9 Pendakian Terbaik di Thailand, Berani Coba?

Reporter : Dwi Ratih
Jumat, 18 November 2022 06:12
9 Pendakian Terbaik di Thailand, Berani Coba?
Kamu bisa salurkan hobi mendaki dengan menjajal pendakian di negara ini.

Dream - Jika kamu ingin pergi berlibur ke negara yang memiliki pemandangan gunung cantik, berkeliling di pulau yang menakjubkan, maupun ingin bermain air terjun, Thailand bisa jadi pilihan tepat.

Untuk mewujudkan impian hobi bisa mendaki gunung di Thailand, jangan lupa juga menyiapkan peralatan dan barang-barang penting selama mendaki, seperti tabir surya, sepatu khusus untuk mendaki, dan air minum.

Siapa yang punya hobi mendaki dan ingin menjajal pendakian di Thailand? Berikut beberapa pendakian terbaik di Thailand yang bisa kamu kunjungi.

1. Kuil Gua Harimau Krabi

Kuil Gua Harimau yang terkenal di Krabi, dalam bahasa Thailand disebut Wat Tham Sua, adalah salah satu atraksi wisata paling menantang di wilayah ini.

Kuil ini mengambil namanya dari kepercayaan bahwa harimau pernah tinggal di gua-gua sekitarnya. Tapi, tidak ada harimau yang berkeliaran di sini, hanya ada stupa emas duduk besar yang diam-diam mengawasi hutan zamrud dan laut biru yang terhampar di bawah.

Jika kamu berkunjung ke sini, bawalah air yang cukup untuk pendakian. Pakailah pakaian yang sesuai dengan budaya dan adat di sana (celana panjang atau rok panjang dan atasan yang menutupi bahu) untuk menghormati tradisi di lokasi tersebut.

1 dari 4 halaman

2. Taman Nasional Khao Yai

Didirikan sebagai taman nasional pertama Thailand pada 1962, Khao Yai adalah tempat terbaik untuk perjalanan hutan di dekat Bangkok. Kawasan ini memiliki lebih dari 50 km (31 mil) jalur pendakian yang dipenuhi kera, siamang, musang, kijang, dan spesies burung endemik seperti Rangkong Besar.

Kamu juga harus berhati-hati saat ke sini, karena gajah liar sering terlihat di cagar alam. Disarankan untuk datang di hari biasa, karena saat hari libur atau akhir pekan akan banyak orang-orang yang berkunjung.

Ilustrasi© Shutterstock

Biasanya orang-orang akan lanjut berkunjung ke air terjun Haew Narok setinggi 150 m (492 kaki) dan air terjun Haew Suwat yang ketinggiannya 25 m (82 kaki) memukau jutaan orang dalam film kultus Danny Boyle Pantai (2000).

3. Jejak Alam Kew Mae Pan

Kalau kamu datang ke Jejak Alam Kew Mae Pan ini, pastinya kamu akan melihat keindahan pemandangan di Thailand. Letaknya berada di dalam Taman Nasional Doi Inthanon di dekat Chiang Mai.

Gunung Kew Mae Pan setinggi 2200m (7218 kaki) berdiri hanya beberapa ratus meter di selatan Doi Inthanon, puncak tertinggi Thailand di 2565m (8415 kaki).

2 dari 4 halaman

4. Taman Nasional Khao Sok

Taman nasional Khao Sok merupakan salah satu trek hutan terbaik di Thailand Selatan. Ada 48 mamalia berkeliaran di hutan, dan kamu memiliki banyak peluang melihat satwa liar yang luar biasa juga.

Termasuk owa, kera, dan kijang, untuk sebagian besar, tetapi spesies yang lebih sulit ditangkap seperti beruang madu, macan dahan, dan harimau juga bisa saja muncul.

Pada Oktober dan Desember, bunga parasit terbesar dan paling bau di dunia, Rafflesia kerrii, mekar, yang bisa menjadi pemandangan luar biasa.

Setelah mendaki kamu bisa menginap di homestay terapung Cheow Lan, yang dikelilingi karst seperti taring yang muncul dari air, adalah tempat yang populer untuk menikmati danau dan sisi utara cagar alam.

5. Koh Jum

Saat kamu berada di Koh Jom, kamu tidak bisa memakai transportasi apapun kecuali sepeda. Untungnya, cara paling efektif untuk menjelajahi pemandangan surgawi ini adalah dengan berjalan kaki.

Saat ingin menuju ke sana, kamu bisa lewat dua jalan setapak yang mengarah ke puncak setinggi 400m (1312ft).

3 dari 4 halaman

6. Um Phang

Wilayah ini sangat cocok untuk kamu yang suka melihat hewan-hewan, karena treknya dimulai di dalam dan di sekitar Suaka Margasatwa Um Phang dan akan melewati hutan yang lebih dalam.

Kamu harus menyediakan waktu setidaknya beberapa hari untuk melakukan perjalanan ini. Kebayakan orang datang hanya ingin ke Nam Tok Thilawsu, yang menjadi air terjun terbesar di Thailand.

Jika ingin menginap di sini, kamu bisa tidur di desa Karen dan mendaki ke selatan di sepanjang perbatasan Burma ke Three Pagodas Pass di Sangkhlaburi, perbatasan antara Thailand dan Myanmar yang pernah menjadi jalur pasokan utama untuk pembangunan Jepang Thailand-Kereta api Burma dalam Perang Dunia II.

7. Tangga Fanom

Pendakian ke Phanom Rung melewati jalan setapak kuno yang berada di antara kepala Naga (penjaga ular) yang menjadi karakter di daerah tersebut. Mungkin bukan pendakian tradisional, tetapi kamu bisa melihat beberapa tempat yang menginspirasi daripada kompleks Phanom Rung di dekat Buriram.

4 dari 4 halaman

8. Taman Nasional Phu Kradueng

Phu Kradueng (Gunung Lonceng) adalah puncak utama di taman nasional senama Provinsi Loei di timur laut Isan. Untuk pemula daerah ini tidak terlalu melelahkan, tetapi trek di atas saat kamu menuju puncak akan lebih sulit lagi. Selain itu juga kamu bisa berkemah di atas puncak.

Tetapi beberapa penduduk setempat biasanya tidak ingin berkemah dan hanya ingin melihat matahari terbit di atas tebing Nok Ann yang indah.

9. Bangkok Phrapradaeng Loop

Dikenal sebagai " Paru-Paru Hijau" Bangkok, jalur pejalan kaki dan jalur sepeda ini dimulai dari Dermaga Bang Kachao dan telah dilindungi undang-undang lama yang melarang pembangunan gedung-gedung tinggi di daerah ini.

Hiking di sini adalah kesempatan langka untuk melihat bagaimana ibu kota Thailand terlihat beberapa dekade yang lalu.

Sebagian besar rute melewati jalur gantung yang dibangun di atas rawa bakau dan ada beberapa rumah panggung. Cobalah mendaki pada hari Minggu ketika pasar Talad Bang Nam Phueng menjual jajanan kaki lima yang lezat dan segala macam barang, mulai dari anting mutiara hingga kue dadar kelapa.

Sumber: Lonelyplanet

Laporan: Rena Safira

Beri Komentar