Transmisi CVT Baru Gencar Dipakai Daihatsu pada 2021

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Rabu, 13 Maret 2019 08:15
Transmisi CVT Baru Gencar Dipakai Daihatsu pada 2021
Teknologi CVT dianggap lebih unggul dari teknologi transmisi manual dan otomatis.

Dream Teknologi transmisi di dunia otomotif tak hanya manual (manual transmission/MT) maupun otomatis (Automatic Transmission/AT). Saat ini kendaraan sudah banyak yang menerapkan continuously variable transmission (CVT) yang dianggap lebih unggul daripada AT dan MT.

Perpindahan gigi lebih halus dan penumpang takkan merasakan sentakan ketika pindah gigi.

Berbicara tentang CVT, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) belum melirik teknologi baru ini. Marketing Director ADM, Amelia Tjandra, mengatakan pemahaman masyarakat terhadap CVT masih rendah.

“ Biasanya orang-orang hanya tahu yang MT dan AT. CVT apa, sih? CVT itu lebih mahal dari AT. Ah, nggak mau ah. AT saja cukup,” kata Amelia di Karawang, Jawa Barat, ditulis Selasa 12 Maret 2019.

Daihatsu tak asal ambil keputusan. Perusahaan telah menggelar survei ke 2 ribu responden di lima kota, termasuk penting tidaknya penerapan CVT.

Respons responden mencatat teknologi transmisi otomatis hanya dibutuhkan masyarakat di kota besar. Sebaliknya tidak ada peningkatan kebutuhan teknologi AT di daerah di luar Jawa.

“ Kalau jualan otomatis di kota lebih tinggi daripada di luar Jawa. Di luar Jawa, AT saja nggak mau, apalagi CVT?” kata Amelia.

Namun bukan berarti Daihatsu sama sekali takkan mengaplikasikan teknologi CVT pada produknya. Amelia mengatakan Daihatsu akan membuat produk jika ada pengetahuan dan kesadaran masyarakat tentang suatu teknologi serta hasrat untuk membeli.

Amelia memprediksi tahun 2021 teknologi transmisi ini akan dihadirkan di mobil-mobil Daihatsu.

“ Saya duga dua tahunan (lagi). Kami bikin gitu paling nggak di atas 10 persen orang aware. Kalau nggak, belum begitu menarik. Jualan dikit banget. Orang mana mau beli,” kata dia.(Sah)

1 dari 2 halaman

Kala Daihatsu Ayla Dibekali Tenaga Turbo... Wuzzz!!!

Dream - Kabar kehadiran Daihatsu Ayla Turbo sudah santer didengar sejak pertama kali diperkenalkan Daihatsu di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018. Sesuai namanya, dapur pacu mobil LCGC ini sudah melalui proses modifikasi.

Tak sekadar konsep, Rabu, 6 Maret 2019, Daihatsu mengundang jurnalis untuk menjajal ketangguhan Ayla Turbo Concept Media Test Drive di R&D Center ADM, Karawang.

R&D Executive Officer PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Pradipto Sugondo, menjelaskan Ayla Turbo merupakan karya tim pengembangan dan riset ADM. Mobil ini diberi modifikasi pada mesin turbo.

" Mobil konsep Alya Turbo ini bisa menjadi inspirasi bagi pelanggan dan penggemar modifikasi," kata Pradipto.

 Ayla Turbo dikenalkan ke publik Foto: Dream.co.id/Arie Dwi Budiawati

Ayla Turbo dikenalkan ke publik (Foto: Dream.co.id/Arie Dwi Budiawati)

Executive Coordinator Engineering Division R&D Daihatsu, Sony, mengatakan mobil konsep ini memiliki perubahan yang signifikan. Terutama, bagian mesin, transmisi, bodi mobil, suspensi, dan roda.

 

2 dari 2 halaman

Melesat Lebih Cepat

Keistimewaan yang tampak pada mobil ini yaitu disematkannya mesin turbo charger. Penyematan komponen itu bisa membuat mesin berkapasitas 1.200 cc itu, menghasilkan tenaga 200 hp dengan torsi 242 Nm.

Tenaga dari mesin tersebut lebih besar dibanding Toyota 86 standar. Toyota 86 mengadopsi mesin 2,0 liter boxer yang menghasilkan tenaga 197 Tk dengan torsi puncak 205 Nm.

 Ayla Turbo dikenalkan ke publik (Foto: Dream.co.id/Arie Dwi Budiawati)

Ayla Turbo dikenalkan ke publik (Foto: Dream.co.id/Arie Dwi Budiawati)

Ayla Turbo bisa menempuh waktu 0-100 km dalam waktu 10,3 detik. Waktunya lebih singkat daripada Daihatsu Ayla yang bisa berakselerasi dalam waktu 12,6 detik.

 Ayla Turbo dikenalkan ke publik (Foto: Dream.co.id/Arie Dwi Budiawati)

Ayla Turbo dikenalkan ke publik (Foto: Dream.co.id/Arie Dwi Budiawati)

Dengan adanya komponen mesin turbocharger, Marketing Director ADM, Amelia Tjandra, mengatakan mobil konsep ini layak uji di sirkuit.

" Sesuai dengan standar regulasi IMI (Ikatan Motor Indonesia)," kata Amelia.(Sah)

Beri Komentar
Pengakuan Mencengangkan Aulia Kesuma, Dibalik Rencana Pembunuhan Suami dan Anak Tirinya