Makan Tanaman Hias Ini, Bocah 4 Tahun Keracunan, Bibir Nganga dan Lidah Kejang

Reporter : Sugiono
Rabu, 21 Oktober 2020 13:45
Makan Tanaman Hias Ini, Bocah 4 Tahun Keracunan, Bibir Nganga dan Lidah Kejang
Tanaman hias ini banyak ditemukan di sekitar kita, waspada ya.

Dream - Tanaman hias berguna untuk memperindah halaman rumah. Namun ada juga tanaman hias yang ditaruh untuk mempercantik ruangan.

Namun harus diingat, ada sebagian tanaman hias yang membahayakan manusia, khususnya anak-anak karena mengandung racun aktif.

Salah satu tanaman hias yang sering dijumpai di rumah-rumah namun berbahaya karena mengandung racun adalah tanaman daun bahagia atau bunga bahagia, yang nama sainsnya Dieffenbachia.

1 dari 4 halaman

Menggigit Daun Tanaman Hias Bunga Bahagia

Baru-baru ini seorang netizen Malaysia berbagi pengalaman ngeri yang dialaminya. Adik perempuannya keracunan setelah menggigit daun tanaman bunga bahagia.

Di kejadian petang sebelumnya, Nashwa main di luar rumah. Dia mengambil daun tanaman itu dan menggigitnya sedikit. Sangat sedikit.

Tapi waktu masuk rumah, bocah berusia 4 tahun itu menangis seperti terkena luka parah. Tapi dia terlihat tak terluka atau apa pun yang membuatnya kesakitan.

2 dari 4 halaman

Tanaman Hias yang Beracun

Ibunya langsung panik tak tahu penyebabnya. Anak itu tak mau memberitahu karena takut dimarahi. Setelah didesak, Nashwa bilang dia baru menggigit daun tanaman di luar.

" Terus suruh adik Google dan ketemu informasi tentang tanaman itu. Dieffebachia. Tanaman hias yang sering ditanam di pekarangan rumah.

" Getah daun dan batangnya mengandung kalsium oksalat yang menyebabkan gatal-gatal, kejang bibir dan lidah," tulis netizen bernama Husnulkhotimah.

3 dari 4 halaman

Bibir Bengkak, Mulut Terus Terbuka

Nashwa terus menangis sambil mulut terbuka tak bisa ditutup mungkin karena mengalami kejang bibir. Air liur pun menetes tak berhenti.

Ibunya langsung membawa anak perempuan itu ke klinik karena bimbang keadaannya semakin buruk.

Doktor tanya sebelumnya menelan apa. Ibunya bilang tidak tahu, sementara Nashwa tak bisa bicara. Dokter kemudian periksa bibir yang terlihat bengkak. Pernapasan tak ada masalah.

4 dari 4 halaman

Kalau Tertelan Bisa Menyebabkan Kematian

" Doktor bilang kalau sampai tertelan akan terjadi bengkak di kerongkongan, dan bisa menyebabkan saluran pernapasan tersumbat.

" Doktor kasih obat penurun bengkak, penghilang alergi dan charcoal untuk serap racun kalau ada yang masuk perut," tulisnya lagi sambil berkata keadaan Nashwa kemudian berangsur pulih.

Menceritakan detailnya, Husnulkhotimah mengatakan Nashwa mengambil daun tanaman bunga bahagia dan menyobeknya, sebelum menggigitnya.

" Saya ingin berpesan kepada semua yang tanam tanaman ini, sebaiknya dibuang saja. Khawatir anak-anak yang tidak tahu bahaya ambil daunnya terus dimakan," pungkasnya.

Sumber: mStar.com.my

Beri Komentar