Cegah Munculnya Benjolan di Ketiak Akibat Waxing

Reporter : Cynthia Amanda Male
Selasa, 21 Desember 2021 12:45
Cegah Munculnya Benjolan di Ketiak Akibat Waxing
Hal yang sama bisa terjadi ketika mencukur bulu dengan alat pencukur biasa.

Dream – Ketiak menjadi salah satu area yang cukup sering diterapkan perawatan waxing. Pasalnya, waxing dapat membuat bulu ketiak tampak lebih bersih dan mulus tanpa bulu.

Prosesnya juga lebih cepat dan praktis daripada harus mencukur bulu menggunakan alat pencukur biasa. Sayangnya jika tidak hati-hati, proses waxing bisa menyebabkan timbulnya benjolan atau bukit-bukit kecil.

Munculnya benjolan tersebut disebabkan oleh helai rambut yang terjebak di bawah permukaan kulit atau sering disebut in-grown hair. Jika ingin mencukur bulu ketiak tanpa menyebabkan hal tersebut, kamu bisa mengikuti tips dari Dermatologis, Arthur Simon.

1 dari 3 halaman

Waxing searah dengan arah pertumbuhan rambut

Mencukur Bulu Ketiak© Shutterstock

Mencukur atau menarik rambut dengan arah yang berlawanan dari arah tumbuhnya rambut bisa menyebabkan in-grown hair serta benjolan kecil. Jadi, pastikan kamu mencukur dan melakukan waxing searah dengan arah tumbuhnya rambut. Sehingga, ketiak akan terlihat lebih mulus dan bersih.

Mengeksfoliasi kulit ketiak setelah mencukur bulu atau waxing

Anda perlu melakukan eksfoliasi sehari atau dua hari setelah waxing atau mencukur bulu ketiak. Kamu bisa mengeksfoliasi kulit ketiak menggunakan scrub yang butirannya cukup halus.

Jangan gosok scrub terlalu kasar pada kulit ketiak yang telah dicukur atau waxing. Hal tersebut bisa menyebabkan kulit kemerahan dan teriritasi. Lakukanlah dengan perlahan atau konsultasikan dengan dermatologis untuk memilih cara eksfoliasi yang cocok untukmu.

Laporan: Anzila Riskia Putri

2 dari 3 halaman

3 Hal Ini Sebabkan Kulit Ketiak Menghitam

Dream - Kesehatan kulit ketiak seringkali diabaikan. Umumnya, pemilihan produk yang perawatan kulit yang digunakan pada ketiak hanya bertujuan untuk mencegah munculnya bau tak sedap dan produksi keringat berlebihan.

Padahal jika tidak selektif memilih produk, ketiakmu akan menggelap dan akhirnya membuatmu kurang percaya diri ketika memakai beberapa pakaian yang tidak berlengan.

Di samping pemakaian produk yang kurang tepat, ketiak hitam juga bisa disebabkan oleh beberapa hal lainnya seperti disebutkan dalam siaran pers 'Tuntaskan Masalah Kulit Ketiak Hitam' dari ZAP Clinic.

3 dari 3 halaman

1. Mencukur rambut ketiak terlalu sering

Mencukur Bulu Ketiak© Shutterstock

Walaupun ketiak akan terlihat lebih mulus jika sering dicukur, namun ternyata kebiasaan tersebut dapat meningkatkan produksi sel pigmen. Sehingga, kulit ketiak akan menjadi lebih hitam secara berkala.

2. Merokok

Selain mengganggu kesehatan paru-paru, merokok juga bisa membuat ketiak menghitam. Pasalnya, kebiasaan merokok bisa menyebabkan terjadinya hiperpigmentasi kulit. Jadi, hindarilah kebiasaan tersebut jika ingin mencegah hiperpigmentasi pada ketiak atau area kulit lainnya.

3. Menggunakan produk yang mengandung aluminium

Salah satu kandungan pada deodoran yang bisa menyebabkan kulit ketiak menghitam adalah aluminium. Kandungan aluminium dalam deodoran akan berinteraksi dengan bakteri hidup pada ketiak dan menyebabkan ketiak menghitam.

Beberapa bahan kimia pada deodoran juga dapat membuat kulit ketiak teriritasi dan mengalami berbagai masalah. Selalu perhatikan kandungan pada deodoran untuk memerhatikan bahan yang cocok dan tidak cocok pada kulitmu. Sehingga, produk tersebut lebih aman untuk digunakan pada ketiak.

Beri Komentar