Keutamaan Membaca 2 Ayat Terakhir Surat Al Baqarah

Reporter : Ulyaeni Maulida
Kamis, 28 Januari 2021 10:25
Keutamaan Membaca 2 Ayat Terakhir Surat Al Baqarah
“Siapa yang membaca dua ayat terakhir dari surat Al-Baqarah pada malam hari, maka ia akan diberi kecukupan.” (HR. Bukhari dan Muslim)

 Dream - Dalam kondisi sulit rezeki, seorang Muslim dianjurkan untuk terus berikhtiar. Terdapat sejumlah amalan yang dapat dikerjakan untuk memperlancar rezeki, tetapi tetap harus dengan berikhtiar.

Salah satu amalan tersebut adalah dengan membaca dua ayat terakhir Surat Al Baqarah, yaitu ayat 285 dan 286.

Disebutkan dalam hadits dari Abu Mas’ud Al-Badri ra bahwasanya Nabi SAW bersabda,

“ Siapa yang membaca dua ayat terakhir dari surat Al-Baqarah pada malam hari, maka ia akan diberi kecukupan.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Rasulullah Saw pernah bersabda: " Surat Al Baqarah adalah puncak Al Quran, diturunkan bersamaan dengan turunnya delapan puluh malaikat pada tiap-tiap ayatnya.”

Dikeluarkan dari Arasy firman-Nya, " Allah, tidak ada Tuhan melainkan Dia Yang Hidup Kekal lagi terus-menerus mengurus (makhluk-Nya)" (QS. Al-Baqarah: 255)

1 dari 3 halaman

Bacaan Dua Ayat Terakhir Surat Al Baqarah

Bacaan Arab

Ayat Al Baqarah© Dream.co.id

Bacaan Latin

" Aamanar rasuulu bimaa unzila min rabbihii wal mukminuun. Kullun aamana billahi wa malaaikatihi wakutubihi, wa rusulihi. Laa nufarriku baina ahadin min rusulihi. Waqaaluu sami'na wa athaqna, ghufraanaka rabbanaa wa ilaikal masiir."

" Laa yukallifullahu nafsan illa wus'ahaa. Lahaa maa kasabat wa alaihaa mak tasabat. Rabbanaa laa tuaakhizna in nasiina au akhthaqna. Rabbanaa laa tahmil alaina isran kamaa hamaltahu alal ladziina min qablina. Rabbana walaa tuhammilnaa maa laa thaaqata lanaa bihi. Wa'fu anna waghfir lana warhamnaa anta maulaana fangsurnaa alal qaumil kaafiriin."

Terjemahan

" Rasul telah beriman kepada apa yang diturunkan kepadanya (Alquran) dari Rabbnya, demikian juga orang-orang yang beriman. Semua beriman pada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya serta rasul-rasul-Nya. (Mereka menyampaikan): 'Kami tak membeda-bedakan seseorang pun di antara rasul-rasul-Nya', dan mereka menyampaikan: 'Kami dengar dan kami patuh.' (Mereka berdoa): 'Ampunilah kami ya Rabb kami serta pada Engkaulah tempat kembali'."

" Allah tak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Dia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya serta dia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (Mereka berdoa): 'Ya Rabb kami, jangan sampai Engkau hukum kami bila kami lupa atau kami salah. Ya Rabb kami, jangan sampai Engkau bebankan pada kami beban yang berat seperti Engkau bebankan pada orang-orang sebelumnya kami. Ya Rabb kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak mampu kami menanggungnya. Maafkanlah kami, ampunilah kami, serta rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, jadi tolonglah kami terhadap kaum yang kafir'."

2 dari 3 halaman

Keutamaan Membaca Dua Ayat Terakhir Surat Al Baqarah

Ilustrasi Berdoa© Foto : Shutterstock

 

Para ulama menyebutkan bahwa siapa yang membaca dua ayat terakhir surat Al Baqarah, maka Allah akan memberikan kecukupan baginya untuk urusan dunia dan akhiratnya, juga ia akan dijauhkan dari kejelekan.

Hal ini juga disebutkan dalam hadis dari Abu Mas’ud Al-Badri radhiyallahu ‘anhu bahwasanya Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda:

“ Siapa yang membaca dua ayat terakhir dari surat Al-Baqarah pada malam hari, maka ia akan diberi kecukupan.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Ada juga ulama yang mengatakan bahwa dengan membaca ayat tersebut imannya akan diperbaharui karena di dalam ayat tersebut ada sikap pasrah kepada Allah Ta’ala.

 

 

3 dari 3 halaman

 

Keutamaan membaca dua ayat terakhir surat Al Baqarah pun dijelaskan oleh Imam Nawawi. Beliau menyatakan, ada pula ulama yang menyampaikan manfaat membaca dua ayat tersebut, yaitu dijauhkan dari gangguan setan serta segala macam jenis penyakit.

Selain itu ayat tersebut bisa sebagai pengganti dari berbagai dzikir karena di dalamnya sudah terdapat do’a untuk meminta kebaikan dunia dan akhirat.

Syaikh Muhammad bin Shalih Al-‘Utsaimin menjelaskan tentang keutamaan dua ayat tersebut ketika dibaca di malam hari, “ Ketahuilah para ikhwan sekalian, kedua ayat ini jika dibaca di malam hari, maka akan diberi kecukupan. Yang dimaksud diberi kecukupan di sini adalah dijaga dan diperintahkan oleh Allah, juga diperhatikan dalam do’a karena dalam ayat tersebut terdapat doa untuk maslahat dunia dan akhirat.” (Ahkam Al-Qur’an Al-Karim)

 

(Diambil dari berbagai sumber)

Beri Komentar