Misteri Ruang Rahasia di Makam Firaun Terkuak, Ternyata...

Reporter : Sugiono
Rabu, 9 Mei 2018 16:41
Misteri Ruang Rahasia di Makam Firaun Terkuak, Ternyata...
Selama ini, banyak ahli meyakini adanya ruang rahasia di dalam makam Tutankhamun.

Dream - Teka-teki ruang rahasia di piramida makam raja Mesir, Tutankhamun, akhirnya terkuak. Kementerian Purbakala Mesir mengumumkan bahwa tidak ada ruang rahasia itu, sebagaimana diyakini selama ini.

Menurut Mostafa Waziri, Sekretaris Jenderal Dewan Tinggi Kementerian Purbakala Mesir, fakta tersebut didasarkan pada temuan sebuah tim ahli dari Italia. Berdasarkan penelitian dengan metode ground-penetrating radar scans, tak ditemukan adanya ruang tersembunyi itu.

Penemuan terbaru ini bertentangan dengan dugaan ahli Mesir Kuno dari Inggris, Nicolas Reeves, yang dibuat pada tahun 2015. Reeves menyebutkan bahwa makam Ratu Nefertiti --ibunda Tutankhamun-- disembunyikan di balik lukisan dinding ruang makam anaknya itu.

Temuan Reeves itu didasarkan pada pemindaian laser definisi tinggi. Sedangkan pemindaian oleh para ilmuwan Jepang dan Amerika tidak dapat disimpulkan.

Tutankhamun - yang namanya ditulis dalam hieroglif sebagai Amen-tut-ankh karena kebiasaan juru tulis kuno yang menempatkan gelar dewa untuk menunjukkan penghormatan - sering dianggap sebagai ikon populer dari peradaban Mesir Kuno.

Naik tahta pada usia sembilan atau sepuluh tahun, ia memerintah dari 1332–1323 Sebelum Masehi. Tutankhamun kemungkinan memerintah Mesir Kuno di bawah pengaruh penasehat yang kuat.

Makamnya ditemukan oleh arkeolog Inggris, Howard Carter, pada tahun 1922. Makamnya merupakan salah satu yang paling terjaga kondisinya. Isi makamnya juga menjadi yang paling banyak dipamerkan dari semua barang antik Mesir Kuno.

Benda-benda peninggalannya secara bertahap telah dipindahkan oleh Kementerian Purbakala ke Grand Egyptian Museum yang baru, yang sekarang dikatakan telah lengkap 70 persen.

Sumber: egyptianstreets.com

1 dari 2 halaman

2 Kamar Misterius Makam Firaun Tak Dibuka 3000 Tahun, Isinya..

Dream - Para ilmuwan mendapatkan temuan mengejutkan saat melakukan pemindaian di piramida yang menjadi makam Firaun Tutankhamun. Hasil pemindaian itu menunjukkan adanya dua ruangan yang tak tersentuh selama 3.000 tahun.

Menurut Menteri Kepurbakalaan Mesir, Mamdouh el-Damaty, ruangan misterius ini diduga berisi material logam ataupun organik.

Mamadouh menambahkan, ruangan misterius ini akan dipindai kembali pada akhir bulan ini. Sebab, para peneliti perlu mendapatkan gambaran yang lebih jelas lagi.

Penemuan ini setidaknya bisa menjadi petunjuk baru bagi masa-masa kuno di Mesir yang penuh “ gejolak”. Dan sejumlah peneliti berspekulasi ruangan itu menjadi makam Ratu Nefertiti, istri dari ayah Firaun Tutankhamun.

Sementara itu, Mamadouh juga memperkirakan bahwa ruangan tersebut merupakan makam anggota keluarga dari Firaun Tutankhamun. Meski demikian, dia tidak berspekulasi apakah ruangan itu makam dari Nefertiti.

2 dari 2 halaman

Begini Ruang Misterius Makam Firaun yang 3000 Tahun Tak Dibuka

Dream - Para peneliti yang memindai piramida tempat pemakaman Firaun Tutankhamun mendapat temuan mengejutkan. Mereka menduga ada dua ruang misterius yang tak pernah dibuka selama 3000 tahun.

Menurut Kementerian Kepurbakalaan Mesir, satu ruangan terletak di bagian timur piramida. Satu lagi terletak di bagian utara. Berdasar hasil pemindaian itu, ruangan-ruangan itu diduga berisi bahan metal dan organik.

Lantas, bagaimana gambaran dari dua ruang misterius itu? Kementerian Kepurbakalaan Mesir mengeluarkan sketsa. Berdasarkan sketsa tersebut, ruang-ruang itu bersebelahan dengan ruang penguburan Tutankhamun. Di sebelah utara dan timur.

 Ruang rahasia di piramida © Facebook

Berikut sketsa yang dibuat oleh laman BBC:

 Ruang rahasia di piramida © BBC

Menteri Kepurbakalaan Mesir, Mamdouh el-Damaty, mengaku yakin temuan itu adalah ruangan, namun entah berisi apa. Keyakinannya itu mencapai 90 persen.

”Tapi saya tidak pernah memulai langkah berikutnya sebelum 100 persen,” tutur El-Damaty, sebagaimana dikutip Dream dari BBC, Jumat 18 Maret 2016.

Beri Komentar
Video Kondisi Terkini WNI dari Wuhan di Natuna