Ini Manfaat Tersembunyi Membaca Surat Yasin

Reporter : Ayik
Jumat, 17 April 2015 10:02
Ini Manfaat Tersembunyi Membaca Surat Yasin
Manfaat dari membaca surat Yasin yang akan memberi pencerahan dan memotivasi kita untuk kembali dan menjalankan hidup yang benar di jalan Allah

Dream - Yasin bukanlah satu kata karena kata ini ternyata terdiri dari Ya dan Sin yang diambil dari ayat permulaan surah. Ya memiliki artinya sendiri begitu juga dengan Sin. Ya merupakan nidaa atau huruf untuk memanggil yang bermakna ‘wahai’, sedangkan Sin mempunyai arti insan atau manusia yang memiliki maksud manusia sempurna.

Bukan tanpa arti istilah manusia sempurna ini karena yang sebenarnya dimaksud oleh huruf tersebut merupakan Sayyidina Nabi Muhammad SAW. Disebut sebagai manusia sempurna tentu ada alasannya, dan hal ini bisa ditemukan di QS. 36: 5 dengan penjelasan bahwa beliau adalah seorang Nabi yang sudah mendapat pewahyuan Al-Qur’an sehingga jalan kehidupan yang dijalani adalah yang lurus dan benar.

Inilah manfaat dari membaca Surat Yasin yang akan memberi pencerahan dan memotivasi kita untuk kembali dan menjalankan hidup yang benar di jalan Allah.

1.Untuk orang baik yang meninggal dunia, ketika Surat Yasin dibacakan di depannya maka hal ini akan membuat rohnya mendapat ketenangan di alam kubur.
2. Untuk jenazah di dalam kubur, ketika dibacakan Surat Yasin maka siksanya akan diringankan.
3. Perlindungan dari Allah akan datang bagi kita dari malam hingga pagi menjadi salah satu rahasia hikmah dan kelebihan membaca Surat Yasin ketika malam hari.
4. Untuk suatu kaum yang sedang sakit atau terkena malapetaka, waktu dibacakan Yasin maka akan lepas dari malapetaka, wabah dan penyakit.
5. Perlindungan dari Allah akan datang bagi kita dari pagi hingga sore kalau kita membaca Surat Yasin di pagi hari.

Ingin tahu lebih lanjut? Yuk selengkapnya Baca di sini 

Kirimkan kisah nyata inspiratif disekitamu atau yang kamu temui, ke komunitas@dream.co.id, dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut:

1. Lampirkan satu paragraf dari konten blog/website yang ingin dipublish
2. Sertakan link blog atau sosmed
3. Foto dengan ukuran high-res
4. Isi di luar tanggung jawab redaksi

Ayo berbagi traffic di sini!  

1 dari 3 halaman

Mahar Hafalan 30 Juz Quran Menantu Aa Gym

Mahar Hafalan 30 Juz Quran Menantu Aa Gym

Dream - Menantu KH Abdullah Gymnastiar atau kerap disapa dengan Aa Gym, Maulana Yusuf membacakan hafalan 30 juz Alquran sebagai mahar. Hafalan sebagai mas kawin bagi putri Aa Gym, Ghaitsa Zahira Shofa itu, mulai dibaca pada hari Jumat, 6 Maret 2015 pukul 07.00 WIB.

" Sudah dimulai dari jam 7 pagi, tasmi (menyimak bacaan) Alquran oleh Ustaz Maulana Yusuf al Hafiz, dan akan bergiliran oleh para penghapal Alquran hingga besok jam 8 pagi," tulis Aa Gym dalam akun instragram @aagym seperti dikutip Dream.co.id, Senin, 9 Maret 2015. Itu artinya, menantu Aa Gym membaca hafalan Quran sekitar 23 jam, nyaris semalam suntuk. 

Status itu dipajang pada 6 Maret 2015 pukul. Aa Gym juga mengundang para Muslim jika ingin mengkuti proses tasmi itu, yang digelar di Pesantren Daarut Tauhid, Gegerkalong, Girang, Bandung. (Baca: Mahar Nikah Putri Aa Gym, 30 Juz Hafalan Quran)

" Sesudah doa khotmil Quran, dilangsungkan akad nikah," tulisnya. Status itu juga mendapat sejumlah komentar. Para pengikut akun @aagym turut mendoakan pasangan ini. (FOTO: Resepsi Nikah Putri Aa Gym, Mahar 30 Juz Hafalan Quran)

" MasyaAllah... Perjanjian yang kokoh.., moga barokah pernikahannya. *semoga bisa mengikuti," tulis pemilik akun @pu_ka_ra. (Ism)

 

2 dari 3 halaman

Balita Ini Meninggal Usai Membaca Surat An-Naba

Balita Ini Meninggal Usai Membaca Surat An-Naba

Dream - Balita usia 3,5 tahun, Sarah Haya Nadaul Matin, meninggal dunia usai menyetor hapalan Surat An-Naba kepada ayah ibunya. Sebelumnya, Sarah mengalami kejang mendadak saat mengaji dengan orang tuanya.

Orang tua Sarah, Agus Jamaluddin dan Dhimasy segera membawanya ke rumah sakit. Dokter kemudian melakukan pemeriksaan dan menyatakan Sarah mengalami kerusakan selaput otak dan lambungnya mengalami pendarahan.

Sarah sempat mengalami koma selama tiga hari. Saat tersadar, ia pun segera memanggil sang ibu dan mengucapkan beberapa ayat dalam surat An-Naba. Ia sanggup membaca sampai 12 ayat, sebelum kemudian menghembuskan napas terakhir.

Untuk mengetahui kisah Sarah, selengkapnya lihat pada tautan ini

 

3 dari 3 halaman

Surat Bocah Saleh untuk Ayah di Alam Baka

Surat Bocah Saleh untuk Ayah di Alam Baka

Dream - Seorang bocah laki-laki di Arab Saudi berziarah ke makam sang ayah pada hari pertama Idul Fitri, Senin yang lalu. Seperti yang dilakukan oleh kaum muslim lain saat berziarah kubur, bocah itu juga membaca ayat-ayat Alquran untuk sang ayah yang sudah di alam baka.

Namun, ada yang tidak biasa. Bocah saleh tersebut meninggalkan sepucuk surat untuk sang ayah. Meskipun dia tahu bahwa ayah tercintanya tak akan membaca surat itu. Surat itu diletakkan di atas pusara sang ayah, yang terletak di Sakaka, sebuah kota di barat laut Saudi.

Surat tersebut belakangan dimuat oleh surat kabar setempat, Ajel. Surat kabar itu menulis surat itu sangat mengharukan, menyentuh, dan emosional. Warga setempat tengah ramai membicarakan isi surat tersebut. Tapi, Ajel tidak menulis nama bocah tersebut.

" Ayah... Aku tahu Ayah tidak akan membaca surat ini, tapi aku ingin menyampaikan perasaanku kepada Ayah," demikian pembuka surat anak saleh itu seperti dikutip Dream dari Emirates 24l7, Jumat 1 Agustus 2014. 

" Hari ini adalah hari pertama Idul Fitri dan aku ingin memberi tahu Ayah apa yang aku lakukan. Seperti yang telah Ayah ajarkan kepadaku, aku lakukan salat dengan orang lain di masjid, kemudian pulang, mencium kening Ibu dan mengucapkan selamat Id..."

" Kemudian aku mencuci, mengenakan baju baru yang diberikan paman, sarapan, memakai parfum, dan pergi ke rumah kakek dan nenek untuk mencium mereka dan memberikan ucapan selamat Idul Fitri. Saya kemudian pulang dan bermain bersama saudaraku," anak itu menceritakan kegiatannya dalam surat.

Bocah itu juga menceritakan dirinya juga berkunjung ke sanak saudara dan para tetangga. Dia juga menuliskan bahwa semua orang di sekelilingnya sangat baik terhadapnya. Uang dan mainan dia dapatkan dari tetangga dan kerabat sebagai hadiah Idul Fitri.

Anak itu mengatakan sangat suka dengan hadiah-hadiah Idul Fitri yang diterima. Dia mainkan hadiah-hadiah iu bersama teman-temannya. Tapi, karena cuaca di luar rumah sangat tidak bersahabat, dia memutuskan pulang. Saat sampai di rumah, hatinya menjadi sedih karena mendengar sang adik perempuan tengah menangis.

" Saat masuk, aku mendengar adik yang berusia tujuh bulan menangis. Saya berlari ke dalam dan mendapati Ibu tengah menenangkan adik. Ayah, aku tahu betapa Ayah sangat mencintai adik kecilku dan bagaimana Ayah sangat sedih jika dia menangis," tulis dia.

" Saya tanya Ibu dan dia mengatakan bahwa adikku tidak bisa tidur sebab udara sangat panas setelah pemadaman listrik," sambung bocah tersebut.

Dalam surat tersbut, sang bocah juga mengeluhkan para pejabat yang bertugas menangani masalah listrik di wilayahnya. Dia mengenang masa-masa bahagia saat listrik di wilayahnya menyala, sehingga bisa menyalakan kipas maupun pendingin ruangan.

" Jujur Ayah, aku tidak tahu pejabat listrik di negaraku akan memberi hadiah lebaran yang buruk," keluh bocah itu. " Tapi aku menjamin, aku akan selalu berdoa kepada Tuhan dan selalu bersyukur kepada Nya untuk segalanya," tutup surat bocah itu.

 

Beri Komentar