5 Bagian Motor Wajib Dicek Jika Keseringan Terjemur Matahari

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Selasa, 28 Mei 2019 08:15
5 Bagian Motor Wajib Dicek Jika Keseringan Terjemur Matahari
Merawat motor jadi hal yang wajib pemilik kendaraan lakukan.

Dream – Merawat sepeda motor sudah harus menjadi prioritas setiap pemilik jika ingin kondisi kendaraan selalu dalam keadaan prima. Tak peduli panas atau hujan, motor harus selalu terawat.

Saat musim hujan, pemilik sepeda motor mungkin akan terkuras tenaganya untuk mencuci kendaraan. Namun tak berarti saat bulan panas, mereka bisa berleha-leha.

Dengan panas terik yang bersinar sepanjang hari, motor tentu akan terpapar sinar matahari saat terpaksa diparkir di luar ruangan.

Nah di saat inilah kamu harus sangat hati-hati dengan komponen motor yang terkena panas matahari seharian.

Berikut ini adalah lima bagian yang perlu diberi perhatian ekstra, menurut PT Astra Honda Motor (AHM), dikutip dari Liputan6.com, Selasa 28 Mei 2019.

1 dari 2 halaman

Ban dan Tekanannya

Tekanan Ban

Suhu panas bisa menyebabkan tekanan angin dalam ban berubah-ubah. Kenyaman berkendara menjadi berkurang.

Technical Training AHM, Reza Rezdie, mengatakan suhu panas bisa menyebabkan tekanan ban berubah-ubah. Reza mengatakan kondisi ini bisa diatasi dengan mengecek kondisi tekanan ban sesering mungkin atau setidaknya sebelum berkendara.

“ Selain itu, sesuaikan tekanan ban dengan standar yang ditentukan pabrikan,” kata Reza di Jakarta.

Ban

Berikan perhatian lebih pada kondisi ban. Ban motor yang terkena suhu panas akan terus-menerus bisa mempercepat penurunan kualitas, seperti tekstur pecah-pecah atau getas.

Hal ini bisa diatasi dengan melakukan penggantian ban dengan yang baru. Kamu bisa menggantinya jika ada retakan.

2 dari 2 halaman

Rantai Motor, Bearing Roda, dan Bodi

Rantai Motor

Udara panas yang menyengat bisa menyebabkan pelumas di rantai mengering lebih cepat. Kerja rantai jadi tidak halus.

“ Hal ini bisa dihindari dengan melakukan pemeriksaan dan perawatan berkala, seperti melumasi rantai dengan chain lube yang direkomendasikan, serta atur kekenduran rantai yang tertera pada swing rantai arm motor,” kata dia.

Bearing Roda

Ketika panas berkepanjangan, pemilik kendaraan perlu memeriksa kondisi bearing roda (klaher). Ketika melewati jalan yang rusak, suhu panas bisa menyebabkan pelumas bearing dan seal mengeras akibat memuainya kedua komponen tersebut.

Bodi

Motor sering terpapar sinar matahari dalam terus-menerus dapat menyebabkan penurunan kualitas warna bodi motor. Untuk menjaga bodi motor, cucilah kendaraan secara rutin dengan sabun khusus kendaraan bermotor.


(Sah, Sumber: Liputan6.com/Dian Tami Kosasih)

Beri Komentar
Bukan Pertama Kali, Ini Deretan Kebrutalan Anjing Milik Bima Aryo