: Saya Tak Mengejek
Khing Hhin Wai ternyata rutin merekam kegiatan senam di lokasi yang sama selama 11 tahun.

Dream - Nama Khing Hhin Wai tengah tenar di dunia maya. Videonya saat sedang senam aerobik menggunakan latar musik 'Ampun Bang Jago' tengah viral di internet.

Video itu diambil pada Senin pagi, 1 Februari 2021. Dia menari dengan lincah tanpa menyadari peristiwa besar apa yang sedang terjadi saat itu.

Ketika dia sedang menari, jalanan di belakangnya sedang diblokade. Beberapa saat kemudian, iring-iringan kendaraan dinas militer melintas ke arah blokade tersebut.

Di hari itu yang tak disadari Khing Hhin itu, militer Myanmar ternyata sedang melakukan kudeta. Pemimpin sipil de facto Myanmar, Aung San Suu Kyi bersama sejumlah pejabat dari partainya ditangkap.

Khing merekam aksi senamnya di halaman komplek parlemen Myanmar, Nay Pyi Taw. Video itu langsung viral setelah diunggah di Facebook.

 

1 dari 2 halaman

Videonya Asli

Dikutip dari BBC, awalnya video tersebut sempat memunculkan keraguan. Memunculkan pertanyaan apakah benar video itu diambil di hari yang sama saat kudeta terjadi atau sebenarnya rekaman lama.

Tim BBC kemudian melakukan penelusuran digital. Hasilnya, video itu benar-benar dibuat di halaman komplek parlemen Myanmar, di hari saat terjadinya kudeta.

Netizen sempat menyebut video itu sebagai bentuk ejekan kepada upaya kudeta militer. Tetapi, Khing menegaskan dia tidak tidak berniat melakukan itu.

" Saya tidak sedang senam untuk mengejek atau menghina organisasi mana pun atau bertingkah konyol," ujar Khing kepada BBC.

 

2 dari 2 halaman

Tak Tahu Sedang Ada Gejolak

Dia mengatakan video itu dibuatnya untuk tujuan ikut kompetisi senam. Dia sama sekali tidak tahu apa yang terjadi saat itu.

" Karena tidak jarang ada konvoi resmi dari Nay Pyi Taw, saya pikir itu normal sehingga saya lanjut (senam)," kata dia.

Khing juga membantah punya motif apapun, termasuk politik ataupun lainnya. Dia juga tidak mengunggah video itu dengan tujuan untuk bahan candaat atau ingin menjadi selebritis.

Beri Komentar