Tangkal Berita Hoax di Masyarakat dengan Fitur Chatbot Cek Fakta

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Selasa, 22 Juni 2021 22:13
Tangkal Berita Hoax di Masyarakat dengan Fitur Chatbot Cek Fakta
Berita hoax sering meresahkan, ya, Bun?

Dream – Seiring dengan perkembangan teknologi, banyak sekali berita beredar di dunia maya. Salah satunya berita hoax alias kabar bohong.

Untuk melawan misinformasi dan disinformasi yang beredar di masyarakat, KapanLagi Youniverse dan Liputan6.com meluncurkan fitur Chatbot WhatsApp Liputan6.com Cek Fakta.

Chief Content Officer (CCO) KLY, Wenseslaus Manggut, mengatakan Cek Fakta adalah pekerjaan kolosal. Sebab, hoaks bertebaran di banyak tempat, masif, dan datang dalam beragam topik serta platform.

“ Oleh karena itu, upaya memberantasnya tidak bisa dilakukan pemerintah saja, media saja, platform saja, tapi juga harus melibatkan sebanyak mungkin elemen masyarakat dan publik,” kata dia di Jakarta, dikutip dari keterangan tertulis, Rabu 23 Juni 2021.

Fitur Chatbox WhatsApp Liputan6.com Cek Fakta, lanjut Wens, menjadi solusi teknologi untuk mengikutsertakan publik dalam pekerjaan kolosal tersebut.

“ Agar kita semua ramai-ramai menyapu sampah yang mengotori ruang publik digital,” tambah dia.

1 dari 2 halaman

Mengapa WhatsApp?

Ada sederet platform perpesanan yang tersedia, tapi mengapa WhatsApp yang dipilih? Pemimpin Redaksi Liputan6.com, Irna Gustiawati, mengatakan aplikasi ini sangat populer di Indonesia.

Irna berharap layanan ini bisa menghubungkan jutaan pengguna WhatsApp dengan informasi antihoax yang diproduksi oleh tim Cek Fakta Liputan6.com.

“ Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta ini akan memudahkan publik melawan hoaks dengan cara yang sangat simpel, melalui aplikasi percakapan yang digunakan sehari-hari,” kata Irna.

Product Director KLY, Ivan Valentino, menambahkan fitur Chatbot WhatsApp Liputan6.com Cek Fakta bisa menjadi solusi untuk menangkal hoax. Ini alasan KLY dan Liputan6.com menggandeng WhatsApp untuk merilis fitur tersebut.

“ Penyebaran informasi kini bertumbuh makin cepat, sehingga makin sulit untuk membedakan kebenaran sebuah berita,” kata dia.

2 dari 2 halaman

Lalu, Bagaimana Cara Menggunakannya?

Agar bisa menggunakan fitur ini, Sahabat Dream bisa menambahkan nomor 0811-9787-670 atau mengeklik tautan ini: https://wa.me/628119787670?text=halo.

Kemudian, kamu bisa mengirimkan kata kunci. Setelah itu, Sahabat Dream bisa mendapatkan jawaban dari informasi yang tersedia di database Liputan6.com.

Irna berharap, kemudahan untuk memverifikasi informasi melalui Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta akan mengundang partisipasi aktif masyarakat untuk melawan kabar bohong. “ Dengan begitu akan semakin banyak pengguna yang terjaga kewarasannya dan tidak lagi dipermainkan para pembuat hoaks,” kata dia.

Beri Komentar