5 Destinasi Wisata di India yang Cocok untuk 'Solo Traveler'

Reporter : Dwi Ratih
Sabtu, 10 Desember 2022 06:40
5 Destinasi Wisata di India yang Cocok untuk 'Solo Traveler'
Nggak ada salahnya untuk menikmati keindahan alam seorang diri.

Dream - Bepergian kemanapun selalu membuat perasaan menjadi senang dan antusias meski sebelumnya tubuh dan pikiran dilanda stres atau lelah.

Pengalaman perjalanan dapat membuat perasaan bahagia apalagi melepaskan diri dari tumpukan pekerjaan sehari-hari untuk beberapa waktu ke depan.

Dengan traveling kamu bisa memiliki pengalaman hidup dan tentunya bermanfaat bagi kesehatan fisik, mental, dan emosional.

Tak ada salahnya untuk coba eksplorasi jiwa traveling mu seorang diri. Di India ada beberapa destinasi yang dapat didatangi para solo traveler tanpa khawatir bingung dan takut.

Diketahui, solo traveling di India kini menjadi populer dan menciptakan banyak kebebasan untuk mengunjungi berbagai tempat.

Dengan menjelajahi tempat baru akan membantu orang tersebut keluar dari zona nyamannya. Hal ini juga akan membantu meningkatkan semangat kamu saat kembali ke rumah untuk menjalankan aktivitas sehari-hari.

Tempat-tempat menarik yang direkomendasikan untuk dikunjungi setidaknya sekali seumur hidup adalah Manali, Srinagar, Rishikesh, Udaipur, Goa, Mumbai, Shimla, Allepy, Kutch, Darjeeling, Pondicherry, Varanasi, dan Dharamshala.

1 dari 5 halaman

1. Manali

Manali dikenal sebagai tanah jaminan. Perjalanan sendirian mungkin menakutkan untuk dilakukan, tetapi saat mencapai Manali, ketakutan bakal menghilang.

Manali memiliki langit cerah dan udara jernih di atas salju. Kamu juga bisa merasakan nikmatnya keindahan alam matahari terbenam di pegunungan yang tertutup salju.

Kota ini paling cocok untuk treking di lembah Parvati, paralayang dan mendaki gunung, dan arung jeram di dekat Sungai Beas.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Manali untuk merasakan salju adalah dari Desember hingga Maret. Beberapa paket tur Manali tersedia dengan harga terjangkau.

Saat malam hari, Manali memiliki kehidupan yang tenang. Manali juga memiliki berbagai kafe hingga lounge, sehingga wisatawan menikmati kegiatan petualangan di Manali.

2 dari 5 halaman

2. Srinagar

Srinagar dikenal sebagai surga bumi dan terletak di wilayah persatuan Jammu & Kashmir tepi Sungai Jhelum. Srinagar juga populer dengan rumah perahu yang dikenal sebagai shikara di Danau Dal.

saat kamu berkunjung ke Srinagar, jangan lupa untuk mengabadikan pemandangan paling indah dari Kashmir ke Ladakh.

Ilustrasi© Shutterstock

Tempat-tempat perjalanan solo ini terkenal di India dan mengingatkan Kargil akan jalan lembah tertinggi di dunia. Untuk merasakan perjalanan ini, diperlukan ransel, sepeda, dan kamera untuk menjelajahi jalan dari Srinagar ke Leh-Ladakh.

3 dari 5 halaman

3. Udaipur

Udaipur dikenal sebagai kota danau, karena Rajasthan adalah tempat tinggal para Maharaja di mana tempat itu merupakan warisan budaya yang terkenal.

Di sana kamu bisa berkunjung ke istana kerajaan seperti Havelis, kuil, dan benteng. Wisatawan yang pergi sendirian dapat merasakan keindahan sejarah, danau, dan makanan lezat yang eksotis.

Udaipur juga terkenal sebagai Venesia dari Timur dan dianggap sebagai kota romantis di India.

Di sana ada juga pemandangan benteng Kumbhalgarh dan Gunung Abu, serta Kuil Nathdwara yang terkenal berjarak sekitar 60 km dari Udaipur. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah Oktober hingga Maret dan musim dinginnya sangat menyenangkan sehingga ideal untuk bepergian.

4 dari 5 halaman

4. Goa

Keindahan pantai di kawasan mampu menyita perhatian para turis dari banyak negara sehingga membuat Goa cocok untuk wisatawan yang bepergian sendirian karena bisa menjalin pertemanan baru dan menikmati liburan sepenuhnya di lingkungan baru.

Ilustrasi© Shutterstock

November hingga Februari adalah waktu terbaik untuk mengunjungi Goa karena cuacanya yang ideal, tidak terlalu panas dan dingin.

Goa Utara dianggap sebagai pusat kehidupan malam dan Goa selatan penuh dengan resor dan pantai mewah, lho!

5 dari 5 halaman

5. Shimla

Shimla adalah kota kecil lain di Himalaya yang menjadi tempat terbaik untuk perjalanan wisatawan solo di India.

Jalan Mall Shimla adalah pilihan sempurna untuk bersantap di kafe, dan restoran dan memiliki pemandangan tempat yang memukau.

Shimla sendiri telah dianggap sebagai situs Warisan oleh UNESCO. Terlebih cuaca di daerah ini yang sejuk dan menyenangkan jadi lokasi ideal untuk dikunjungi.

Waktu yang tepat untuk mengunjungi Shimla direkomendasikan sekitar Maret hingga Juni. Tapi jika kamu mau menikmati salju, bisa datang saat November hingga Februari.


Sumber: Tourtravelworld.com, Laporan: Rena Safira

Beri Komentar