Dijuluki Cermin Langit, Ternyata Danau Ini...

Reporter : Ratih Wulan
Selasa, 6 September 2016 17:31
Dijuluki Cermin Langit, Ternyata Danau Ini...
Anehnya, selama musim kemarau danau ini tidak mengalami perubahan ukuran. Berbeda pada saat musim penghujan, dimana permukaan air akan...

Dream - Danau ini merupakan salah satu danau langka dengan pemandangan paling indah di China. Terletak di Qidam Basin, Provinsi Qinghai, danau yang disebut sebagai Chaka Salt Lake ini merupakan hamparan padang garam sepanjang 9 km dengan lebar 15 km.

Kerak garam yang menebal telah menutupi seluruh permukaan danau. Anehnya, selama musim kemarau danau tidak mengalami perubahan ukuran. Berbeda pada saat musim penghujan, dimana permukaan air akan meluas dan kembali pada ukuran penuh.

Danau ini memiliki kedalaman hanya sampai pergelangan kaki saja. Sehingga memungkinkan para pengunjung untuk berjalan di atas danau. Kadang-kadang saat cuaca sedang cerah dan langit bersemu biru danau ini terlihat seperti sebuah cermin raksasa yang sedang direbahkan di tanah. Tak ayal tempat ini kemudian mendapat julukan 'mirror of the sky' (cermin langit).

Danau ini terletak di wilayah yang memiliki perairan laut dangkal. Gerakan tektonik kemudian mengangkat blok di tanah lebih dari 3.000 meter sehingga membentuk dataran tinggi di Qinghai-Tibet.

Lalu, kantong kecil yang terbentuk dari sisa air laut di dataran tinggi berubah menjadi danau garam. Seperti yang terjadi di Chaka Salt Lake tersebut. Garam yang berasal dari pegunungan mengalir bersama air hujan dan sungai-sungai yang datang pada musim tertentu. Sehingga lama-lama membuat salinitas danau meningkat dan hingga saat ini telah terkumpul 5 meter garam di dalamnya.

Eksploitasi garam besar-besaran terjadi sejak pertengahan abad ke-18. Melimpahnya cadangan garam membuat penduduk sekitar tidak perlu kesusahan saat menambang karena hanya perlu mengeruk bagian atasnya saja.

Sehingga tak mengherankan jika pabrik garam di Chaka selalu menghasilkan ratusan ton garam mentah berkualitas tinggi untuk dijual ke seluruh Cina, bahkan diekspor ke Jepang, Nepal, dan Timur Tengah.

(Sumber: Amusingplanet.com)

 

Beri Komentar