Susunan Bacaan Doa Tahlil Singkat dan Keutamaannya, Bebas Masuk Surga dari Pintu Mana Saja

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Minggu, 14 Agustus 2022 18:01
Susunan Bacaan Doa Tahlil Singkat dan Keutamaannya, Bebas Masuk Surga dari Pintu Mana Saja
Tahlil tak sekadar bacaan saja, tetapi menjadi ibadah yang mampu mendekatkan seseorang dengan Allah SWT.

Dream – Tahlil dalam masyarakat dikenal dengan cara melakukan dzikir bersama-sama. Biasanya dalam tradisi masyarakat Indonesia, tahlil dilakukan ketika ada seorang muslim yang meninggal dunia, lalu diadakan acara tahlilan dengan mendoakan almarhum. Sesuai dengan namanya, dalam tahlil terdapat bacaan “ laa ilaaha illallah” dan bacaan lainnya yang dilafalkan secara berkelompok.

Meski begitu, dalam membaca tahlil tidaklah dilakukan secara asal-asalan. Ada tata cara serta susunan bacaan doa tahlil singkat yang umumnya dipimpin oleh seseorang. Lalu nantinya orang lain akan mengikuti bacaan tersebut.

Dengan melakukan tahlil, tentunya ada banyak keutamaan yang bisa didapatkan. Salah satunya adalah semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT. Bagi sahabat Dream yang ingin mengetahui bagaimana susunan bacaan doa tahlil singkat beserta keutamaannya, berikut sebagaimana dirangkum Dream melalui islam.nu.or.id dan bincangsyariah.com.

1 dari 3 halaman

Susunan Bacaan Doa Tahlil Singkat

Susunan Bacaan Doa Tahlil Singkat© Shutterstock.com

Sebelum mengamalkan susunan bacaan doa tahlil singkat, sahabat Dream harus terlebih dahulu membaca surat Al-Fatihah sebagai pengantar dan menyelesaikan surat Yasin. Barulah kemudian mulai membaca susunan bacaan doa tahlil singkat. Berikut adalah susunan bacaan doa tahlil singkat yang perlu sahabat Dream ketahui:

Membaca Surat Al-Ikhlas 3 Kali

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ. قُلْ هُوَ اللهُ اَحَدٌ. اَللهُ الصَّمَدُ. لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُوْلَدْ. وَلَمْ يَكٌنْ لَهُ كُفُوًا اَحَدٌ

Artinya: Dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang. Katakanlah, ‘Dialah yang maha esa. Allah adalah tuhan tempat bergantung oleh segala sesuatu. Dia tidak beranak dan tidak diperanakkan. Dan tidak ada seorangpun yang setara dengan-Nya.’” (QS. Al-Ikhlas)

Membaca Tahlil dan Takbir

لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ وَاللهُ اَكْبَرُ

Artinya: Tiada tuhan yang layak disembah kecuali Allah. Allah maha besar.”

Surat Al-Falaq

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ. قُلْ اَعُوْذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ. مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ. وَمِنْ شَرِّ غَاسِقٍ اِذَا وَقَبَ. وَمِنْ شَرِّ النَّفَاثاتِ فِى الْعُقَدِ. وَمِنْ شَرِّ حَاسِدٍ اِذَا حَسَدَ

Artinya: Dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang. Katakanlah, ‘Aku berlindung kepada tuhan yang menguasai waktu subuh dari kejahatan makhluk-Nya. Dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita. Dan dari kejahatan wanita-wanita tukang sihir yang mengembus nafasnya pada buhul-buhul. Dan dari kejahatan orang-orang yang dengki apabila ia mendengki.’” (QS. Al-Falaq)

Membaca Tahlil dan Takbir

لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ وَاللهُ اَكْبَرُ

Artinya: Tiada tuhan yang layak disembah kecuali Allah. Allah maha besar.”

Membaca Surat An-Nas

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ. قُلْ اَعُوذُ بِرَبِّ النَّاسِ. مَلِكِ النَّاسِ. اِلَهِ النَّاسِ. مِنْ شَرِّ الْوَسْوَاسِ الْخَنَّاسِ. الَّذِى يُوَسْوِسُ فِى صُدُوْرِ النَّاسِ. مِنَ الْجِنَّةِ وَالنَّاسِ

Artinya: Dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang. Katakanlah, ‘Aku berlindung kepada tuhan manusia, raja manusia. Sesembahan manusia, dari kejahatan bisikan setan yang biasa bersembunyi. Yang membisikkan kejahatan ke dalam dada manusia. Dari setan dan manusia.’” (QS. An-Nas)

Membaca Tahlil dan Takbir

لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ وَاللهُ اَكْبَرُ

Artinya: Tiada tuhan yang layak disembah kecuali Allah. Allah maha besar.”

2 dari 3 halaman

Membaca Awal Surat Al-Baqarah

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ. المّ. ذَلِكَ الكِتابُ لاَرَيْبَ فِيْهِ هُدَى لِلْمُتَّقِيْنَ. الَّذِيْنَ يُؤْمِنُونَ بِالْغَيْبِ وَيُقِيْمُونَ الصَّلَاةَ وَمِمَّا رَزَقْنَاهُمْ يُنْفِقُونَ. وَالَّذِيْنَ يُؤْمِنُونَ بِمَا اُنْزِلَ اِلَيْكَ وَمَا اُنْزِلَ مِن قَبْلِكَ وَبِالْاَخِرَةِ هُمْ يُوقِنُونَ. اُولَئِكَ عَلَى هُدًى مِّن رَّبِّهِمْ، وَاُولَئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ .

Artinya: Dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang. Alif lam mim. Demikian itu kitab ini tidak ada keraguan padanya. Sebagai petunjuk bagi mereka yang bertakwa. Yaitu mereka yang beriman kepada yang ghaib, yang mendirikan shalat, dan menafkahkan sebagian rezeki yang kami anugerahkan kepada mereka. Dan mereka yang beriman kepada kitab Al-Qur’an yang telah diturunkan kepadamu (Muhammad SAW) dan kitab-kitab yang telah diturunkan sebelumnya, serta mereka yakin akan adanya kehidupan akhirat. Mereka itulah yang tetap mendapat petunjuk dari tuhannya. Merekalah orang orang yang beruntung.”

Membaca Surat Al-Baqarah Ayat 163

وَاِلَهُكُمْ اِلَهٌ وَّاحِدٌ لاَ اِلَهَ اِلاَّ هُوَ الرَّحْمَنُ الرَّحِيمُ

Artinya: Dan Tuhan kalian adalah Tuhan yang maha esa. Tiada tuhan yang layak disembah kecuali Dia yang maha pengasih lagi maha penyayang.” (QS. Al-Baqarah: 163)

Membaca Ayat Kursi

اللهُ لاَ اِلَهَ اِلاَّ هُوَ الْحَىُّ الْقَيُّومُ، لاَ تَاْ خُذُهُ سِنَةٌ وَلاَ نَوْمٌ، لَّهُ مَا فِى السَّمَوَاتِ وَمَا فِى الْاَرْضِ، مَنْ ذَا الَّذِى يَشْفَعُ عِنْدَهُ اِلاَّ بِاِذْنِهِ، يَعْلَمُ مَا بَينَ اَيْدِيْهِمِ وَمَا خَلْفَهُمْ، وَلاَ يُحْيِطُونَ بِشَيْءٍ مِّنْ عِلْمِهِ اِلاَّ بِمَا شَاءَ، وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَوَاتِ وَالْاَرْضَ، وَلاَ يَئُودُهُ حِفْظُهُمُا، وَهُوَ الْعَلِىُّ الْعَظِيْمُ 

Artinya: Allah, tiada yang layak disembah kecuali Dia yang hidup kekal lagi berdiri sendiri. Tidak mengantuk dan tidak tidur. Milik-Nya apa yang ada di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberikan syafa’at di sisi-Nya kecuali dengan izin-Nya. Dia mengetahui apa yang ada di hadapan dan di belakang mereka. Mereka tidak mengetahui sesuatu dari ilmu-Nya kecuali apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dia tidak merasa berat menjaga keduanya. Dia maha tinggi lagi maha agung.” (QS. Al-Baqarah: 255).

Membaca Istighfar 3 Kali

اَسْتَغْفِرُاللهَ الْعَظِيْمَ 

Artinya: Saya mohon ampun kepada Allah yang maha agung.” (3 kali). (Allah) yang tiada tuhan selain Dia yang maha hidup, lagi terjaga. Aku bertobat kepada-Nya.”

Tahlil 33 Kali

لَااِلَهَ اِلَّا اللهُ

Artinya: Tiada tuhan selain Allah.”

Membaca Dua Kalimat Syahadat

لَا اِلَهَ اِلَّا اللهُ مُحَمَّدٌ رَّسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

Artinya: Tiada tuhan selain Allah. Nabi Muhammad SAW utusan-Nya.”

Membaca Sholawat Nabi

 اَلَّلهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، اَلَّلهُمَّ صَلِّ عَلَيْهِ وَسَلِّمْ

Artinya: Ya Allah, limpahkan shalawat untuk Sayyidina Nabi Muhammad SAW. Ya Allah, limpahkan shalawat dan salam untuknya (Nabi Muhammad SAW).”

Membaca Tasbih

سُبْحَانَ اللهِ وَبِحَمْدِهِ، سُبْحَانَ اللهِ وَبِحَمْدِهِ.* 10  سُبْحَانَ اللهِ وَبِحَمْدِهِ، سُبْحَانَ اللهِ الْعَظِيْمِ وَبِحَمْدِهِ

Artinya: Maha suci Allah dan dengan memuji-Nya. Maha suci Allah dan dengan memuji-Nya. (10 kali). Maha suci Allah dan dengan memuji-Nya. Maha suci Allah yang maha agung dan dengan memuji-Nya.”

Membaca Sholawat Nabi

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى حَبِيْبِكَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ *3 اَجْمَعِيْنَ

Artinya: Ya Allah, tambahkanlah rahmat dan kesejahteraan untuk kekasih-Mu, yaitu pemimpin kami, Nabi Muhammad, keluarga, dan para sahabatnya semua. (3 kali). Al-Fatihah.”

Membaca Surat Al-Ahzab Ayat 56

اِنَّ اللهَ وَمَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ، يَا أَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيْمًا 

Artinya: Sungguh Allah dan para malaikat-Nya bershalawat untuk nabi. Wahai orang-orang yang beriman, bacalah shalawat untuknya dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.” (QS. Al-Ahzab: 56)

Membaca Surat Al-Fatihah

اَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ. بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ. اَلْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. اَلرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ. مَالِكِ يَوْمِ الدِّيْنِ. اِيَّاكَ نَعْبُدُ وَاِيَّاكَ نَسْتَعِيْنُ. اِهْدِنَا الصِّرَاطَ الَّمُسْتَقِيْمَ. صِرَاطَ الَّذِ يْنَ اَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوْبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّيْنَ. اَمِينْ

Artinya: Aku berlindung kepada Allah dari setan yang terlontar. Dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Yang maha pengasih lagi maha penyayang. Yang menguasai hari pembalasan. Hanya kepada-Mu kami menyembah. Hanya kepada-Mu pula kami memohon pertolongan. Tunjukkanlah kami ke jalan yang lurus, yaitu jalan orang-orang yang telah Kauanugerahi nikmat kepada mereka, bukan jalan mereka yang dimurkai dan bukan pula jalan mereka yang sesat. Semoga Kaukabulkan permohonan kami.” (QS. Al-Fatihah)

3 dari 3 halaman

Keutamaan Tahlil

Setelah mengetahui susunana bacaan doa tahlil singkat, sahabat Dream juga perlu mengetahui apa saja keutamaan dari tahlil. Di mana dengan mengetahuinya, sahabat Dream lebih bisa mengamalkannya dengan kesungguhan hati dan hanya untuk Allah SWT semata. Berikut adalah beberapa keutamaan tahlil yang penting sahabat Dream ketahui:

Bacaan Favorit Nabi Muhammad saw

Perlu sahabat Dream ketahui bahwa tahlil adalah bacaan favorit Nabi Muhammad saw. Hal tersebut seperti dijelaskan dalam hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah berikut:

Sebaik-baik perkataan yang aku ucapkan dan para nabi terdahulu adalah ucapan laailaaha illallah wahdah la syarikalah (tiada Tuhan selain Allah yang maha esa dan tiada sekutu baginya).”

Membaca Tahlil 100 Kali Sama Dengan Bebaskan Budak 10 Orang

Keutamaan tahlil berikutnya adalah dengan membaca tahlil sebanyak 100 kali, maka sam dengan membebaskan budak sebanyak 10 orang. Bahkan amalan itu juga dicatat sebagai 100 kebaikan, dihapuskan 100 keburukan, dan dijaga dari api neraka di hari itu sampai sore hari.

Dibukakan Pintu Surga

Dengan membaca tahlil, maka akan dibukakan pintu surga. Bahkan orang tersebut akan dibebaskan untuk masuk ke pintu surga dari pintu yang diinginkannya.

Doa Dikabulkan dan Sholatnya Diterima

Keutamaan yang terakhir dari membaca tahlil adalah dikabulkan doanya dan diterima sholatnya.

Beri Komentar
Jangan Lewatkan
More