Perlukah Menunggu Skincare Terserap Sebelum Memakai Produk Lainnya?

Reporter : Cynthia Amanda Male
Selasa, 12 Oktober 2021 07:35
Perlukah Menunggu Skincare Terserap Sebelum Memakai Produk Lainnya?
Ketahui cara menggunakan produk perawatan kulit agar tetap efektif dan tidak menyebabkan efek samping.

Dream – Setiap kali memakai produk perawatan kulit, disarankan untuk selalu menunggu hingga produknya terserap sempurna sebelum berlanjut ke tahapan selanjutnya.

Itu artinya kamu akan membutuhkan waktu semakin lama untuk melakukan perawatan kulit jika produknya pun cukup banyak. Akhirnya, tidak sedikit orang yang kerap mengaplikasikan produk perawatan kulit tanpa menunggu formulanya benar-benar terserap.

Sebenarnya, pentingkah menunggu produk perawatan kulit hingga benar-benar terserap? Apakah efektivitasnya akan berkurang jika suatu produk langsung ditumpuk dengan yang lainnya?

1 dari 3 halaman

Terkadang tidak perlu menunggu

Menggunakan Produk Perawatan Kulit© Shutterstock

Dilansir dari Pop Sugar, Blair Murphy-Rose, MD, FAAD, dokter kulit asal New York merekomendasikan untuk melakukan rutinitas perawatan kulit yang sederhana, mudah, dan tidak memerlukan jeda di antara pemakaian produk.

Menurutnya, perawatan kulit yang sederhana akan memudahkan seseorang serta menghemat waktu sebelum beraktivitas di setiap hari.

2 dari 3 halaman

Tips menggunakan produk perawatan kulit

Memakai Serum© Shutterstock

Ia pun menjelaskan bahwa pemakaian pelembap setelah serum seharusnya tidak perlu menunggu waktu terlalu lama.

Seseorang bisa langsung memakai pelembap setelah serum. Murphy-Rose juga menyarankan agar mengaplikasikan serum atau krim retinol saat wajah bersih dan kering.

Jangan aplikasikan retinol saat wajah masih basah setelah dibersihkan. Retinol juga tidak disarankan untuk dipakai di waktu yang sama dengan vitamin C. Kamu bisa memakainya di hari yang berbeda jika ingin lebih aman.

3 dari 3 halaman

Perhatikan juga kandungan produk

Dia sendiri menyarankan untuk menggunakan vitamin C di pagi hari dan retinol di malam hari. Selain vitamin C, retinol juga tidak disarankan dipakai bersamaan dengan benzoyl peroxide yang biasa digunakan sebagai obat jerawat.

Retinol dapat menyebabkan pemakaian produk lainnya tidak begitu efektif. Pemakaian niacinamide dan vitamin C tidak disarankan dilakukan di waktu yang sama. Jika tetap ingin memakainya, biarkan selama 10 menit sebelum menumpuk kedua produk tersebut.

Perhatikan juga kandungan produk yang digunakan agar tidak menyebabkan efek samping buruk pada kesehatan kulit. Jangan sampai wajahmu mengalami iritasi atau alergi akibat kandungan tertentu.

Laporan: Elyzabeth Yulivia

Beri Komentar