60 Motivasi Islami Tentang Kehidupan, Jadi Bahan Renungan dan Inspirasi

Reporter : Reni Novita Sari
Selasa, 25 Mei 2021 08:55
60 Motivasi Islami Tentang Kehidupan, Jadi Bahan Renungan dan Inspirasi
Dalam hidup adakalanya menemui halangan, rintangan, dan cobaan yang terkadang membuat kita goyah dan bahkan putus asa

Dream - Perjalanan hidup yang kita lalui memang tidak selamanya berjalan mulus. Adakalanya menemui halangan, rintangan, dan cobaan yang terkadang membuat kita goyah dan bahkan putus asa. Dalam kondisi seperti inilah keteguhan seseorang diuji. Apakah dengan ujian yang datang kita tetap istiqamah di dalam ketaatan kepada Allah, ataukah justru membuat kita semakin menjauh dari-Nya.

Seorang muslim yang teguh akan menghadapi kesulitan hidup dengan penuh keikhlasan dan kesabaran. Karena ia menyadari itu semua bagian dari cara Allah mencintai dan menyayangi hamba-Nya. Dan ia yakin bahwa Allah tidak akan pernah memberikan ujian di luar kesanggupan hamba-Nya.

Kumpulan motivasi islami ini banyak memuat nasehat agar kita selalu bersabar dan istiqamah di jalan Allah dalam kondisi apapun. Sebesar apapun masalah yang kamu hadapi, ingatlah bahwa ada Allah yang Maha Besar. Tak perlu menunggu lama, simak beberapa motivasi islami berikut ini!

1 dari 4 halaman

Motivasi Islami Tentang Kehidupan

Ilustrasi© foto: Instagram/@feb.project

" Yang paling besar di bumi ini bukan gunung dan lautan, melainkan hawa nafsu yang jika gagal dikendalikan maka kita akan menjadi penghuni neraka." - Abu Hamid Al Ghazali.

" Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya." (Al-Baqarah: 286)

" Ketika kamu tidak mengerti apa yang terjadi dalam hidupmu, tutup saja matamu, tarik napas dalam-dalam dan katakan, " Ya Allah, aku tahu ini adalah rencana-Mu, bantu aku melewatinya."

" Halal adalah suatu keharusan. Tidak hanya tentang apa yang kita makan, tetapi juga apa yang kita kenakan dan apa yang kita sukai."

" Maka sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan." - (QS Al Insyirah 5)

" Jangan berduka, apa pun yang hilang darimu akan kembali lagi dalam wujud lain." - Jalaludin Rumi.

" Dunia ini ibarat bayangan. Kalau kau berusaha menangkapnya, ia akan lari. Tapi, kalau kau membelakanginya, ia tak punya pilihan selain mengikutimu." - Ibnu Qayyim Al Jauziyyah.

" Jangan hanya berterima kasih kepada Allah ketika semuanya berjalan baik. Terima kasih kepada-Nya bahkan ketika segala sesuatunya terasa sulit."

" Apabila sesuatu yang kau senangi tidak terjadi, maka senangilah apa yang terjadi." - Ali bin Abi Thalib.

" Allah SWT masih mencintai dan menunjukkan belas kasihan kepada mereka yang tidak menaati-Nya. Jadi, bayangkan betapa dia mencintai orang-orang yang mematuhi-Nya."

" Orang yang paling berat cobaannya adalah nabi, kemudian orang-orang yang di bawah derajatnya dan seterusnya." - HR. Tirmidzi

" Tetapi, orang yang bersabar dan memaafkan, sesungguhnya (perbuatan) yang demikian itu termasuk hal-hal yang diutamakan." (QS. Asy-Syuura: 43)

" Sesungguhnya Allah SWT menyayangi umat-Nya yang selalu sabar dalam setiap kondisi yang Tuhan berikan."

" Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum hingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri." (QS. Ar Rad: 11)

" Kesabaran itu ada dua macam: sabar atas sesuatu yang tidak kau ingin dan sabar menahan diri dari sesuatu yang kau ingini." - Ali bin Abi Thalib

2 dari 4 halaman

Motivasi Islami Tentang Kehidupan

Ilustrasi© Foto : Shutterstock

" Berpikirlah positif, tidak peduli seberapa keras kehidupanmu." - Ali bin Abi Thalib

" Tak apa untuk berhenti sejenank dan istirahat, akan tetapi bangkitlah kembali karena sejatinya Allah tidak menyukai hamba yang mudah menyerah."

" Barang siapa yang tidak mensyukuri yang sedikit, maka ia tidak akan mampu mensyukuri sesuatu yang banyak." - HR. Ahmad

" Jangan bersedih. Sesungguhnya pertolongan akan datang bersama kesabaran." - HR. Ahmad

" Jangan kamu merasa lemah dan jangan bersedih, sebab kamu paling tinggi derajatnya jika kamu beriman." (QS. Ali Imran: 139)

" Rasa bersalah adalah hadiah dari Allah yang memperingatkan Anda bahwa apa yang Anda lakukan melanggar jiwa Anda." - Nauman Ali Khan

" Setiap ujian adalah berkat, setiap berkat adalah ujian."

" Daripada menekankan tentang hal-hal yang tidak dapat kita kendalikan, berdoalah kepada yang memegang kendali dan temukan kelegaan."

" Hal-hal buruk dalam hidup membuka mata Anda pada hal-hal yang sebelumnya tidak Anda perhatikan."

" Mempraktikkan Islam dapat memperindah karakter. Jika itu membuat Anda tidak dapat ditoleransi, tidak sabar, dan pemarah maka Anda melakukannya dengan salah."

" Allah menjadikanmu Muslim karena dia ingin melihatmu di Jannah. Yang harus kamu lakukan adalah membuktikan bahwa kamu layak untuk itu."

" Dzikir itu mudah 'LA ILAHA ILALLAH' tidak membutuhkan gerakan bibir sehingga dapat diulang seharian tanpa ada yang menyadarinya."

" Tawakkul adalah memiliki keyakinan penuh bahwa Allah akan menjaga Anda bahkan ketika segala sesuatunya tampak mustahil."

" Allah tahu apa yang terbaik untukmu dan kapan yang terbaik bagimu untuk memilikinya."

3 dari 4 halaman

Motivasi Islami Tentang Kehidupan

Ilustrasi© Foto : Unsplash

" Waktu Allah sempurna dalam segala hal. Kita tidak selalu memahami kebijaksanaan di baliknya. Tapi, kita harus belajar memercayainya."

" Maka jangan berkecil hati, jangan putus asa karena kamu akan lebih unggul jika beriman." (QS Al-Imran 3: 139)

" Percayalah kepada Allah ketika segala sesuatunya tidak berjalan sesuai keinginanmu. Allah memiliki rencana yang lebih baik untukmu."

" Takut pada Allah karena hukumannya. Cintai Allah karena dia penuh belas kasihan."

" Sungguh, Allah sama sekali tidak salah orang. Tetapi, orang-oranglah yang salah pada diri mereka sendiri."

" Iman adalah memercayai Tuhan bahkan ketika Anda tidak memahami rencana-Nya."

" Malu untuk berbuat dosa di depan umum. Jangan malu untuk menunjukkan imanmu."

" Dan jika datang kepadamu dari setan jahat, maka berlindung kepada Allah. Sungguh, Dialah yang mendengar, yang mengetahui." (Qur'an 41: 36)

" Terkadang orang-orang dengan masa lalu yang buruk bisa menciptakan masa depan yang cerah." - Umar bin Khattab

" Jangan jadi orang yang terlalu keras, kau bisa hancur. Jangan juga jadi terlalu lembut, kau bisa diperah." - Ali bin Abi Thalib

" Satu-satunya alasan kita untuk hadir di dunia ini adalah untuk menjadi saksi atas keesaan Allah." - Buya Hamka

" Jangan kenali kebenaran berdasarkan individu-individu. Kenalilah kebenaran itu sendiri, otomatis kamu akan kenal siapa di pihak yang benar." - Ali bin Abi Thalib

4 dari 4 halaman

Motivasi Islami Tentang Kehidupan

Ilustrasi© Foto : Unsplash

" Banyak orang yang telah meninggal, tapi nama baik mereka tetap kekal. Dan banyak orang yang masih hidup, tapi seakan mereka orang mati yang tak berguna." - Imam Syafi’i

" Manusia yang berakal adalah manusia yang suka menerima dan meminta nasihat." - Umar bin Khattab

" Jangan berduka. Apa pun yang hilang darimu akan kembali lagi dalam wujud lain." - Jalaluddin Rumi

" Jangan kamu merasa lemah dan jangan bersedih, sebab kamu paling tinggi derajatnya jika kamu beriman." (QS Ali Imran: 139)

" Jika semua orang menjauh ketika engkau mendapat kesulitan, maka ketahuilah bahwa Allah akan membuatmu kuat dan Ia akan menjadi penolongmu." - Imam Syafi’i

" Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kadar kesanggupannya." (QS Al-Baqarah: 286)

" Yakinlah, ada sesuatu yang menantimu setelah banyak kesabaran, yang akan membuatmu terpana hingga kau lupa betapa pedihnya rasa sakit." - Ali bin Abi Thalib

" Datangnya kematian tidak menunggu hingga kamu akan menjadi lebih baik. Jadilah orang baik dan tunggulah kematian." - Habib Ali Zainal Abidin

" Orang berilmu pengetahuan ibarat gula yang mengundang banyak semut. Dia menjadi cahaya bagi diri dan sekelilingnya." - Abdullah Gymnastiar

" Janganlah kamu kehilangan harapan dan jangan pula kamu bersedih hati." (Q.S. Ali Imran: 139)

" Setelah engkau memohon kepada Allah untuk membimbingmu ke jalan yang lurus, jangan hanya berdiri di sana. Mulailah melangkah."

" Terkadang Allah membiarkan kamu untuk merasakan kepahitan dunia ini supaya kamu dapat sepenuhnya menghargai manisnya iman." - Omar Suleiman

" Jangan terlalu bersedih karena pertolongan akan selalu datang bersama dengan kesabaran." - HR. Ahmad

" Orang mukmin lelaki atau perempuan tidak henti-hentinya mendapat cobaan pada dirinya, anaknya dan hartanya, hingga akhirnya dia menemui Allah dalam keadaan tidak punya kesalahan sama sekali." - HR. Abu Daud

" Hati dibuat hanya untuk membantu mengingatkanmu pada Allah." - Ibnu Taymiyah

" Orang yang akan mati berdoa untuk tambahan waktu. Sementara, orang yang hidup sehat sibuk membuang-buang waktunya." - Ali bin Abi Thalib

 " Saat engkau memperbaiki hubunganmu dengan Allah, saat itu pula Allah memperbaiki hidupmu." - Dr. Bilal Philips

" Gadaikan kehidupan ini untuk kehidupan kelak dan kau akan dapatkan keduanya. Jual kehidupan kelak untuk kehidupan saat ini dan kau akan kehilangan keduanya." - Hasan Al-Basri

" Orang yang paling kaya dalam hidup adalah yang tidak tenggelam oleh ketamakan." - Ali bin Abi Thalib

 

 

Beri Komentar