Foto: Ilustrasi
Dream - Tren berkunjung ke desa wisata semakin dimintati wisatawan lokal. Apalagi setelah aturan perjalanan yang semakin kendor usai pandemi Covid-19, masyarakat berbondong-bondong untuk berlibur ke daerah-daerah menarik di Indonesia.
Menggeliatnya pariwisata Indonesia bisa mendukung perekonomian nasional. Data Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menyebut kontribusi sektor pariwisata pada Produk Domestik Bruto (PDB) 2023 diperkirakan mencapai 4,3 persen.
Melihat pariwisata di Indonesia yang mulai bangkit termasuk perekonomian di lokasi wisata, Kemenkraf dan Danone Indonesia bekerjasama untuk mendukung pengembangan 14 desa wisata di tujuh provinsi di Indonesia.
Di Sumatera Utara (Desa Lumban Bulbul, Toba); Jawa Barat (Desa Pancawati, Bogor, Kampung Adat Banceuy, Desa Pesanggrahan, Desa Cibeusi, Subang); Jawa Tengah (Desa Blederan, Desa Tanjunganom, Wonosobo); Yogyakarta (Desa Karangasem, Kulon Progo); Jawa Timur (Desa Jatiarjo, Pasuruan); Bali (Desa Kintamani, Bangli; Desa Belok Sidan, Desa Bongkasa Pertiwi, Badung); dan Sulawesi Utara (Desa Lihunu, Desa Tumaluntung, Minahasa Utara).
" Kami sangat menyambut baik dukungan Danone Indonesia dalam membantu pengembangan desa wisata karena dukungan ini akan mendorong pertumbuhan sektor pariwisata serta meningkatkan perekonomian nasional," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, dalam keterangan tertulis, Kamis 26 Januari 2023.
Kerja sama ini di antaranya pemanfaatan dan pertukaran data dan informasi, pelaksanaan dukungan sarana dan prasarana, pendampingan dan penguatan tata kelola, pelestarian lingkungan dan keanekaragaman hayati, edukasi dan pengelolaan sampah, serta kegiatan kerjasama lain yang dapat mendukung pertumbuhan desa wisata.
" Kami percaya dibutuhkan kolaborasi yang berkelanjutan untuk dapat menyelesaikan beragam isu yang dihadapi oleh masyarakat Indonesia. Dan kami percaya sektor swasta dapat memainkan peran lebih jauh sebagai tenaga pendorong bagi tercapainya seluruh agenda pembangunan nasional," kata Chief Executive Officer Danone Indonesia, Connie Ang.
Selain program pengembangan desa wisata, Danone Indonesia turut berkontribusi terhadap pemulihan sektor pariwisata, pertumbuhan ekonomi wilayah tersebut sehingga dapat mendorong kesejahteraan masyarakat.
Kemitraan ini juga mencakup dukungan untuk mendorong momentum pertumbuhan pariwisata tanah air, salah satunya kampanye #BijakBerplastik di lima kawasan destinasi prioritas yaitu Labuan Bajo, Mandalika, Toba, Likupang, dan Borobudur.
Inisiatif ini diharapkan dapat membantu mengurangi sampah laut sekaligus memberikan nilai tambah terhadap sampah dari kawasan wisata tersebut.
Melihat 14 Lokasi desa wisata yang akan semakin dikembangkan, bisa dilihat satu persatu bahwa lokasi desa ini memberikan keunggulan yang berbeda. Seperti Desa Lihunu yang ada di Sulawesi Utara yaitu menyuguhkan pemandangan pantai yang indah.
Sementara untuk Wilayah Bali daerah Kitanamani menyuguhkan gunung Batur dan danau Batur yang suasannya menyejukan. Untuk wilayah Toba di Sumatera Utara memperlihatkan betapa indahnya danau terbesar di Indonesia itu.
Dengan 14 lokasi desa wisata ini, bisa menjadi referensi sahabat Dream untuk bisa berlibur tidak melulu ke lokasi yang mainstream.
Advertisement
Seru Abis! Komunitas Ini Sampaikan Kritikan dengan Main Karet Depan Gedung DPR
Potret Beda Pesta Pora 2025, Ada Jumatan Bareng Dipimpin Rhoma Irama
Psikolog Ungkap Pentingnya Pengawasan Orangtua Saat Anak Main Game
Inspiratif, Tiga Artis Cantik Ini Ternyata Founder Komunitas
Fakta-Fakta Ciamis Jadi Kota Kecil Terbersih se-ASEAN