8 Keutamaan Membaca Al Quran Dan Cara Mempelajarinya Bagi Pemula

Reporter : Ulyaeni Maulida
Senin, 15 Februari 2021 09:05
8 Keutamaan Membaca Al Quran Dan Cara Mempelajarinya Bagi Pemula
Membaca Al Quran termasuk ibadah paling utama yang memiliki berbagai keutamaan.

Dream – Al Quran adalah pedoman hidup bagi umat Muslim di seluruh dunia. Membaca Al Quran secara rutin akan memberikan manfaat luar biasa. Selain itu, pahala berlipat ganda pun akan senantiasa dilimpahkan.

Membaca Al Quran termasuk ibadah paling utama yang memiliki berbagai keutamaan. Sehingga tidak heran bila umat muslim berlomba membaca Al Quran untuk keselamatan di dunia maupun di akhirat kelak.

Allah SWT berfirman: “ Sesungguhnya Al Quran ini memberikan petunjuk kepada (jalan) yang lebih lurus dan memberi kabar gembira kepada orang-orang Mu’min yang mengerjakan amal saleh bahwa bagi mereka ada pahala yang besar.” (QS. Al Israa: 9)

Adapula riwayat yang disampaikan oleh an-Nu'man ibn Basyir yang artinya: "  Rasulullah SAW bersabda, " Sebaik-baiknya ibadah umatku adalah membaca Al Quran."  (HR. Al-Baihaqi)

Begitu banyak keutamaan yang didapatkan seorang hamba yang senantiasa membaca Al Quran. Diantaranya sebagai berikut:

1 dari 6 halaman

Keutamaan Membaca Al Quran

Ilustrasi Berdoa© Ilustrasi Berdoa (Foto: Shutterstock.com)

Mendapat Pahala Berlipat

Seseorang yang rutin membaca Al Quran akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda.

Dari Aisyah ra, bahwa Rasulullah SAW bersabda: “ Yang mahir membaca Al-Quran bersama malaikat yang terhormat dan yang membaca Al-Quran sedangkan ia terbata-bata serta mengalami kesulitan maka baginya dua pahala.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Selain itu, Rasulullah SAW bersabda sebagai berikut: " Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Al-Quran maka ia akan mendapat satu kebaikan dan dari satu kebaikan itu berlipat menjadi sepuluh kebaikan. Aku tidak mengatakan alif lam mim sebagai satu huruf. Akan tetapi alif satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf." (HR. Bukhari).

Obat Penyakit Hati dan Fisik

Membaca Al Quran dapat menjadi obat bagi penyakit hati dan fisik. Cara yang sering dilakukan untuk mengobati diri dengan bacaan Al Quran adalah dengan melakukan ruqyah.

Allah SWT berfirman: " Dan Kami turunkan di dalam Al Quran suatu yang menjadi obat (penyakit manusia) dan rahmat bagi orang-orang yang beriman"   (QS al-Israa': 82)

Selain itu Allah SWT berfirman: " Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan (membaca) petunjuk Allah (Al Quran). Ingatlah, hanya dengan (membaca) petunjuk Allah (Al Quran) hati menjadi tentram."  (QS ar-Ra'du: 28)

2 dari 6 halaman

 

Jauh Dari Kesesatan

Orang-orang yang membiasakan diri rutin membaca Al Quran tidak akan sesat dan celaka. Sebagaimana Allah SWT berfirman:

"  Maka jika datang kepadamu petunjuk daripada-Ku (wahai manusia), lalu barang siapa yang mengikuti petunjuk-Ku, niscaya dia tidak akan sesat dan tidak akan celaka"   (QS. Thaahaa: 123).

Selain itu Ibnu Abbas ra berkata: " Allah SWT memberikan jaminan bagi orang yang membaca Al-Quran dan mengamalkan kandungannya bahwa dia tidak akan tersesat di dunia dan tidak akan celaka di akhirat (kelak)."

Rumah Menjadi Bercahaya

Rutin membaca Al Quran di rumah dapat menjadikan rumah tersebut lebih bercahaya. Tak hanya itu, rumah yang senantiasa dibacakan Al Quran akan terasa lebih tenang dan damai. Rasulullah SAW bersabda:

"  Perumpamaan rumah yang disebut nama Allah di dalamnya dan rumah yang tidak disebut nama Allah di dalamnya adalah seperti perumpaan orang yang hidup dan orang yang mati" .

Bahkan Imam an Nawawi berkata: " Dalam hadits ini terdapat anjuran untuk (banyak) berzikir kepada Allah SWT (termasuk membaca Al Quran dan zikir-zikir lainnya) di rumah dan hendaknya rumah jangan dikosongkan dari berzikir (kepada-Nya)."

Dalam riwayat at-Tirmidzi juga terdapat sebuah hadist yang berbunyi: "  Sesungguhnya setan tidak akan masuk ke rumah yang dibaca di dalamnya surat Al-Baqarah."

3 dari 6 halaman

Ilustrasi Berdoa© Foto : Shutterstock

Dilindungi Dari Godaan Setan

Allah SWT berfirman: " Sesungguhnya setan itu adalah musuh yang nyata bagimu, maka jadikanlah ia musuh(mu), karena sesungguhnya setan-setan itu hanya mengajak golongannya supaya mereka menjadi penghuni neraka yang menyala-nyala"  (QS. Faathir: 6).

Dalam sebuah hadits shahih Rasulullah SAW bersabda: "  Janganlah kamu menjadikan rumahmu (seperti) kuburan (dengan tidak pernah mengerjakan sholat dan membaca Al Quran di dalamnya), sesungguhnya setan akan lari dari rumah yang dibaca di dalamnya surat Al-Baqarah."

Memberikan Syafaat di Akhirat Kelak

Membaca Al Quran akan mendatangkan kemuliaan bagi orang yang rutin membaca dan mengamalkannya. Tak hanya didunia, bahkan diakhirat kelak, Al Quran dapat menjadi syafaat atau penolong.

Seperti hadits yang menyatakan bahwa: " Bacalah bait Al Quran karena sesungguhnya pada hari kiamat nanti akan datang memberikan syafaat yang baik kepada pembacanya,"  (HR. Muslim)

Dalam hadist tersebut, nantinya Al Quran akan datang dan bersaksi pada Allah SWT untuk umat manusia yang rajin membacanya. Dengan kesaksian inilah Al Quran akan membantu seseorang dengan memberikan kemuliaan di akhirat kelak.

4 dari 6 halaman

Ilustrasi© Freepik

Menambah Kecerdasan Anak

Membaca Al Quran akan membantu meningkatkan kecerdasan anak. Terlebih waktu terbaik untuk mengenalkan Al Quran adalah pada masa kanak-kanak. Karena membaca Al Quran secara rutin dapat membantu perkembangan otak anak menjadi lebih baik.

Selain bisa melihat langsung perkembangan anak dalam belajar, keterlibatan orangtua secara langsung dalam membaca Al Quran juga akan berdampak baik pada komunikasi dengan anak.

Memperoleh Kemuliaan

Manfaat membaca Al Quran lainnya adalah memperoleh kemuliaan di dunia maupun di akhirat kelak. Bahkan hal ini telah tertuang dalam sebuah hadist yang berbunyi:

“ Siapa yang membaca Al Quran dan beramal dengan isi kandungannya, dianugerahkan kedua ibu bapaknya mahkota di hari kiamat. Cahayanya (mahkota) lebih baik dari cahaya matahari di rumah-rumah dunia. Kalau lah demikian itu matahari berada di rumahmu (dipenuhi dengan sinarnya), maka apa sangkaan kamu terhadap yang beramal dengan ini (Al Quran).” (HR. Abu Daud)

5 dari 6 halaman

Cara Membaca Al Quran Bagi Pemula

Ilustrasi© Shutterstock

 

Belajar Secara Sunguh-Sungguh

Untuk dapat membaca Al Quran diperlukan kesungguhan dalam hati. Tanamkan niat yang kuat untuk mendapatkan keridhoan Allah SWT. sehingga setiap proses yang dilakukan akan dihitung sebagai ibadah.

Dalam memulai sebuah kebaikan, tentunya akan mendapat berbagai rintangan seperti malas ataupun mengantuk. Untuk itu, niat yang difokuskan secara sungguh-sungguh akan membantu seseorang terus berusaha.

Pengenalan Huruf Hijaiyah

Huruf hijaiyah sendiri ialah huruf ejaan bahasa Arab sebagai bahasa asli Al Quran. Umumnya, belajar membaca Al Quran membutuhkan sebuah proses yaitu mengenal huruf hijaiyah terlebih dahulu. Mengenal huruf tersebut amatlah penting. Karena itulah yang akan menjadi dasar untuk membaca Al Quran.

Huruf hijaiyah juga memiliki peran yang sama seperti huruf alfabet dalam menyusun sebuah kata menjadi kalimat. Adapun jumlah huruf hijaiyah yang terkandung dalam Al Quran menurut para ulama ada 29 huruf, yang mana urutan huruf hijaiyah dimulai dari (alif) sampai dengan (ya).

6 dari 6 halaman

Ilustrasi© Freepik

Mengenal Tanda Baca (Harakat)

Selain huruf hijaiyah, untuk bisa membaca Al Quran juga harus bisa membaca tanda baca. Dalam bahasa Arab, tanda baca diwujudkan dalam bentuk tanda yang disebut dengan harakat. Harakat ini berfungsi untuk menentukan pengucapan kata dan kalimat dalam alquran.

Mengenal Bacaan Tajwid

Tajwid berasal dari bahasa Arab yaitu Jawwada yujawwidu tajwidan yang artinya membaguskan. Adapun secara istilah, tajwid ialah mengucapkan huruf hijaiyah dari tempat keluarnya dengan benar dan memberikan haqnya huruf serta mustahaqnya.

Menyiapkan Waktu Untuk Belajar

Alokasikan waktu untuk belajar membaca Al Quran. Kesungguhan dalam meluangkan waktu khusus untuk belajar menjadi salah satu kunci agar bisa membaca Al Quran dengan cepat.

Usahakan berikan waktu khusus, sehingga saat mempelajarinya dapat dilakukan dengan sepenuh hati. Dengan begitu, belajar membaca Al Quran akan terasa lebih mudah.

Cari Guru Mengaji

Setelah memiliki waktu belajar selanjutnya adalah memiliki guru yang dapat membantu menguasai cara membaca Al Quran. Seorang guru akan membantu membenarkan bacaan yang salah.

Namun, bila memang ingin belajar mandiri, maka dapat dilakukan dengan banyak melihat video pembelajaran tentang cara membaca Al Quran. Disisi lain, belajar otodidak memiliki kekurangan yaitu, tidak ada yang mengoreksi jika ada bacaan yang salah.

Memperbanyak Praktik

Setelah memahami teori yang diperlukan untuk membaca Al Quran, segeralah untuk dipraktekkan. Dengan sering mempraktekkannya akan membuat seseorang terbiasa dan akhirnya dapat fasih membaca Al Quran.

 

(Dilansir dari berbagai sumber)

 

Beri Komentar