Misteri Masjid Jin: Zikir Bergema, Tapi Tak Ada Orang

Reporter : Eko Huda S
Minggu, 12 Juni 2016 04:00
Misteri Masjid Jin: Zikir Bergema, Tapi Tak Ada Orang
Masjid ini terkenal dengan kisah-kisah mistisnya. Banyak orang mengaku mengalami kejadian aneh.

Dream - Masjid Jin. Seperti namanya, tempat ibadah tua ini terkenal dengan kisah mistisnya. Banyak cerita-cerita tak masuk akal tersebar di masyarakat, dari mulut ke mulut.

Salah satu pengalaman aneh yang dialami oleh pengunjung di masjid yang berlokasi di Panchang Bedena, Selangor, Malaysia, ini adalah suara zikir misterius. Padahal, masjid yang dibuka sejak tahun 1905 itu dalam kondisi kosong.

Kisah ini hanya salah satu pengalaman pengunjung. Selain itu, masih banyak lagi cerita-cerita aneh yang juga dialami oleh pengunjung lainnya. Entah benar atau tidak, yang jelas cerita itu beredar di masyarakat setempat.

Menurut pengurus masjid, Shamsul Kamar Samad, nama Masjid Jin juga diperoleh dari cerita-cerita yang tersebar secara lisan di masyarakat itu. “ Itu terjadi sejak lama,” kata dia, sebagaimana dikutip Dream dari Sinar Harian, Jumat 10 Juni 2016.

“ Tapi itu bukan bermakna masjid tersebut berhantu, nama itu hanya memberi peringatan kepada semua orang agar berhati-hati dalam percakapan dan perbuatan dalam masjid itu,” tambah Shamsul.

Menurut dia, banyak orang berkunjung ke masjid ini. Selain untuk menikmati arsitektur unik masjid, banyak pengunjung yang ingin mengetahui apakah kisah-kisah yang beredar itu benar terjadi.

“ Biasalah orang yang melawat di sini, ingin melihat apa benar ada 'jinnya', sebab itu mereka diganggu,” ujar dia.

Shamsul mengaku sudah puluhan tahun menjadi pengurus tempat ibadah yang punya nama lain Masjid Lama Panchang Bedena ini. Selama itu, kata dia, tak pernah mendapat gangguan.

Kenapa Harus Takut....

1 dari 4 halaman

Kenapa Harus Takut?

“ Saya sudah berpuluh tahun menjaga tempat ini dan kenapa saya tidak merasakan apa-apa seperti orang lain, apalagi ini kan rumah Allah, kenapa harus takut,” tutur Shamsul.

Selain kisah-kisah misteri, keistimewaan masjid yang didirikan secara gotong-royong oleh penduduk kampung Api-Api Muda [kini Panchang Bedena] ini juga terletak pada seni bangunannya.

Lantai masjid, kata dia, terbuat dari daun nipah. Sementara bagian tiang terbuat dari batang pohon. Selain itu, seni ukir di setiap sudut masjid yang sudah mengalami beberapa kali renovasi ini juga sangat menarik.

“ Orang zaman dulu memang mengutamakan keistimewaan sesuatu tempat yang dihasilkan oleh mereka dan jika dilihat setiap ukiran kayu yang diukir cukup rinci, malahan setiap potongan kayu juga cukup sempurna,” katanya.

 

 

2 dari 4 halaman

Azan Jam 10 Malam, Warga Heboh Datang ke Masjid, Ternyata...

Dream - Kisah di bawah ini mungkin akan menyentuh bagi kita. Khususnya umat Islam yang jarang menunaikan sholat ke mesjid.

Suasana sebuah kampung tiba-tiba heboh, karena pada saat jam 10 malam terdengar azan berkumandang dari sebuah musholla setempat. Kumandang terdengar melalui pengeras suara yang memecah keheningan malam.

Warga berbondong-bondong mendatangi musholla itu meski mereka sudah tahu siapa yang melakukannya.

Mbah Sadi, suaranya sudah dikenal dikampung itu. Umurnya sudah mencapai kepala tujuh.

Warga dipenuhi pertanyaan, mengapa Mbah Sadi azan pada jam 10 malam? Kelupaan atau apa?

Ketika warga sampai di pintu musholla, Mbah Sadi baru selesai azan dan mematikan sound system. " Mbah tahu gak, jam berapa sekarang?" tanya Pak RT.

" Azan apa jam segini, Mbah? Jangan-jangan Mbah sudah ikut aliran sesat," kata seorang warga dengan nada prihatin menimpali.

Sekarang banyak betul aliran macam-macam. " Ah, dasar Mbah Sadi sudah gila. Kalau nggak gila, mana mungkin adzan jam segini?"

" Kalian ini...," jawab Mbah Sadi tenang. " Tadi, waktu saya adzan Isya, tidak seorang pun yang datang ke musholla. Sekarang saya azan jam 10 malam, kalian malah berbondong-bondong ke musholla. Satu kampung lagi, Kalo gitu siapa yang gila?

Warga pun pulang satu persatu tanpa protes lagi. Termasuk Pak RT yang kemudian menjauh perlahan-lahan, tak berani melihat wajah Mbah Sadi.

Nah, bagaimana menurut kalian? Apakah kita langsung beranjak ke mesjid saat muadzin mengumandangkan azan tepat waktu sholat? 

Ulasan selengkapnya klik di sini.

 (Ism) 

[crosslink_1]

3 dari 4 halaman

Begini Kondisi Setan Saat Azan Berkumandang

Dream - Setan adalah musuh nyata manusia yang akan selalu menggoda kepada jalan yang sesat. Mereka akan melakukan berbagai cara agar keturunan Nabi Adam As bersamanya ke neraka pada hari kiamat kelak.

Setiap saat setan senantiasa melakukan siasat untuk menggoda manusia. Waktunya dihabiskan untuk membuat manusia melupakan Allah SWT. Namun ada waktu dimana setan berhenti menggoda bahkan lari tidak berdaya.

Yakni saat muazin mengumandangkan azan. Ternyata azan bukan perkara sederhana bagi setan. Mereka akan mengalami kondisi buruk ketika panggilan salat ini diserukan. Seperti apa kondisi setan saat azan berkumandang?

Azan merupakan panggilan Allah untuk para hamba melaksanakan Ibadah salat lima waktu. Ini adalah panggilan umum yang akan Allah perdengarkan kepada siapa yang Dia kehendaki dari makhluk-Nya, termasuk dari golongan setan.

Saat azan dikumandangkan, setan melarikan diri bahkan sampai terbirit-birit menghindari diri dari mendengarkan azan. Mereka begitu takut mendengar seruan tersebut.

" Apabila panggilan salat (azan) dikumandangkan maka setan akan lari sambil kentut hingga dia tidak mendengarkan adzan lagi" (HR. Al Bukhari dan Muslim)

" Apabila panggilan salat dikumandangkan, maka setan akan lari terbirit-birit sambil terkentut-kentut hingga ia tak lagi mendengar (suara) azan tersebut..." [HR. Darimi No.1178].

Lalu mengapa setan begitu ketakutan ketika mendengar azan. Seruan azan berisi kalimat tauhid dan syiar-syiar Islam. Azan adalah suara keras yang berisi dzikrullah 'Azza wa Jalla dan hal itu menyakitkan bagi setan. Ulasan selengkapnya klik di sini.

Kirimkan kisah nyata inspiratif disekitamu atau yang kamu temui, ke komunitas@dream.co.id, dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut:

1. Lampirkan satu paragraf dari konten blog/website yang ingin dipublish
2. Sertakan link blog atau sosmed
3. Foto dengan ukuran high-res
4. Isi di luar tanggung jawab redaksi 

[crosslink_1]

4 dari 4 halaman

Kisah Wanita Sholehah yang Gagal Diperkosa Jin

Dream - Kisah-kisah mengenai alam ghaib, iman kita pun dipertaruhkan. Percaya dengan hal-hal ghaib menjadi salah satu indikator yang krusial mengenai benar atau salahnya keimanan seseorang.

Terutama jika berkaitan dengan Allah SWT, malaikat-malaikat, hari kiamat, dan aspek pokok yang lain. Kisah wanita sholehah ini berkaitan dengan makhluk ghaib, yakni jin.

Namun, terhadap kisah-kisah alam ghaib mengenai setan, jin, dan bala tentaranya, maka kita harus selektif untuk mempercayainya. Apabila sumber infonya jelas, yakni shahih dari Nabi maka percayailah dan gunakan riwayat itu menjadi panduan hidup.

Sebagai contohnya adalah riwayat dari Abu Hurairah yang ditemui oleh jin pada malam hari dan mengajarkan ayat suci.

Inilah riwayat lain yang ada di dalam buku agar tidak diperdaya setan oleh Syeikh Ibnu Muflih al-Maqdisi. Dikisahkan jika ada seorang wanita sholehah yang gagal diperkosa jin.

Ar-Rabi’ binti Muawwadz bin ‘Afra menceritakan jika ketika ia berada di majelisnya sendiri maka tiba-tiba atap yang dihuninya ambruk.

Bersamaan dengan itu, jatuh juga sosok pria sebesar unta yang memiliki warna hitam. Ia belum pernah melihat sosok itu sebelumnya. Kejadian yang lebih menegangkan ketika ia mendekat untuk bisa memperkosanya.

Tak berapa lama, turun juga selembar surat. Dalam surat itu dituliskan jika surat itu berasal dari penguasa jin. Surat itu mengatakan kepada jin bahwa ia tidak berhak memperkosa wanita sholehah keturunan dari orang-orang shalih.

Tak butuh waktu lama dan sosok pria hitam itu pun langsung pergi melewati tempat masuknya dengan membawa kertas surat yang jatuh tadi.

Selengkapnya klik di sini. (Ism) 

[crosslink_1]

Beri Komentar