Komentar Ngasal Netizen Bahas Penyebab Batu Terbelah Sempurna di Saudi, Ulah Alien?

Reporter : Arini Saadah
Sabtu, 9 Oktober 2021 11:01
Komentar Ngasal Netizen Bahas Penyebab Batu Terbelah Sempurna di Saudi, Ulah Alien?
Benarkah alien yang membelah batu Al Naslaa secara sempurna?

Dream - Al Naslaa merupakan bongkahan batu besar dengan formasi geologis yang menarik sepanjang sejarah. Batuan yang terletak di Arab Saudi ini mengundang perhatian karena bagian tengahnya seperti terbelah dengan sempurna.

Hingga saat ini kalangan ilmuwan masih belum bisa menjelaskan secara ilmiah proses pembelahan batu tersebut. Saking misterinya, beberapa warganet meyakini batu tersebut terbelah karena ulah alien yang pernah datang ke Bumi.

Dilansir dari dailystar.co.uk, ahli geologi menduga belahan yang rapi dan lurus itu merupakan hasil dari pelapukan beku-cair, proses dimana air menetes ke dalam celah, membeku dan kemudian membelah batu menjadi dua.

Namun tidak demikian dengan ulasan warganet yang terkenal sering ngelantur dalam komentarnya.

 

1 dari 3 halaman

Komentar Ngasal Netizen

Mereka Melihat penampakan batu yang terbelah sempurna itu akibat alien pernah datang ke bumi dan memotongnya menggunakan sinar laser.

" Menarik sekali, saya menduga simetris sempurna batu itu merupakan hasil dari sinar laser alien yang memotongnya menjadi dua," kata salah satu pengguna internet.

" Saya tidak yakin itu perbuatan alien, tapi bisa jadi itu memang tindakan alien," kata pengguna yang lain.

Hingga berita ini ditulis, banyak pengguna media sosial semakin yakin bahwa batu itu dibelah oleh alien yang sengaja datang ke bumi.

Ilustrasi© alokeme via dailystar.co.uk

Pengguna lain menduga batu Al Naslaa dibuat ketika alien menggunakan " penunjuk laser super di beberapa planet acak yang ditemukan spesies mereka dan secara tidak sengaja memotong batu menjadi dua" .

Ahli Geologi menyebutkan fakta di balik penampilan luar biasa batu terbelah itu kemungkinan malah kurang menarik perhatian.

 

2 dari 3 halaman

Pendapat Ahli Geologi

Seorang peneliti Universitas Bristol, Cherry Lewis, mengatakan penyebab pembelahan batu tersebut kemungkinan hasil dari pelapukan beku-cair.

" (Retak) bisa terbentuk karena proses yang disebut pelapukan beku-cair, yang terjadi ketika air masuk ke celah kecil di batu," ujar Cherry Lewis.

Menurut Lewis, saat suhu turun, air membeku dan mengembang yang menyebabkan retakan melebar dan memanjang. " Nah saat es mencair, air masuk semakin dalam ke celah."

Ilustrasi© reddit.com/cherrythrow

 

3 dari 3 halaman

Proses Jutaan Tahun

Ia menjelaskan proses itu berlangsung selama ribuan hingga jutaan tahun lamanya hingga akhirnya batu Al Naslaa tampak terbelah sempurna.

" Prosesnya berulang selama ribuan, atau bahkan jutaan tahun hingga akhirnya batu itu terbelah. Proses ini, ditambah dengan erosi angin - yang, di lingkungan gurun, seperti ledakan pasir - juga bisa menjelaskan mengapa batu itu berdiri sendiri seperti itu," lanjutnya.

Namun demikian penjelasan yang masuk akal tersebut tidak akan mampu meyakinkan semua orang. Mereka tetap meyakini belahan batu yang sempurna itu adalah hasil kerja alien.

" Jelas laser tetrodecimal dari pesawat pendarat antar-jemput galaksi," kata pengguna internet.

Apabila belahan batu itu adalah aksi alien yang bertujuan membingungkan manusia, maka mereka telah berhasil melakukan pekerjaannya dengan baik.

Beri Komentar