Heboh Jasad Masih Utuh di Bojonegoro, Diduga Sudah Dikubur Puluhan Tahun

Reporter : Sugiono
Rabu, 2 Juni 2021 15:46
Heboh Jasad Masih Utuh di Bojonegoro, Diduga Sudah Dikubur Puluhan Tahun
Setelah digali sekitar satu meter, penggali kubur menemukan jenazah yang masih terbungkus kain kafan masih utuh.

Dream - Baru-baru ini jagad sosial dihebohkan dengan ditemukannya jenazah warga yang masih utuh di sebuah makam di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur.

Peristiwa yang cukup mengejutkan warga Kelurahan Ledok Kulon tersebut terjadi di Makam Andong Sari pada 30 Mei 2021 malam.

Kandar, salah seorang warga yang rumahnya berada dekat makam Andong Sari, bercerita, saat itu ada warga Ledok Kulon yang meninggal.

1 dari 4 halaman

Jenazah Dikubur Ditemukan Masih Utuh Tanpa Identitas

Nama warga yang meninggal itu adalah Sugeng. Dia merupakan warga Gang Puspa Indah, Kelurahan Ledok Kulon, dan berusia sekitar 40 tahun.

Menurut Kandar, pihak ahli waris menyerahkan pemakaman Sugeng kepada penggali kubur. Juru makam kemudian menentukan liang lahat untuk memakamkan jasad Sugeng.

Setelah digali sekitar satu meter, penggali kubur menemukan jenazah yang masih terbungkus kain kafan masih utuh.

2 dari 4 halaman

Saat Ditemukan Tidak Ada Nisan

Kartono, ketua RT 05 RW 02 Kelurahan Ledok Kulon, menyebutkan, jenazah yang ditemukan itu tidak diketahui identitasnya.

" Memang benar, kemarin malam ada pemakaman warga. Saat menggali liang lahat itu sudah ada jenazah yang ditemukan masih utuh," ujar Kartono.

Jenazah tidak diketahui identitasnya karena saat digali sudah tidak ada batu nisan. Selain itu, papan penutup liang lahat juga sudah tidak ada.

3 dari 4 halaman

Jenazah Utuh Itu Diduga Perempuan

Sehingga, jenazah yang dibongkar dan masih utuh tersebut kemungkinan sudah dimakamkan sejak puluhan tahun lalu.

" Jadi penggali sudah tidak menemukan papan pembatas makam, kemungkinan papannya sudah lapuk dimakan usia,” tambah Kartono.

Diduga jenazah yang masih utuh tersebut seorang perempuan. Hal itu terlihat dari lilitan kafannya yang banyak. Menurut syariat Islam, mengkafani mayat perempuan kain kafannya harus terdiri dari lima lembar.

4 dari 4 halaman

Batu Nisan Hilang Diduga Hanyut oleh Banjir

Jenazah yang masih utuh tersebut kemudian diangkat. Setelah itu dimasukkan kembali ke liang lahat yang sama dengan jenazah Sugeng.

“ Karena sudah malam, kemudian dikuburkan bersama dalam satu liang lahat,” pungkas Kartono.

Sementara itu, sebagian warga menduga batu nisan di makam jenazah dengan kain kafan masih utuh itu hilang saat terjadi banjir besar akhir 2007 lalu.

Sumber; BeritaJatim

Beri Komentar