Destinasi Wisata Semarang, Desa Wisata Lerep

Reporter : Shania Suha Marwan
Selasa, 20 September 2022 06:12
Destinasi Wisata Semarang, Desa Wisata Lerep
Yuk lihat ada apa aja di Desa Wisata Lerep yang ada di Semarang!

Dream - Sudah bukan rahasia jika tanah Nusantara ini memiliki banyak destinasi wisata yang terkenal dan membuat terbuai wisatawan mancanegara. Bahkan Sahabat Dream mungkin termasuk salah satu yang baru mendengar destinasi wisata terkenal itu.

Masih berada di pulau Jawa, pernahkah kamu mendengar nama tempat wisata budaya di Semarang yang tenar di sebut Desa Wisata Lerep? Desa ini memiliki 7 dusun yaitu dusun Tegalrejo, Soka, Lerep, Mapagan, Karangbolo, Indrokilo, serta Lorog. 

Terletak di kaki gunung, Desa Wisata Lerep menghadirkan objek wisata budaya sekaligus pemandangan alam yang khas dengan udara sejuk dan angin sepoi-sepoi khas pegunungan. 

Jika kamu tertarik untuk berkunjung Desa Wisata Lerep, kamu bisa menemukan ekologi dan wisata edukasi yang jarang ditemui di desa lainnya. 

Berikut beberapa aktivitas seru yang bisa kamu lakukan saat berada di Desa Wisata Lerep

1 dari 3 halaman

Edu-eco Tour

Aktivitas pertama yang bsia kamu lakukan adalah berwisata sambil belajar dengan mengikuti wisata edukasi yang dikombinasikan dengan ekologi.  

© Ilustrasi/Shutterstock

Mulai dari membuat permen susu di Kampung Sapi Indrokilo, Proklim Sokaku Asri atau mampi ke Dusum Karangbolo untuk belajar membuat keripik. 

Main ke Air Terjun Indrokilo

Puas dengan pengalaman budaya, kamu bisa bermain air sekaligus mencari ketenangan di Air Terjun Indrokilo. Lokasinya tidak jauh dari Embung Sebligo dan Watu Gunung dan menyediakan fasilitas tempat parkir cukup luas buat kamu yang membawa kendaraan pribadi. 

© Ilustrasi/ Shutterstock

Saat berkunjung ke desa wisata, kamu bisa datang saat musim hujan karena air terjun memiliki debit yang lebih besar dan pemandangan lebih indah.

2 dari 3 halaman

Embung Sebligo

Embung bisa diartikan cekungan air yang menyerupai danau, kamu bisa berkunjung ke Embung Sebligo tanpa mengeluarkan uang. 

Untuk dapat berada di tengah Embung, dimana kamu akan mendapatkan foto terbaik, kamu perlu naik perahu karet seharga Rp 10.000 sisanya gratis.

Kuliner di Pasar Kuliner Desa Wisata Lerep 

Jangan lewatkan untuk kulineran di Pasar Kuliner Desa Wisata Lerep! Kamu bisa menemukan gubuk-gubuk dari bambu, alat tukar berupa koin dari kayu, dan pedagang yang menggunakan kostum tradisional, yang membuat kamu bernostalgia. 

© Ilustrasi/ Shutterstock

Di tempat ini tersedia berbagai kuliner khas Lerep yang menggiurkan mulai dari nasi iriban, bubur suweg, kopi klotok, hingga dawet manten.

3 dari 3 halaman

Watu Gunung 

Watu Gunung bisa jadi wisata keluarga yang tak boleh dilewatkan. Memiliki kolam renang, dan danau buatan, serta gazebo dengan ukiran khas Jawa, kamu bisa bermain di sini bareng kelurga. 

 

(Sah, Sumber: Wonderful Indonesia)

Beri Komentar