7 Fakta Seru POSPENAS IX 2022, Sangat Ditunggu Santri Indonesia

Reporter : Dwi Ratih
Jumat, 18 November 2022 11:12
7 Fakta Seru POSPENAS IX 2022, Sangat Ditunggu Santri Indonesia
Spesialnya, 2022 ini merupakan tahun comeback dari kegiatan yang ditunggu-tunggu para santri nasional.

Dream - Pekan Olahraga dan Seni antar Pondok Pesantren Tingkat Nasional (POSPENAS) IX 2022 merupakan kejuaraan olahraga dan seni yang diikuti santri yang mewakili seluruh provinsi di Indonesia.

Kejuaraan ini dapat meningkatkan minat olahraga dan seni bagi santri guna meningkatkan kesehatan, kesegaran jasmani dan rohani, mengembangkan kreativitas, membangun disiplin, dan sportivitas santri.

Spesialnya, 2022 ini merupakan tahun comeback dari kegiatan yang ditunggu-tunggu para santri nasional. Buat kamu yang ingin menyaksikan POSPENAS di akhir bulan ini, simak beberapa fakta berikut ini.

1. “ Gerak Santri, Bangkit Negeri”

Tema tahun ini memiliki makna sebuah upaya kebangkitan santri untuk ke depannya bisa jadi salah satu pilar penting di Indonesia melalui pendidikan agama Islam yang kokoh serta mampu bersinergi dalam mewujudkan kontribusi santri dalam mewujudkan sumber daya manusia yang unggul, berkarakter serta menjunjung tinggi nilai-nilai dan norma sosial, kepribadian dalam mengarungi kehidupan bermasyarakat.

2. POSPENAS IX 2022 akan Ramaikan Surakarta

POSPENAS IX 2022 akan digelar selama lima hari, 23 hingga 27 November 2022, di berbagai lokasi sekitar Kota Surakarta.

Stadion Manahan, Bale Tawangarum, Stadion Sriwedari, GP Bung Karno Loji Gandrung, dan Benteng Vastenburg Surakarta yang sudah disulap menjadi berbagai lokasi pertandingan cabang olahraga maupun seni yang akan dilombakan nanti.

1 dari 5 halaman

3. Kirab Obor Pembuka POSPENAS IX 2022

Sebagai simbolis dari dibukanya kegiatan POSPENAS IX 2022, akan ada perwakilan dari berbagai kontingen mengikuti pawai sambil membawa obor melalui jalur sumber api abadi Mrapen Grobogan sampai Kota Surakarta pada 21 hingga 22 November 2022.

4. Dimeriahkan 7 Cabang Olahraga dan 10 Cabang Seni

Beberapa cabang olahraga maupun seni bisa diikuti secara perorangan maupun beregu. Seperti atletik, pencak silat, senam, kaligrafi Islam, pidato tiga bahasa, seni hadrah, dan video film pendek, jadi berbagai kategori umum yang bisa diikuti peserta POSPENAS IX 2022 tergantung minat dan bakatnya.

2 dari 5 halaman

5. Akan Ada Ratusan Medali

Pastinya setiap ajang, terutama level nasional bergengsi ini, juga sudah siap dengan ratusan medali dari berbagai kategori. Akan ada medali emas, perak, perunggu, yang bisa didapatkan tiap peserta pada kategori putra maupun putri.

Untuk kamu yang sudah mendaftar pada POSPENAS IX 2022, jangan lupa terus berlatih mempersiapkan performa terbaikmu.

6. Warm Up Sambil Menghafal Mars Pospenas

Sebagai peserta ataupun supporter nantinya kamu juga harus menghafal mars pospenas yang bakal jadi salah satu anthem untuk membakar semangatmu.

Selain itu kamu juga bisa meihat petunjuk teknis, hasil pertandingan, dan klasemen selama acara berlangsung di website resmi POSPENAS IX 2022.

7. Jangan Lupa Kunjungi Taman Balekambang

Wisata kapal kayu di Taman Balekambang bakal bikin nostalgia semasa kecil. Bermain kapal kayu di sini persis seperti bebek-bebekan yang saat kecil, di antara rimbun pepohonan yang masih asri dan ada danau luas.

Kalau kamu ke sini membawa anak kecil, nantinya bisa melihat beberapa hewan ternak yang cocok untuk media edukasi anak-anak. Jangan sampai kelewatan menikmati POSPENAS IX 2022 dan destinasi wisata lainnya di sini.

Sumber: Indonesia.travel

Laporan: Rena Safira

3 dari 5 halaman

Sambut Hari Santri Nasional, Menteri Sandiaga Uno Dorong Santri Adopsi Teknologi Digital

Dream - Presiden Joko Widodo (Jokowi) sejak tahun 2015 telah menetapkan Hari Santri Nasional (HSN) jatuh setiap tangga 22 Oktober. Hari tersebut ditetapkan sebagai pengingat sumbangsih dan perjuangan Pondok Pesantren (Ponpes) yang sangat besar dalam sejarah berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). 

Menjelang hari peringatan HSN 2022, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno berharap santriwan dan santriwati di Indonesia memiliki kemampuan baik dalam mengadopsi teknologi digital. 

17 Kata Ucapan untuk Hari Santri Nasional 2022, Bisa Jadi Caption Status Instagram

Model kemampuan menerapkan teknologi ini diperlukan karena akan berdampak pada penciptaan lapangan kerja baru dan berkualitas.

" Target kita tiap tahun 20 persen dari tiap pondok pesantren bisa meningkatkan kemampuannya untuk mengadopsi teknologi digital," kata Menparekraf Sandiaga usai Silaturahmi di Ponpes Al Hasaniyah, Cicurug, Sukabumi, Jawa Barat, Kamis, 20 Oktober 2022.

4 dari 5 halaman

Program khusus untuk para santri Indonesia

Indonesia saat ini memiliki hampir lima juta santri dan santriwati yang tersebar di 28 ribu pesantren di berbagai daerah, Melihat jumah tersebut, Sandiaga berharap peran peserta didik Ponpes ini bisa dioptimalkan melalui program Santridigitalpreneur garapan kementeriannya. 

Sandiaga Uno© Instagram.com/sandiuno

20 Kata-Kata Hari Santri 22 Oktober 2022, Mengandung Pesan Mendalam dan Semangat Perjuangan

Lewat program ini para santri akan dibekali ilmu digitalisasi dengan tren kekinian yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dan daya saing.

Salah satu contoh pesantren yang perlahan sudah mulai mengadopsi tata kelola ekonomi digital adalah Ponpes Al Hasaniyah yang berada di Sukabumi.

5 dari 5 halaman

Produk sampai ke luar negeri

Beberapa inovasi yang telah ditunjukan para santri di Ponpes ini di antaranya memodifikasi motor bebek, mengelola online shop melalui media sosial, membangun jejaring teknologi informasi, mengekspor ikan hias ke berbagai negara seperti Kanada, Jepang, Malaysia.

Para santri dan santriwati juga telah memproduksi kerajinan berbasis kaligrafi dan membuat pelet ikan dengan alat yang dibuat sendiri dari bekas pompa.

Lirik Lagu Hari Santri dan Sejarah Peringatan Hari Santri Nasional yang Penting Diketahui

" Kita berharap ini bisa membuka peluang usaha dan lapangan kerja saat kita menghadapi ancaman resesi tahun depan. Jadi santri-santri ini bukan hanya mencari lapangan kerja, tapi justru menciptakan lapangan kerja," tutur Sandiaga.

(Sah, Sumber: Kemenparekraf.go.id, Laporan: Rena Safira)

Beri Komentar