RCTI+ Umumkan Kerjasama Strategis bersama Shopee melalui fitur Shop+ Catalog, Belanja Tanpa Pindah Aplikasi

Showbiz | Jumat, 21 November 2025 15:17

Reporter : Abidah

Melalui kerja sama ini, setiap brand memiliki fleksibilitas untuk masuk ke dalam slot Shop+ Catalog, host interaktif, maupun display iklan kontekstual yang muncul secara dinamis.

DREAM.CO.ID — Superapp milik MNC Group, RCTI+, mengumumkan kerja sama strategis dengan Shopee, perusahaan e-commerce melalui peluncuran Shop+ Catalog. Kerjasama ini bertujuan untuk menghadirkan pengalaman berbelanja langsung dalam tayangan live TV dan konten digital, untuk memberikan pengalaman ‘Belanja Tanpa Pindah Aplikasi’.

Kolaborasi ini menjadi langkah lanjutan dari inisiatif live commerce yang telah lebih dulu dikembangkan RCTI+ melalui fitur Shop+ Catalog, yang kini semakin matang baik dari sisi teknologi maupun perilaku pengguna.

Sejak Desember 2023, RCTI+ telah menjadi pelopor dalam integrasi fitur katalog belanja di dalam tayangan digital. Lewat Shop+ Catalog, penonton tak hanya menikmati konten hiburan, tetapi juga dapat langsung melihat dan membeli produk yang muncul secara kontekstual di bawah layar, hanya dengan satu kali klik.

Inovasi ini memperkenalkan cara baru menikmati tayangan: menggabungkan hiburan dan transaksi dalam satu layar, tanpa harus berpindah aplikasi.

2 dari 5 halaman

"Kami melihat perilaku konsumsi digital masyarakat Indonesia terus berkembang, dan sejak tahun lalu RCTI+ telah membentuk kebiasaan baru penonton yaitu menonton sambil berbelanja. Dengan integrasi bersama Shopee, kami memperluas skala dan kekuatan ekosistem ini agar semakin seamless, relevan, dan bernilai bagi semua pihak. Penonton, brand, dan platform," ujar Valencia Tanoesoedibjo, CEO RCTI+.

Adi Rahardja, Senior Director Business Development Shopee Indonesia mengatakan, “Sebagai platform e-commerce, Shopee terus berupaya berinovasi dan menghadirkan pengalaman berbelanja yang menyenangkan bagi pengguna.

Melalui kolaborasi strategis dengan RCTI+, fitur Shop+ Catalog menawarkan integrasi antara hiburan dan belanja, yang dapat memberikan kemudahan serta pengalaman baru yang interaktif dalam satu ekosistem digital bagi pengguna.

Sinergi ini tidak hanya mempermudah pengguna dalam berbelanja produk pilihan tanpa harus berpindah aplikasi, tetapi juga membuka peluang lebih luas bagi brand lokal dan UMKM untuk terus mengembangkan bisnisnya di berbagai ranah digital.”

3 dari 5 halaman

Berbeda dari banyak peluncuran fitur serupa yang baru menjajal pasar, RCTI+ telah menjalankan model live commerce secara aktif selama lebih dari satu tahun. Fitur Shop+ Catalog tidak hanya terbatas pada konten digital di aplikasi, tapi juga hadir dalam tayangan live TV, dengan penempatan produk yang langsung dapat diklik pemirsa saat acara berlangsung.

“Penonton cukup memilih program favorit, lalu produk-produk pilihan akan tampil di bawah layar atau dalam bentuk display banner. Saat ikon keranjang atau banner di klik, pengguna langsung diarahkan ke halaman pembelian di Shopee, memungkinkan transaksi terjadi dalam hitungan detik tanpa mengganggu pengalaman menonton. Model interaktif ini terbukti meningkatkan durasi interaksi penonton sekaligus membuka ruang monetisasi baru bagi ekosistem di RCTI+ Superapp.” lanjut Valencia.

4 dari 5 halaman

Sebagai bagian dari strategi ini, RCTI+ juga telah menggandeng sejumlah brand besar Indonesia untuk ikut serta dalam ekosistem live commerce. Di antara mitra brand yang sudah bergabung adalah Botanical Essentials, Soulyu, ISAGO, Sidomuncul, Nutrifood, Holika Holika, Judydoll, Noise, Nanolite, dan SAVAGO. 

"Bukan hanya soal fitur, tapi soal kesiapan RCTI+ untuk benar-benar mendorong konversi. Kami melihat antusiasme brand sangat tinggi karena fitur Shop+ Catalog kami terbukti membawa value nyata dalam bentuk integrasi tayangan, klik, hingga transaksi. Kami percaya, masa depan konten digital akan berbasis aksi dan interaksi," lanjut Valencia.

5 dari 5 halaman

Melalui kerja sama ini, setiap brand memiliki fleksibilitas untuk masuk ke dalam slot Shop+ Catalog, host interaktif, maupun display iklan kontekstual yang muncul secara dinamis di berbagai jenis program, mulai dari microdrama hingga acara prime time.

Dengan kolaborasi ini, RCTI+ tak lagi diposisikan semata sebagai OTT penyedia konten video saja, melainkan sebagai Superapp transaksional yang mampu menggabungkan tiga elemen utama: tayangan, teknologi, dan konversi.

RCTI+ akan terus memperluas cakupan fitur Shop+ Catalog ke berbagai format tayangan, termasuk program FTA (free-to-Air), konten eksklusif RCTI+ Originals, dan microdrama yang memiliki engagement tinggi. Selain itu, personalisasi produk berdasarkan preferensi pengguna juga menjadi fokus pengembangan berikutnya, untuk menciptakan pengalaman belanja yang semakin relevan dan presisi.

“Fokus kami sekarang adalah skala dan sustainability. Kami sudah terbukti siap secara operasional dan teknologi, tinggal memperbesar impact-nya bersama Shopee dan para brand partner,” tutup Valencia.

Chery Omoda 5 Mobil China Yang Gak OMDO
Join Dream.co.id