Tata Cara Sholat Tahajjud Lengkap dengan Niat, Bacaan Doa & Keutamaannya

Reporter : Arini Saadah
Senin, 21 Desember 2020 13:10
Tata Cara Sholat Tahajjud Lengkap dengan Niat, Bacaan Doa & Keutamaannya
Sholat tahajjud dikerjakan pada waktu sepertiga malam sampai sebelum waktu subuh.

Dream – Ibadah yang memiliki banyak keutamaan namun berat untuk dilakukan salah satunya adalah sholat tahajjud. Sebab sholat tahajjud merupakan sholat sunnah yang dilakukan pada waktu malam hari. Dalam bahasa arab sholat sunnah tahajjud disebut sebagai Sholatul lail yang memiliki arti sholat malam.

Sholat tahajjud sangat dianjurkan oleh Allah SWT. Sholat sunnah ini dikerjakan pada waktu sepertiga malam sampai sebelum waktu subuh. Perintah untuk mengerjakan sholat tahajjud telah disebutkan di dalam al-qur’an. Beberapa di antara dalil yang menyebutkan adalah:

Artinya: “ Dan pada sebagian malam, maka kerjakanlah shalat tahajjud sebagai suatu ibadah tambahan bagimu, mudah- mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji” (QS. Al Isra 79)

Ayat tersebut secara jelas menggambarkan tentang perintah untuk mengerjakan sholat tahajjud sebagai sebuah ibadah tambahan. Dapat dilihat pula dalam ayat tersebut bahwa Allah akan mengangkat orang-orang yang senantiasa sholat tahajjud ke tempat yang terpuji. Meskipun dalam ayat tersebut terlihat bahwa Allah memberi perintah tetapi hukum sholat tahajjud tetaplah sunnah.

Secara umum, cara sholat tahajjud tidak jauh berbeda dengan sholat sunah pada umumnya. Mengenai jumlah rakaatnya, salat tahajjud dikerjakan dua rakaat salam, dua rakaat salam, dengan jumlah rakaat yang tak terbatas.

1 dari 5 halaman

Niat Sholat Tahajjud

Ilustrasi© Liputan6.com

Waktu Sholat Tahajjud terbentang mulai setelah isya’ hingga sebelum Subuh, dengan syarat harus didahului dengan tidur. Dan waktu paling utamanya adalah pada sepertiga malam yang terakhir. Lafadz niat sholat tahajjud adalah sebagai berikut:

Ilustrasi© dream.co.id

USHALLII SUNNATAT TAHAJJUDI RAK’ATAINI (MUSTAQBILAL QIBLATI) LILLAAHI TA’AALAA

Artinya: Aku niat shalat sunnah tahajjud dua raka’at karena Allah ta’ala.

Bacaan niat ini dibaca ketika hendak melakukan takbiratul ihram. Hukum membacanya adalah sunnah, bukan wajib. Maka jika sebelum takbir kita tidak membaca bacaan niat tersebut, hukumnya tetap sah.

2 dari 5 halaman

Tata Cara Sholat Tahajjud

Ilustrasi© Shutterstock

Pelaksanaan sholat tahajjud dilakukan setiap dua rakaat salam. Jumlah rakaat sebenarnya tidak terbatas tetapi bila mengacu pada hadist Nabi SAW, bahwa Rasulullah SAW tidak pernah mengerjakan sholat tahajjud lebih dari 11 atau 13 rakaat (HR. Bukhari).

  • Niat
  • Takbiratul Ihram (disertai dengan niat di dalam hati).
  • Berdiri bagi yang mampu.
  • Membaca Alfatihah (lebih baik lagi jika membaca doa iftitah terlebih dahulu sebelum membaca surat Alfatihah). Setelah membaca doa iftitah dan alfatihah, bacalah surat atau ayat tertentu. Sebagai informasi membaca ayat atau surat tertentu hukumnya sunnah.
  • Ruku dengan thumaninah.
  • I’tidal dengan thumaninah.
  • Sujud dua kali dengan thumaninah.
  • Duduk diantara dua sujud dengan Thumaninah.
  • Duduk tasyahud akhir.
  • Membaca Tasyahud atau Tahiyyaat akhir pada duduk akhir.
  • Membaca sholawat atas Nabi saw pada duduk akhir
  • Salam
  • Tertib
3 dari 5 halaman

Bacaan Doa Sholat Tahajjud

Setelah mengerjakan sholat tahajud, umat muslim dianjurkan membaca doa setelah sholat tahajud. Doa ini bertujuan untuk memohon kepada Allah agar diberikan perlindungan, limpahan rejeki dan dikabulkannya doanya.

Ilustrasi© dream.co.id

Allahumma robbana lakal hamdu Anta qoyyumus-samaawaati wal ardli walakal hamdu Anta robbus samaawaati wal ardl wa man fiihinna walakal hamd Anta nuurus samaawaati wal ardl wa man fiihinna Antal haqq wa qouluka haqq wa wa’dakal haqq wa liqaaikal haqq wal jannatu haqq wan naaru haqq was saa’atu haqq. Allahumma laka aslamtu wa bika aamantu wa ‘alaika tawakkaltu wa ilaika khooshomtu wa bika haakamtu faghfir lii maa qoddamtu wa maa akhkhortu wa asrortu wa maa a’lantu wa maa anta a’lamu bihi minnii. Laa ilaaha illa Anta.

Artinya:

" Ya Allah, Tuhan kami, bagi-Mu pujian. Engkaulah yang menegakkan langit dan bumi, dan bagi-Mu pujian. Engkaulah Tuhan langit, bumi, dan makhluk yang ada padanya, dan bagi-Mu pujian. Engkaulah yang (memberi) cahaya pada langit dan bumi dan makhluk yang ada padanya. Engkau Maha Haq, firman-Mu Haq, janji-Mu Haq, bertemu dengan-Mu Haq, surga haq, neraka haq, kiamat haq. Ya Allah, kepada-Mu aku pasrah, dengan-Mu aku beriman, kepada-Mu aku berserah diri, kepada-Mu aku berkeluh-kesah, dengan-Mu aku dihakimi. Maka ampunilah dosa-dosaku yang terdahulu dan akan datang, dosa yang aku simpan atau aku perlihatkan, dan dosa yang Engkau lebih tahu ketimbang aku. Tiada tuhan selain Engkau."

4 dari 5 halaman

Keutamaan Sholat Tahajjud

1. Kunci Masuk Surga

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“ Wahai manusia, sebarkanlah salam, berilah makan (orang-orang yang membutuhkan), sambungkanlah silaturrahim, dan shalatlah pada malam hari ketika orang lain sedang tidur; niscaya kalian akan masuk surga dengan selamat.” (HR. Ibnu Majah)

2. Doanya Dikabulkan

Orang yang mengerjakan sholat tahajjud kemudian berdoa, insya Allah doanya dikabulkan Allah. Apalagi jika ia melakukannya di sepertiga malam yang terakhir.

Nabi SAW juga bersabda, “ Pada tiap malam Tuhan kami Tabaraka wa Ta’ala turun (ke langit dunia) ketika tinggal sepertiga malam yang akhir. Ia berfirman, ‘Barangsiapa yang menyeru-Ku, akan Aku perkenankan seruannya. Barangsiapa yang meminta kepada-Ku, Aku perkenankan permintaannya. Dan barangsiapa meminta ampunan kepada-Ku, Aku ampuni dia.’"

3. Menolak Penyakit

Di antara keutamaan tahajjud adalah menolak penyakit. Dengan izin Allah, orang-orang yang mengamalkan shalat sunnah ini akan dijaga kesehatannya dan dijauhkan dari penyakit. Keutamaan ini telah terbukti secara medis.

 

5 dari 5 halaman

4. Penghapus dan Pencegah Dosa

Setiap orang pasti memiliki dosa. Dosa-dosa yang kecil bisa berguguran dengan menjalankan sholat sunnah ini sebagaimana hadits di atas. Yang lebih istimewa lagi, tahajjud juga bisa mencegah seseorang dari perbuatan dosa.

Orang yang melazimkan tahajjud akan mendapatkan taufiq dari Allah Subhanahu wa Ta’ala sehingga dirinya terjauhkan dari maksiat dan dosa.

5. Dipelihara oleh Allah dari Segala Macam Bencana

Rasulullah SAW, yang bersabda: “ Barangsiapa melaksanakan sholat tahajjud dengan sebaik-baiknya, dan dengan tata tertib yang rapi, maka Allah SWT akan memberikan 9 macam kemuliaan: 5 macam di dunia dan 4 macam di akhirat.”

Adapun lima keutamaan di dunia itu adalah akan dipelihara oleh Allah SWT dari segala macam bencana, tanda ketaatannya akan tampak kelihatan di mukanya, akan dicintai para hamba Allah yan shaleh dan dicintai oleh semua manusia, lidahnya akan mampu mengucapkan kata-kata yang mengandung hikmah dan akan dijadikan orang bijaksana, yakni diberi pemahaman dalam agama”.

 

(Dilansir dari berbagai sumber)

Beri Komentar