Iseng Mancing Dapat Lele Kuning Raksasa Super Langka, Ukurannya 2,7 Meter!

Reporter : Ulyaeni Maulida
Kamis, 28 Oktober 2021 14:45
Iseng Mancing Dapat Lele Kuning Raksasa Super Langka, Ukurannya 2,7 Meter!
Lele kuning tersebut kemungkinan memiliki leucism atau kelainan genetik langka yang menyebabkan pengurangan pigmentasi pada kulit dan rambut.

Dream – Seorang pemancing profesional bernama Martin Glatz bersama saudara kembarnya, Oliver, berhasil menangkap seekor ikan lele langka di sebuah danau di Belanda.

Ikan lele berwarna kuning cerah itu tampak seperti buntalan pisang berukuran besar. Temuan ini pun membuat Glatz kebingungan lantaran baru pertama kali ia mendapat tangkapan lele yang tak biasa.

“ Saya belum pernah melihat ikan lele seperti itu sebelumnya. Aku masih kewalahan karenanya,” ungkap Glazt.

1 dari 2 halaman

Idap kelainan genetik

Ikan Lele© Foto: Martin Glatz via livescience.com

Rupanya, ikan lele kuning tersebut adalah whopper atau ikan lele wels (Silurus Glanis) merupakan spesies besar yang berasal dari danau dan sungai di seluruh Eropa.

Menurut Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional (NOAA), ikan ini dikenal karena ukurannya yang sangat besar. Bahkan dapat tumbuh hingga sepanjang 2,7 meter dan memiliki berat hingga 130 kilogram.

Tetapi ikan lele tangkapan Glazt termasuk jenis yang sangat jarang ditemukan. Kebanyakan lele wels memiliki tubuh hitam kehijauan gelap dengan beberapa bintik-bintik kuning.

Lele kuning tersebut kemungkinan memiliki leucism atau kelainan genetik langka yang menyebabkan pengurangan pigmentasi pada kulit dan rambut.

© Dream
2 dari 2 halaman

Kembali dilepas

Leucism telah diamati pada mamalia, reptil, burung, dan ikan. Hasilnya pun dapat berupa penampakan mencolok seperti pinguin kuning dan paus pembunuh putih.

Meski pun terlihat unik dan indah, hewan leucistic biasanya menghadapi beberapa kerugian di alam liar. Terlebih karena tubuh mereka yang terlihat cerah, mereka akan mudah ditemukan oleh predator.

Disisi lain, setelah mengambil foto dari lele wels tersebut, Glazt pun kembali melepaskan ikan tersebut ke danau. Ia berharap ikan langka itu dapat tumbuh lebih besar sehingga menjadi kejutan di masa mendatang bagi pemancing lain.

(Sumber: livescience.com)

Beri Komentar