Kendaraan `Penyelamat` Saat Tsunami Aceh Dikerahkan ke Lokasi Banjir Masamba

Reporter : Syahid Latif
Jumat, 17 Juli 2020 07:00
Kendaraan `Penyelamat` Saat Tsunami Aceh Dikerahkan ke Lokasi Banjir Masamba
Kendaraan militer ini dikenal tangguh karena bisa mencapai lokasi yang tak bisa dilalui alat transportasi lain.

Dream - Kendaraan unik yang sempat menjadi perhatian dalam musibah bencana alama tsunami Palu beberapa tahun lalu kembali beraksi. Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat kembali mengirimkan mobil Hagglund ke lokasi bencana banjir bandang di Luwu Utara, Masamba, Selatan.

PMI Pusat mengharapkan satu unit hagglund yang dikerahkan itu dapat menjadi kendaraan taktis di kota Masamba yang tertimpa bencana banjir bandang selasa dini hari lalu (14/07/2020).

Hagglund dikenal sebagai kendaraan militer yang dapat beroperasi di medan berlumpur. Kendaraan ini bisa menjangkau lokasi yang tidak mudah dilalui kendaraan lain.

Mobil segala medan ini diberangkatkan dari Jakarta pada Jumat kemarin menggunakan kapal laut. Diperkirakan Hagglund akan tiba di Makassar lusa (Senin, 20/07/2020) dan langsung dibawa ke lokasi bencana.

1 dari 2 halaman

Instruksi Ketua PMI

Ketua Komite Operasi PMI Pusat, Husain Abdulllah mengatakan pengiriman mobil hagglund tersebut atas instruksi Ketua Umum PMI Pusat Jusuf Kalla untuk melakukan bantuan operasi evakuasi dan operasi lainnya.

Huggland© PMI

Menurut Husain, mobil hagglund ini sering digunakan oleh PMI di daerah bencana alam yang sulit dijangkau oleh kendaraan lainnya.

Hagglund pernah dipakai saat membantu korban tsunami aceh, letusan Gunung Merapi, gempa dan tsunami Palu, tanah longsor di Jawa Barat dan beberapa kota lainnya yg pernah mengalami bencana.

 

2 dari 2 halaman

Kondisi Terkini Korban Banjir Masamba

Sementara itu,Banjir Bandang di Kota Masamba,Kabupaten Luwu Utara,Sulawesi Selatan yang merusak puluhan rumah warga dan mengakibatkan puluhan orang meninggal terjadi selasa dini hari lalu.

Huggland© PMI

Hingga saat ini proses pemulihan sisa banjir masih berlangsung.

 

Beri Komentar