Indahnya Makna Sakinah Mawadah Warohma

Reporter : Ayik
Selasa, 11 Agustus 2015 14:15
Indahnya Makna Sakinah Mawadah Warohma
Sebuah keluarga membutuhkan rasa ketenangan dan ketentraman.

Dream - Sepasang wanita dan laki-laki yang memutuskan untuk mengarungin indahnya mahligai rumah tangga sangat mengharapkan keluarga yang baru dibina bisa sakinah mawadah warohmah. Seringkali orang menyebut kalimat yang berartikan doa tersebut. Namun tidak jarang di antaranya yang justru tidak mengetahui makna dari kalimat indah yang diitujukan bagi pengantin.

Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri (pasangan) dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram (sakinah) kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih (mawadah) dan sayang (rahmah). Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir” (Ar Rum : 21).

Sakinah mengandung arti tenang, terhormat aman dan merasa dilindungi. Sebuah keluarga membutuhkan rasa ketenangan dan ketentraman, terutama sang istri yang sangat membutuhkan perlindungan suami tercinta, sehingga rumah tangganya dipenuhi dengan keberkahan.

Mawadah memiliki arti cinta dan harapan, sepasang suami istri haruslah menghiasi rumah tangganya dengan cinta hingga terciptanya harapan-harapan agar kehidupannya dapat terjalin dengan baik hingga maut memisahkan. Selalu menemani di kala suka dan duka. Hal ini sangat mudah diciptakan misalnya saja selalu mengingatkan kebaikan, memberikan hadiah, serta menjalin komunikasi secara terbuka.

Wa-rohmah berartikan kasih sayang, wa hanya berupakan kata sambung berupa 'dan'. Wa-rohmah diartikan sebagai pemupuk atau pondasi bagi pasangan muda yang dilimpahkan kasih sayang. Bersedia untuk saling memahami, menyayangi, menjaga serta menjalani hak dan kewajiban masing-masing.

Jadi, arti dari sakinah mawadah wa rohma yakni keluarga yang selalu diberikan kedamaian, ketentraman dan dipenuhi oleh cinta dan kasih sayang.

Berbagai sumber.

Kirimkan kisah nyata inspiratif disekitamu atau yang kamu temui, ke komunitas@dream.co.id, dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut:

1. Lampirkan satu paragraf dari konten blog/website yang ingin dipublish
2. Sertakan link blog atau sosmed
3. Foto dengan ukuran high-res
4. Isi di luar tanggung jawab redaksi

Ayo berbagi traffic di sini!

Baca Juga: Larangan Pernikahan Sedarah Dalam Islam Lakukan Hal Ini untuk Membuka Pintu Rezeki Kisah Manusia Pertama Pelantun Ayat Suci Alquran Doa Mujarab Pengantar ke Pintu Langit `Pernikahanku Dihadiri 4.000 Pengungsi Suriah`

Beri Komentar