6 Trik Mudah Meningkatkan Akses WI-FI Lemot di Rumah

Reporter :
Senin, 28 September 2020 06:36
6 Trik Mudah Meningkatkan Akses WI-FI Lemot di Rumah
Sudah pasang Wi-Fi namun akses masih saja lemot, ini solusinya.

Dream - Masa pandemik Covid-19 membuat setiap keluarga harus beraktivitas di dalam rumah. Hampir semua kegiatan bergantung pada akses internet baik melalui telepon seluler maupun fasilitas Wi-Fi yang terpasang di rumah. 

Untuk mereka yang mampu, layanan akses ke dunia maya melalui Wi-Fi dinilai lebih bisa diandalkan daripada menggunakan internet dari telepon seluler. Selain itu, akses internet dari Wi-Fi juga bisa dipakai untuk perangkat komputer jinjing (Laptop).

Masalah muncul ketika Wi-Fi di rumah tidak bisa bekerja optimal. Bisa karena akses yang sedang terganggu atau karena masalah yang sebetulnya sepele.

Nah agar pekerjaan kamu atau sekolah online anak tetap lancar menggunakan Wi-Fi, berikut adalah beberapa panduan dari Kaspersky yang bisa kamu gunakan untuk menghadapi masalah dengan fasilitas penyambung internet itu. 

 

1 dari 3 halaman

Cari Sumber Masalah

Jangan dulu emosional dengan menuduh perangkat Wi-Fi kamu rusak. Bisa jadi akses internet kamu terganggu karena masalah yang sebetulnya sepela. 

Pada tahap ini kamu harus terlebih dahuklu memastikan sumber penyebab akses internet Wi-Fi terganggu. Ada dua kemungkinan yang bisa terjadi yaitu sinyal Wi-Fi bermasalah atau kecepatan koneksi yang rendah dari ISP.

Mulailah dengan memeriksa kecepatan akses internet dengan melalui situs Speedtest.net atau nPerf.com . Jika kamu menemukan kecepatan transmisi data yang bagus di dekat router, tetapi buruk di dapur, maka persoalannya adalah jangkauan Wi-Fi yang dipakai memang terbatas.

Coba Atur Antena Wi-Fi

Cobalah untuk berekspresimen dengan posisi router dan sudut antena untuk meningkatkan kekuatan jangkauan Wi-Fi. Coba juga cek tempat kita menyimpan router.

Biasanya router yang terletak di tempat yang terbuat dari logam atau beton bertulang akan membatasi jangkauan Wi-Fi.  

Pastikan juga router kamu tidak terhalang sesuatu. Untuk diketahui kulkas, microwave, ataupun alat pengawas bayi (baby mnitor) adalah musuh gelombang radio yang bisa mengganggu Wi-Fi kamu.

 

2 dari 3 halaman

Konfigurasi Saluran

Wifi beroperasi dalam serangkaian pita sempit, yang disebut saluran, dari spektrum radio. Ada beberapa saluran tersedia meskipun jumlah perangkat yang ingin menggunakannya banyak. Saluran paling populer digunakan adalah 2,4 GHz yang biasa dapat tersumbat oleh jaringan dari perangkat lain.

Coba me-reboot router kamu agar bisa memilih saluran yang paling bebas dari gangguan. Beberapa router juga memungkinkan pengguna untuk mengubah kekuatan sinyal Wi-Fi. Periksa setelan router untuk melihat apakah sudah disetel ke nilai maksimum, dan jika tidak, maka itu dapat dilakukan.

Pindah ke 5 GHz

Saat spektrum 2,4 GHz di tempat kalian tinggal tersumbat oleh jaringan orang lain, dan 5 GHz tersedia, pembaruan perangkat Wi-Fi adalah solusinya. Kamu dapat mencoba meningkatkan ke versi yang lebih modern dengan dukungan untuk standar 802.11ac (alias Wi-Fi 5).

Namun cara ini juga bukan jaminan jika jaringan 2,4 GHz saja tidak dapat menjangkau seluruh bagian rumah karena jarak dan banyak dinding beton bertulang.

 

3 dari 3 halaman

Gunakan Kabel

Kebiasaan dan kenyamanan menggunakan Wi-Fi membuat kita melupakan Ethernet berkabel yang sudah ada sejak lama dan memberi koneksi lebih bagus. Menggunakan koneksi kabel memberikan dua manfaat yaitu dapat menyelesaikan masalah di ruangan yang sulit menerima Wi-F dan kualitas koneksi nirkabel pada perangkat lainnya cenderung meningkat.

Tentu, kamu tidak dapat menghubungkan ponsel cerdas atau tablet dengan cara ini, tetapi tidak masalah untuk komputer desktop atau TV pintar.

Menghubungkan jaringan Mesh

Di tingkat yang lebih tinggi kamu bisa menggunakan jaringan Mesh yang membuat area cakupan jaringan Wi-Fi bisa lebih luas. Biasanya teknik ini dilakukan  dengan menambah titik akses tambahan dari router utama. 

 

Berbeda dengan repeater tradisional, sistem ini dikelola secara terpusat sehingga menghemat banyak waktu dan tenaga. Jika kamu dapat menghubungkan titik akses ke router melalui Ethernet, hal itu akan meningkatkan kecepatan dan area jangkauan.

Tentu saja untuk teknik terakhir ini kamu harus mengeluarkan biasa untuk pemasangan perangkatnya.  

Beri Komentar