Surga Tersembunyi di Bali, Ini Rekomendasi Air Terjun yang Harus Kamu Kunjungi

Reporter : Shania Suha Marwan
Kamis, 24 November 2022 15:12
Surga Tersembunyi di Bali, Ini Rekomendasi Air Terjun yang Harus Kamu Kunjungi
Berikut ini adalah beberapa rekomendasi air terjun yang bisa dikunjungi saat kamu ke Bali!

Dream - Bali tidak hanya pantai. Pulau Dewata punya banyak objek wisata yang tak kalah indah dari wilayah pesisir.

Jika mau mencari pengalaman baru berwisata di Bali, cobalah lebih masuk ke pedalaman. Niscaya kita bakal menemukan surga-surga tersembunyi yang tak kalah indah dengan pantai.

Air terjun di Bali bisa dikunjungi untuk sekadar bermain air. Yang jelas, pemandangan di sekitar air terjun sangat layak masuk dalam list konten media sosial. 

Berikut ini ada beberapa rekomendasi air terjun yang wajib dikunjungi saat kamu ke Bali:

1 dari 3 halaman

  • Air Terjun Kembar Banyumala

Terletak di Desa Wanagiri, Kabupaten Buleleng, air terjun ini istimewa karena memiliki tiga formasi jatuhan air, sebelah kanan dan kiri memiliki aliran yang kecil dan yang terbesar berada di tengah. Di bagian bawahnya terdapat sebuah kolam alami yang aman untuk digunakan berenang.

  • Air Terjun Tukad Cepung

Berbeda dengan air terjun lainnya, Air Terjun Tukad Cepung memiliki lokasi yang berada di dalam gua. Terletak di Jalan Tembuku di Kabupaten Bangli, air terjun ini bisa kamu capai setelah melakukan trekking yang seru selama kurang lebih 20 menit melewati pepohonan yang rindang dan asri.

© Ilustrasi/ Shutterstock

Saat sampai di sana, Sahabat Dream tinggal melalui jalan setapak yang ditandai oleh aliran air tipis sebelum akhirnya kamu menemukan air terjun setinggi 15 meter yang berbentuk seperti tirai bercahaya. Selain air terjun, ada batu besar yang diselimuti oleh lumut yang sangat Instagramable buat kamu foto-foto!

2 dari 3 halaman

  • Air Terjun Leke Leke

Memiliki lokasi yang jauh dari keramaian dan hiruk-pikuk peradaban membuat air terjun yang satu ini cocok buat kamu yang ingin healing. Air Terjun Leke Leke terletak di Desa Mekarsari, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan. 

© Ilustrasi/ Shutterstock

Untuk sampai di air terjun kamu butuh trekking selama 20 menit perjalanan dari pintu masuk menuju air terjun, namun kamu akan disuguhkan pemandangan alam yang memanjakan mata ditambah beberapa jembatan bambu dan spot-spot unik seperti sangkar burung yang bisa digunakan untuk berfoto. 

Saat tiba di Air Terjun Leke Leke, kamu akan disambut udara sejuk khas pegunungan. Di depan air terjun terdapat sebuah batu besar yang bisa dinaiki, serta di sampingnya terdapat gua kecil yang bisa dijadikan latar berfoto.

3 dari 3 halaman

  • Air Terjun Nungnung

Keasrian Air Terjun Nungnung tetap terjaga dengan baik air terjun dengan ketinggian 50 meter, ini sering disebut sebagai salah satu yang paling tinggi di Bali. Selain hijaunya pemandangan alam yang bisa kamu temukan di sini, cuacanya pun relatif sejuk karena terletak setinggi 900 meter di atas permukaan laut. 

© Ilustrasi/ Shutterstock

Debit airnya yang tinggi, membuat percikannya dapat dinikmati kamu yang ingin mendekat ke arah arus jatuhan airnya. Air Terjun Nungnung berlokasi di Banjar Nungnung Desa Pelaga di Kecamatan Petang, Kabupaten Badung, kurang lebih 45 kilometer dari Denpasar.

  • Air Terjun Sekumpul

Nama sekumpul pada air terjun yang satu ini didapatkan karena terdapat tujuh air terjun yang ada di area tersebut. Ditambah tebing batu hijau setinggi 100 sampai 150 meter yang ada di sekeliling arus air terjun membuat air terjun ini akan mempesona kamu dengan keindahannya. 

Di sini kamu bisa berenang atau sekedar berpose untuk mengambil foto di kolam tempat arus air jatuh. Untuk sampai di lokasi air terjun dari pintu masuk, kamu harus trekking sejauh 300 meter membelah hutan dan melalui sejumlah kurang lebih 365 anak tangga beton yang dibangun oleh pengelola. Jangan khawatir, selain jalur dengan pemandangan yang indah, anak tangga di jalur tersebut juga dilengkapi dengan pegangan yang kokoh, sehingga tetap aman 

© Ilustrasi/ Shutterstock

Sumber: Wonderful Indonesia

Beri Komentar