Mengenal Al Zubarah, Situs Arkeologi Warisan Dunia UNESCO di Qatar

Reporter : Dwi Ratih
Kamis, 17 November 2022 09:13
Mengenal Al Zubarah, Situs Arkeologi Warisan Dunia UNESCO di Qatar
Al Zubarah, dapat kamu jadikan pilihan destinasi selama berwisata.

Dream - Traveling ke Qatar sembari menikmati keseruan Piala Dunia FIFA 2022 rasanya kurang lengkap jika tak mengunjungi tempat-tempat atau destinasi wisata khas negeri itu.

Al Zubarah, dapat kamu jadikan pilihan destinasi selama berwisata. Sebuah kota kuno yang berlokasi di pesisir utara semenanjung Qatar ini merupakan benteng abad ke-20 yang paling menonjol dari Situs Arkeologi Al Zubarah, warisan dunia UNESCO.

Situs penting ini menampung istana tempat tinggal, masjid, rumah pekarangan, gubuk nelayan, jalan, tembok pertahanan ganda, pelabuhan, kanal, dan kuburan. Tapi saat ini, benteng tersebut telah diubah menjadi museum di mana wisatawan dapat berkunjung.

Berdekatan dengan Al Zubarah, Qal’at Murair juga termasuk situs penting yang strategis dan memberikan kemudahan akses bagi kapal untuk berdagang serta mengambil air di sepanjang kanalnya.

1 dari 4 halaman

Di sini, pengunjung dapat melihat barang-barang seperti seperti panci dan wajan asli, lalu juga ada pemberat selam yang akan digunakan penyelam mutiara, bola meriam, pipa tanah liat, dan bahkan koin.

Perlu diketahui bahwa kota Al Zubarah yang dijaga ketat ini jatuh ke tangan pasukan yang setia kepada Sultan Muscat pada tahun 1811. Pada abad ke-19 kota itu berkembang menjadi pemukiman ramai yang kemudian membentuk awal dari negara-negara Teluk modern.

Al Zubarah© Instagram.com/qatarcreates

Pernah menjadi kota perdagangan yang makmur, Al Zubarah ditinggalkan pada abad ke-20 dan terkubur selama bertahun-tahun oleh pasir.

Namun setelah dirawat keaslian situs tersebut saat ini jadi contoh tradisi perdagangan dan penyelaman mutiara di Teluk Persia, menghidupkan posisi kawasan itu sebagai saluran perdagangan selama abad ke-18 dan ke-19.

2 dari 4 halaman

Tak cuma di sini saja, kamu juga bisa berkunjung ke tempat wisata terdekat di Al Zubarah yang bersebelahan dengan timur laut Zubarah, seperti melihat Benteng Al Thaqab, dan jika beruntung, kamu dapat menikmati musim penetasan penyu di sepanjang pantai.

Al Zubarah© Instagram.com/qatarcreates

Jangan lupa, di dekat kota Al Khor wisatawan dapat berkayak melalui Al Thakira Mangrove, atau menjelajahi Bin Ghannam yang dikenal sebagai Pulau Ungu yang diproduksi pada zaman kuno.

Sumber: Visitqatar.com, Foto: Instagram @qatarcreates

Laporan: Rena Safira

3 dari 4 halaman

Stadion Mewah Al Bayt, Qatar Siap Sambut Piala Dunia 2022

Dream - Qatar terus mempersiapkan diri menghadapi gelaran Piala Dunia 2022. Salah satu yang ditunjukkan yaitu stadion mewah yang dibangun.

Salah satu video, menunjukkan kemewahan Stadion Al Bayt, di utara kota Al Khor. Tak main-main, ada kamar hotel mewah di dalam stadion!

Benzema, Pemain Terbaik yang Siap Bikin Kejutan di Piala Dunia 2022 Qatar

Video ini menunjukkan suite hotel besar dengan pemandangan balkon lapangan sepak bola di bawahnya.

Dilaporkan Al Jazeera, stadion yang harus diselesaikan dalam beberapa minggu mendatang itu punya model tenda yang digunakan di padang pasir Qatar.

 

 

4 dari 4 halaman

Lingkungan sekitarnya memiliki taman dan danau buatan. Kapasitas stadion sekitar 60.000 orang ketika selesai.

Komite Tertinggi untuk Pengiriman dan Warisan, yang mengawasi organisasi Piala Dunia 2022, sebelumnya mengatakan, stadion Al Bayt selesai pada Desember 2019.

Total, delapan stadion akan digunakan selama Piala Dunia 2022. Tujuh dari stadion sedang dibangun.

Stadion-stadion Lain 

Piala Dunia Qatar 2022© Shutterstock

Stadion Internasional Khalifa, dibuka pada Mei 2018 setelah menjalani renovasi dan peningkatan.

Selain Nonton Piala Dunia 2022, Ada 5 Hal Seru di Doha yang Wajib Kamu Lakukan

Mei 2019, Stadion Al Wakrah diresmikan. Sementara itu, pada Agustus 2019, Qatar mengumumkan stadion Ras Abu Aboud di Doha yang akan menjadi stadion FIFA pertama yang semua komponennya dapat didaur ulang.

Piala Dunia akan dimulai pada 21 November 2022. Piala Dunia itu menjadi yang pertama terjadi di dunia Arab.

Final Piala Dunia akan dimainkan pada 18 Desember 2022 di Stadion Lusail, yang akan dapat menampung 80.000 penggemar sepak bola. (ism)

Beri Komentar