5 Museum Seru dan Unik di Jepang, ke Sana yuk!

Reporter : Dwi Ratih
Jumat, 9 Desember 2022 12:45
5 Museum Seru dan Unik di Jepang, ke Sana yuk!
Kamu bisa ajak anggota keluarga lain atau kerabat untuk bisa mengenal Jepang lebih dekat.

Dream - Terkenal dengan ragam wisata, seperti theme park, bangunan bersejarah, wisata alam, keindahan tata kota, dan kuliner lezat, Jepang selalu jadi magnet turis.

Negeri Sakura juga kaya dengan museum yang layak banget dijelajahi para wisatawan untuk mengenali lebih dalam sejarahnya. Tak cuma barang sejarah, seperti artefak saja, museum di Jepang juga menyimpan kisah dan desain arsitektur menarik dan unik.

Ilustrasi© Shutterstock

Berikut ada lima museum yang dapat kamu jadikan referensi sebagai destinasi wisata selama di Jepang. Kamu bisa ajak anggota keluarga lain atau kerabat untuk bisa mengenal Jepang lebih dekat.

Apa saja, ya? Simak sampai selesai, yuk!

1 dari 5 halaman

Hakone Open Air Museum

Di museum ini kamu dapat menikmati lebih dari 700 benda bersejarah dan karya seni dari seniman Jepang dan luar negeri yang dipresentasikan di alam terbuka seperti rumput dan pepohonan hijau, kolam air, serta langit biru sebagai latar belakang.

Tak cuma area outdoor saja, kamu tetap bisa melihat-lihat karya seni di area dalam ruangan. Salah satunya di Aula Pameran Picasso yyang memamerkan dua cerita lukisan, patung, dan karya keramik.

Ilustrasi© Shutterstock

Tenang saja buat kamu yang datang membawa keluarga, di sini ada tempat bermain terbuka untuk anak-anak di mana mereka bebas berlarian dan bermain.

Untuk sampai ke museum ini, kamu dapat berjalan kaki sekitar 15 menit dari Chokoku no Mori Station di jalur Hakone Tozan Railway, berbeda satu stasiun dengan Gora Station.

2 dari 5 halaman

Museum seni MOA

Museum Seni MOA yang terletak di atas bukit di sebelah utara Atami memamerkan karya seni berupa keramik, patung, logam, dan kaligrafi dari Asia Timur yaitu Jepang dan Tiongkok.

Tercatat ada 3.500 karya seni yang dipamerkan di museum ini.

Ilustrasi© Shutterstock

Beberapa karya tersebut rupanya berasal dari ribuan tahun lalu dan di antara koleksinya merupakan Pusaka Nasional.

Salah satunya adalah mahakarya Ogata Korin " Red and White Plum Blossoms" yang dilukis di atas sepasang layar lipat dua panel.

Jika kamu ingin berkunjung ke museum ini, kamu bisa menggunakan kereta api, termasuk shinkansen, bus atau taksi.

Museum Seni MOA berada sangat dekat dengan Stasiun Atami, perhentian kereta api cepat. Dari sana, kamu bisa lanjut naik bus menuju museum dan tiba dalam waktu tujuh menit atau menggunakan taksi selama lima menit.

3 dari 5 halaman

Museum Bom Atom Nagasaki

Saat sekolah, kisah jatuh dan meledaknya bom atom di Hiroshima dan Nagasaki pastinya sudah Sahabat Dream ketahui.

Tragedi yang terjadi pada 9 Agustus 1945 silam itu jadi momen yang tak pernah terlupakan bagi warga Jepang sendiri.

Detik-detik kejadian itu pun dirangkum di Museum Bom Atom Nagasaki untuk mengenang dan menghormati para korban dan penyintas bom atom.

Ilustrasi© Shutterstock

Saat memasuki museum ini, kamu akan melihat menara air yang hancur di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Keiho yang cuma berjarak 800 meter dari lokasi meledaknya bom.

Struktur tersebut hanyalah salah satu dari sekian banyak yang menunjukkan kehancuran yang ditimbulkan bom di daerah tersebut.

Lokasi museum ini terletak dekat dengan Taman Perdamaian Nagasaki dan berada di sebelah Balai Peringatan Perdamaian Nasional Nagasaki untuk Korban Bom Atom yang dibuka pada tahun 2003.

4 dari 5 halaman

Museum Hoki

Jadi museum pertama di Jepang khusus lukisan realis, Museum Hoki didirikan pada 2010 yang menampilkan 120 karya secara permanen dari 60 seniman.

Punya ruang galeri sekitar 500 meter, Museum Hoki terbagi jadi tiga lantai berupa satu lantai atas dan dua lantari bawah tanah.

Karya seni yang dipamerkan di Museum Hoki sebagian besar merupakan lukisan bergaya realis sebagaimana para seniman tersebut memandang dunia.

Ilustrasi© Shutterstock

Pembuatan karya-karya ini diketahui memakan waktu lama agar menghasilkan karya yag intim, detail dan mengesankan agar pesan dapat tersampaikan untuk para pengunjung.

Untuk ke sini, kamu bisa naik JR Sotobo Line menuju ke Stasiun Toke. Dari pintu keluar selatan, pilih bus jurusan Asumigaoka Brand New Mall selama lima menit ke pemberhentian Asumigaoka Higashi 4-chome.

Dari sana, cukup memakan waktu semenit dengan berjalan untuk sampai ke museum.

5 dari 5 halaman

Museum Penerbangan Hamamatsu Air Park

Para pecinta pesawat terbang tampaknya sangat senang jika ke sini. Bisa dibilang Museum Penerbangan Hamamatsu Air Park merupakan pangkalan angkatan udara yang masih aktif sehingga kamu bisa melihat dari dekat aneka pesawat terbang yang ada.

Tak cuma melihat dari luar saja, ketika berada di sini kamu juga bisa melihat bagian dalam pesawat terbang baik yang masih digunakan maupun koleksi permanen

Termasuk F-86F yang digunakan dalam film asli Godzilla dan helikopter V-107 yang digunakan dalam film King Kong vs. Godzilla serta Godzilla vs. Mothra.

Ilustrasi© Shutterstock

Makin merasakan experiece di dunia penerbangan, kamu pun dapat melihat dengan detail replika pesawat Perdana Menteri Jepang dan bisa mengenakan seragam pilot dan berfoto di ruang kokpit.

Untuk merasakan menerbangkan pesawat menggunakan simulator, kamu harus membuat reservasi terlebih dahulu, Sahabat Dream.

Dari Stasiun Hamamatsu ambil pintu keluar utara ke terminal bus. Naik bus nomor 51 dari pangkalan bus nomor 14 dan turun di Perhentian Bus Izumiyonchome.

Jadi, siap untuk 'museum day' di Jepang?

Sumber: Japan.travel, Laporan: Rena Safira

Beri Komentar