Potensi Museum Subak di Bali, Bisa Cuan Dobel dari Wisata dan Pertanian

Reporter : Dwi Ratih
Selasa, 10 Januari 2023 18:45
Potensi Museum Subak di Bali, Bisa Cuan Dobel dari Wisata dan Pertanian
Sebelumnya sistem ini telah mendapat pengakuan UNESCO sebagai warisan budaya dunia.

Dream - Keberadaan Museum Subak di Tabanan, Bali, sebagai sarana wisata edukasi bagi wisatawan mendapat apresiasi dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno.

Subak atau sistem pengairan sawah (irigasi) digunakan dalam bercocok tanam padi di Bali. Sistem ini telah mendapat pengakuan UNESCO sebagai warisan budaya dunia.

" Seperti kita ketahui Subak ini sudah mendapatkan pengetahuan UNESCO di tahun 2012. Dan ini sangat menarik karena merupakan kearifan lokal yang masih sangat kental dan relevan di masa kini di mana kita memerlukan ketahanan dan kedaulatan pangan," kata Sandiaga saat visitasi ke Museum Subak di Tabanan, Sabtu 31 Desember 2022.

Kehadiran sistem Subak di Bali rupanya telah memberikan dampak luas, salah satunya di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

1 dari 3 halaman

Di Provinsi Bali, beberapa waktu lalu telah dilakukan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Marriott Group dengan UMKM Bali yang difasilitasi Pemprov Bali untuk memasok berbagai kebutuhan termasuk beras.

" Tabanan sendiri kan jadi lumbung padi bukan hanya di Bali tapi nasional, dan kemarin kami mengapresiasi dengan penandatanganan PKS antara pemerintah Provinsi Bali dan hotel-hotel di bawah grup Marriot yang nantinya sebagian besar disupply dari Tabanan. Ini yang harus ditiru, diaplikasi di daerah lainnya sehingga petaninya sejahtera, ekonomi masyarakat semakin meningkat," kata Sandiaga.

Ditemani Wakil Bupati Tabanan, I Made Edi Wirawan, Sandiaga mendorong agar pengelolaan Museum Subak dapat dimaksimalkan dengan melakukan inovasi, adaptasi, dan kolaborasi.

Termasuk dengan penambahan atraksi dan membantu promosi sehingga dapat menarik lebih besar minat kunjungan wisatawan.

Sumber: Kemenparekraf.go.id

Laporan: Rena Safira

2 dari 3 halaman

Ide Liburan Sehat di Bali, Bareng Keluarga Makin Asyik

Dream - Jangan takut kehabisan ide berkegiatan saat berlibur ke Bali. Ada banyak cara untuk menikmatkan liburan di Pulau Dewata.

Memang banyak tempat di Bali yang bisa dieksplor, mulai dari sekadar bermain di pantai, menikmati budaya Bali yang masih kental, ataupun menenangkan pikiran di Ubud. 

Belajar Sejarah dengan Berkunjung ke Museum-Museum di Jakarta

Kita juga bisa melakukan liburan sehat di Bali. Kita bisa berolahraga santai sambil berlibur. Berikut ini beberapa aktivitas yang bisa dilakukan bila ingin melakukan liburan sehat di Bali:

  • Trekking ke Sawah Terasering Tegallang

Bagi yang mencari wisata serba hijau untuk membuat mata adem, jawabannya adalah datang ke kawasan wisata sawah terasering Tegallang. Di sini kamu bisa melakukan trekking dengan suasana sejuk berkat lokasinya yang berada di Ubud. 

© Ilustrasi/Shutterstock

Main-Main ke Resor Eksotis di Raja Ampat, Liburan Semakin Seru!

Aktivitas yang bisa dilakukan bersama keluarga juga sangat beragam, misalnya mempelajari subak yang merupakan sistem irigasi bertingkat dan telah diakui sebagai UNESCO World Heritage List. Kamu juga bisa mencoba kopi luwak yang diolah secara tradisional oleh warga lokal. 

  • Bersepeda Santai di Desa Jatiluwih

Kalau hobi kamu adalah bersepeda, wajib datang ke desa wisata Jatiluwih. Desa ini memiliki jalur setapak berdampingan persawahan di sekitarnya, lengkap dengan aktivitas warga lokal yang juga menarik, seperti bertani atau beternak.

© Ilustrasi/ Shutterstock

3 dari 3 halaman

Menjajal Olahraga Air di Pantai Tanjung Benoa

Main air di pantai rasanya wajib dilakukan saat di Bali. Kamu bisa datang ke Pantai Tanjung Benoa yang jadi salah satu destinasi wisata wajib di Pulau Dewata. 

© Ilustrasi/Shutterstock

Menikmati Keindahan & Kekayaan Sumba di NIHI, Hotel Terbaik Dunia

Di sini kamu bisa melakukan beragam olahraga air, mulai dari untuk anak-anak sampai orang dewasa, misalnya parasailing, sea walker, scuba diving, banana boat, dan snorkeling. Selain olahraga air, kamu juga di kawasan wisata Tanjung Benoa juga ada penangkaran penyu yang bisa jadi wisata edukasi buat si kecil. 

  • Jogging di Lapangan Niti Mandala

Kamu juga bisa berkunjung ke kawasan bersejarah yang juga dijadikan tempat jogging dengan area luas dan asri, yaitu Lapangan Niti Mandala. Di sini terdapat Monumen Bajra Sandhi atau Monumen Perjuangan Rakyat Bali yang menjadi saksi dari perjuangan rakyat Bali saat melawan penjajah. 

© Ilustrasi/ Shutterstock

Selain itu, di sini juga ada Museum 3D I AM (Interactive Art Museum) Bali yang letaknya di lantai bawah Monumen Bajra Sandhi. Museum ini menampilkan berbagai karya seni, khususnya yang dibuat oleh putra-putri Bali.

Sumber: Indonesia.Travel

Beri Komentar