10 Manfaat Gunung bagi Manusia yang Penting untuk Diketahui dan Dijaga

Reporter : Arini Saadah
Kamis, 16 Desember 2021 15:12
10 Manfaat Gunung bagi Manusia yang Penting untuk Diketahui dan Dijaga
Wilayah pegunungan menutupi sekitar 22 persen dari total permukaan bumi.

Dream - Letusan gunung berapi memang membuat ketakutan dan suasana menceka bagi warga sekitarnya. Namun di balik amukannya itu, gunung memiliki peran yang sangat besar bagi kelangsungan hidup manusia dan lingkungan.

Wilayah pegunungan menutupi sekitar 22 persen dari total permukaan Bumi. Areal pegunungan juga menjadi tempat hidup untuk 13 persen populasi dunia .

Kini pegunungan sedang menghadapi risiko perubahan iklim dan bencana alam lantaran suhu global terus meningkat. Selain itu, pegunungan yang dibabat habis juga menjadi penyebab utama datangnya bencana.

Setiap orang memiliki kewajiban untuk terus melindungi dan melestarikan keberadaan gunung. Apalagi Indonesia yang merupakan salah satu negara yang dikenal memiliki banyak gunung aktif dan wilayah pegunungan yang luas.

Tak hanya itu, pemerintah juga semestinya mulai sadar akan pentingnya menjaga gunung dari pembangunan yang merusak ekosistem dan mahkhluk hidup di dalamnya.

Berikut ini Dream rangkum dari berbagai sumber tentang manfaat gunung bagi manusia yang wajib diketahui agar terjaga kelestariannya.

1 dari 5 halaman

Manfaat Gunung bagi Manusia

Ilustrasi© Pixabay.com

1. Sebagai Penyedia Pangan

Manfaat gunung dikenal sebagai penyedia pangan. Banyak sumber makanan yang tumbuh subuh di area pegunungan. Mulai dari buah-buahan, sayuran, dan umbi-umbian. Diketahui enam dari 20 spesies tanaman yang memasok sebagian besar makanan dunia berasal dari daerah pegunungan.

Selain itu, masyarakat pegunungan juga mampu menghasilkan banyak makanan bermutu tinggi seperti kopi, kakao, madu, dan rempah-rempah.

Gunung juga menjadi sumber mata pencaharian masyarakat dan mampu meningkatkan perekonomian lokal. Maka dari itu sudah semestinya pemerintah dan masyarakat menjaga kelestarian gunung beserta isinya.

2. Penyedia Air Bersih

Manfaat gunung bagi kehidupan makhluk hidup yang tak kalah penting adalah sebagai penyedia air bersih. Manfaat gunung memainkan peran penting menyediakan jutaan kubik air bagi jutaan orang di seluruhh dunia. Hal ini karena gunung menyediakan 60 hingga 80 persen air tawar dunia.

Hal itu tidak berfungsi dengan baik jika pepohonan di gunung dibabat habis, sehingga penyerapan air tidak berjalan maksimal.

Perlu diketahui juga kota-kota besar di dunia seperti Melbourne, New York, Rio de Janeiro dan Tokyo bergantung pada pegunungan untuk mendapatkan air tawar. Selain itu beberapa negara juga mengandalkan air di daerah pegunungan untuk pembangkit listrik.

2 dari 5 halaman

Manfaat Gunung bagi Manusia

3. Menjaga Keragaman Hayati

Gunung dikenal sebagai tempat hidup keragaman hayati. Hampir berbagai macam spesies unik ditemukan di pegunungan. Untuk menjaga kelestarian keanekaragaman hayati, banyak gunung ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO dan cagar biosfer. Sebab semua meyakini bahwa gunung memainkan peran penting dalam pembangunan berkelanjutan dan konservasi keanekaragaman hayati.

25 persen keanekaragaman hayati dunia di darat bertempat tinggal di gunung. Tak hanya itu, hampir sepertiga dari hutan dunia yang ditemukan di daerah pegunungan, berisi beranekaragam jenis pohon khusus yang tidak dapat bertahan di bagian hilir.

Tak hanya mendukung ekosistem unik, pepohonan tersebut juga mampu mengatur iklim daerah, menyerap air hujan dalam jumlah besar, mencegah erosi, serta banjir dan tanah longsor.

4. Objek Pariwisata dan Pendakian

Manfaat gunung memang banyak sekali bagi kehidupan manusia dan makhluk di bumi. Tak hanya sebagai penyedia air dan pasokan bahan makanan, manfaat gunung juga bisa menjadi objek pariwisata yang menarik.

Bagi para pendaki gunung, manfaat gunung sebagai objek wisata seperti separuh dari jiwanya. Sebab dengan mendaki gunung akan didapatkan beragam pengetahuan dan pengalaman berharga.

Pegunungan mampu menarik sekitar 15-20 persen dari pariwisata global. Gunung juga merupakan wilayah keanekaragaman budaya, pengetahuan dan warisan dunia yang penting. Objek wisata di gunung juga bermanfaat mendongkrak perekonomian kecil warga setempat.

3 dari 5 halaman

Manfaat Gunung bagi Manusia

Ilustrasi© Pixabay.com

5. Penting bagi Kaum Muda

Kehidupan di gunung yang jauh dari fasilitas perkotaan kadang menyulitkan bagi para kaum muda pedesaan. Sehingga tak sedikit dari mereka yang memilih pergi merantau ke kota dan meninggalkan daerahnya. Hal ini menyebabkan berkurangnya kaum muda yang menetap di pegunungan sehingga tenaga kerja dii wilayah pegunungan semakin berkurang.

Maka dari itu kajian-kajian penting tentang hutan perlu diedukasi kepada masyarakat pegunungan, terutama kaum muda. Agar gunung tetap dihormati sebagai situs dunia yang perlu dilestarikan.

Kini hutan di gunung sering mengalami kebakaran karena ulah orang tak bertanggungjawab. Migrasi dari pegungan juga menyebabkan peningkatan lahan pertanian yang terlantar, degradasi dan seringkali kebakaran hutan. Di tingkat komunitas, nilai-nilai budaya dan tradisi kuno hilang.

6. Penting bagi Masyarakat Adat

Manfaat gunung yang juga perlu diperhatikan oleh pemerintah adalah karena gunung penting bagi masyarakat adat. Gunung sebagai sumber mata pencaharian dan sumber pangan masyarakat setempat. Bagi masyarakat adat, gunung adalah bagian dari leluhur yang perlu dijaga.

Banyak daerah pegunungan yang masih menampung masyarakat adat kuno yang memiliki dan memelihara pengetahuan, tradisi, dan bahasa yang berharga. Mereka telah mengembangkan sistem penggunaan lahan yang luar biasa dan memiliki kekayaan pengetahuan dan strategi yang terkumpul dari generasi ke generasi tentang bagaimana beradaptasi dengan variabilitas iklim.

Seperti pembangunan Ibukota Negara di Kalimantan Timur yang sedang dilakukan pemerintah saat ini sempat meresahkan masyarakat adat di sana. Mulai dari kehilangan mata pencaharian hingga kehilangan lahan.

4 dari 5 halaman

Manfaat Gunung bagi Manusia

7. Sebagai Objek Penelitian

Selain sebagai objek pariwisata, manfaat gunung juga dijadikan sebagai objek penelitian para mahasiswa dan peneliti. Sebab gunung menyimpan beragam misteri dan manfaat yang luar biasa. Selain itu, dengan mempelajari gunung akan diketahui pula potensi bencana yang ditimbulkannya.

Seperti gunung Merapi yang ada di perbatasan antara Propinsi Jawa Tengah dan Yogyakarta. Gunung tersebut sering erupsi sehingga sering dijadikan objek penelitian para mahasiswa atau peneliti yang berasal dari luar negeri tentang manfaat gunung setelah erupsi.

8. Penyedia Sumber Bahan Tambang

Manfaat gunung yang kerap dilirik oleh pengusaha adalah bahan tambang yang melimpah. Seperti ketika gunung erupsi, beribu ribu ton material dari dalam perut bumi dikeluarkan ke permukaan yang bisa digunakan untuk banyak keperluan mulai dari pasir, bebatuan hingga belerang yang bisa digunakan bahan baku obat dan pembuatan kosmetik.

5 dari 5 halaman

Manfaat Gunung bagi Manusia

Ilustrasi© Freepik.com

9. Menyuburkan Tanah

Tanah yang paling subur berada di skeitar pegunungan utamanya pada gunung berapi. Di pulau Jawa terkenal dengan tanahnya yang subur karena keberadaan banyak gunung api pada daerah tersebut. Abu vulkanik yang dihasilkan pada saat erupsi, nantinya akan menyebar ke beberapa wilayah sekitar pegunungan, kemudian membuat tanah menjadi subur.

10. Angin Gunung dan Angin Lembah

Tanpa gunung, tidak ada yang namanya angin gunung dan angin lembah. Masyarakat yang hidup di lereng pegunungan tentu membutuhkan angin gunung dan angin lembah. Sebab angin itu akan membawa awan penuh dengan uap air sehingga bisa menyebabkan hujan.

 

(Dilansir dari berbagai sumber)

Beri Komentar