12 Kumpulan Dzikir Setelah Sholat Fardhu Nahdlatul Ulama yang Mudah Diikuti

Reporter : Arini Saadah
Rabu, 23 Desember 2020 11:49
12 Kumpulan Dzikir Setelah Sholat Fardhu Nahdlatul Ulama yang Mudah Diikuti
Jumhur ulama telah bersepakat tentang kesunahan dzikir setelah sholat fardhu. Kesunahan ini ditopang oleh banyak hadis shahih dengan jenis bacaan yang beragam.

Dream – Selepas mengerjakan ibadah sholat fardhu lima waktu, seorang muslim dianjurkan meluangkan waktu sejenak untuk memanjatkan dzikir dan doa. Amalan dzikir setelah sholat fardhu nahdlatul ulama menjadi wirid as-salafus shalih yang memiliki dasar yang kuat dari sunnah Nabi Muhammad Saw.

Nahdlatul ulama merupakan salah satu organisasi islam terbesar di Indonesia. Kehadira organisasi ini sebagai upaya melembagakan wawasan tradisi keagamaan yang sudah dianut sejak lama yaitu paham ahlussunnah wal jamaah. Tentu ormas islam ini memiliki banyak amalan-amalan untuk melanjutkan tradisi tersebut, termasuk dzikir setelah sholat yang selalu dilestarikan.

Dzikir setelah sholat fardhu nahdlatul ulama, menurut Imam Nawawi dalam kitab Al Adzkar pada Babul Adzkar Ba’dash Sholah menyebutkan bahwa ulama telah bersepakat tentang kesunahan dzikir setelah sholat fardhu nahdlatul ulama. Kesunahan ini ditopang oleh banyak hadis shahih dengan jenis bacaan yang beragam.

Berikut ini Dream akan memaparkan kumpulan dzikir setelah sholat fardhu nahdlatul ulama yang disusun oleh pengasuh Pondok Pesantren Langitan Tuban, KH Muhammad bin Abdullah Faqih rahimahullah sebagaimana dikutip dari Majmu’ Maqruat Yaumiyah wa Usbu’iyayah. Beliau mengutipnya dari hadis riwayat Muslim, Bukhari, Abu Dawud, serta Kitab Bidayatul Hidayah dan kitab lainnya.

1 dari 6 halaman

1. Membaca Istighfar tiga kali

Dzikir setelah sholat fardhu nahdlatul ulama yang pertama adalah membaca istighfar. Berikut bacaan istighfar yang dibaca sebanyak tiga kali setelah sholat fardhu:

Ilustrasi© dream.co.id

2. Dzikir Memuji Allah Swt

Selanjutnya, dzikir setelah sholat fardhu nahdlatul ulama adalah dengan membaca dzikir memuji Allah Subhanahu Wata’ala.

Ilustrasi© dream.co.id

Dzikir di atas merupakan berdasarkan dari hadis riwayat Imam Muslim. Sementara dalam riwayat yang lain sebagaimana dikutip dalam Kitab Bidayatul Hidayah, dzikir setelah sholat fardhu nahdlatululama adalah sebagai berikut:

Ilustrasi© dream.co.id

 

2 dari 6 halaman

3. Dzikir Selanjutnya

Dzikir setelah sholat fardhu nahdlatul ulama selanjutny adalah bacaan berikut ini yang bisa ditemukan dalam riwayat Imam Bukhari dan Imam Muslim (mutafaqun ‘alaihi) dalam Kitab Bidayatul Hidayah:

Ilustrasi© dream.co.id

4. Dzikir Syukur

Kemudian, dzikir setelah sholat fardhu nahdlatul ulama dilanjutkan dengan membaca doa berikut ini yang diriwayatkan dari Imam Abu Dawud:

Ilustrasi© dream.co.id

3 dari 6 halaman

5. Bacaan Tahlil

Dzikir setelah sholat fardhu nahdlatul ulama dilanjutkan dengan bacaan tahlil berikut yang dibaca sebanyak tiga kali setiap selesai sholat fardhu. Sementara khusus setelah sholat magrib dan shubuh dibaca sebanyak 10 kali.

Ilustrasi© dream.co.id

6. Doa Mohon Perlindungan

Dzikir setelah sholat fardhu nahdlatul ulama selanjutnya adalah dengan berdoa memohon perlindungan dari ganasnya api neraka. Dzikir ini dibaca sebanyak tujuh kali setelah sholat magrib dan subuh.

Ilustrasi© dream.co.id

4 dari 6 halaman

7. Ayat Kursi

Bacaan dzikir setelah sholat fardhu nahdlatul ulama yang selanjutnya adalah ayat kursi. Ayat kursi merupakan salah satu ayat yang ada di dalam surat Al Baqarah ayat 255. Berikut bunyi bacaannya:

Ilustrasi© dream.co.id

8. Membaca Surah Al Baqarah ayat 285-286

Dzikir setelah sholat fardhu menurut nahdlatul ulama selanjutnya adalah membaca surat Al Baqarah ayat 285-286.

Ilustrasi© dream.co.id

5 dari 6 halaman

9. Surat Al Imran

Kemudian dzikir tersebut dilanjutkan dengan membaca surat Al Imran berikut ini:

Ilustrasi© dream.co.id

10. Surat Al Ikhlas, Al Falaq dan An Naas

Dzikir setelah sholat fardhu nahdlatul ulama yang selanjutnya adalah dengan membaca surat-surat pendek yaitu Surat Al Ikhlas, Al Falaq, dan An Naas. Kemudian setelah itu dilanjutkan dengan membaca surat Al Fatihah secara sempurna.

11. Tasbih, Tahmid, Takbir

Dzikir setelah sholat fardhu yang selanjutnya adalah membaca kalimat tasbih, tahmid dan takbir. Ketiga kalimat itu masing-masing dibaca sebanyak 33 kali.

Ilustrasi© dream.co.id

6 dari 6 halaman

12. Dzikir Lanjutan

Kemudian dilanjutkan dengan dzikir berikut ini:

Ilustrasi© dream.co.id

Setelah bacaan itu, kemudian dilanjut dengan mengucap 'laa ilaaha illallah' yang diucapkan sebanyak 300 kali setelah subuh, 100 kali setelah isya, 50 kali setelah dzuhur, 50 kali setelah asar, dan 100 kali setelah magrib.

Setelah semua dzikir setelah sholat fardhu nahdlatul ulama di atas dibaca, maka dilanjutkan dengan memanjatkan doa dengan harapan masing-masing.

 

Sumber: NU Online

Beri Komentar